Review Niagahoster – Hosting Lokal Murah tapi Berkualitas

Categories: tools
4 Comments

Salah satu faktor penting dalam SEO adalah kecepatan loading blog kita. Sedangkan salah satu yang mempengaruhi kecepatan loading blog adalah letak hosting kita. Kalau kita menggunakan hosting yang lokasinya dekat dengan pembaca, semakin cepat loadingnya.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu pembicara di Wordcamp Jakarta 2017 lalu. Memang banyak faktor yang mempengaruhi speed sebuah situs atau blog, antara lain koneksi internet yang dipakai user, script yang ada di dalam blog, plugin yang dipasang, dan juga lokasi hosting.

Ibarat kita sedang memanggil orang yang kita kenal. Jika jaraknya jauh, maka mungkin kita harus pakai perantara (entah orang lain atau alat). Namun kalau jaraknya dekat, kita cukup teriak saja kan?

Nah, kali ini, TBI mau share sedikit review hosting lokal yang TBI pakai (sendiri ataupun via klien). Seperti apa sih hosting dari Niagahoster berikut ini?

Hosting Lokal vs Luar

Ketika pertama kali saya membeli hosting, saya tidak mempertimbangkan masalah apapun. Saya hanya melihat dari harga. Dan ini berdampak pada beberapa masalah, seperti hosting tersebut hanya memberikan kapasitas yang sangat-sangat-sangat-sangat terbatas, yang mana saya install CMS WordPress self-hosted satu aja, sudah langsung habis.

Waktu itu saya beli hosting lokal Indonesia punya. Namun karena permasalahan kapasitas itu, saya pun akhirnya beralih ke hosting luar. Yang memberi kapasitas jauh lebih besar dibandingkan yang ada di dalam negeri. Efeknya?

Seperti yang saya bilang tadi. Karena target audience blog ini di Indonesia, maka kecepatannya dirasakan lebih lama dibandingkan rata-rata yang lainnya. Salah satu cara mengukurnya bisa dengan pingdom kok.

Faktor hosting lokal atau luar ini harus diperhatikan – sayangnya gak ada yang bilang ke saya dulu pas ingin membuat blog.

Review Niagahoster – Hosting Lokal yang Murah tapi Berkualitas

Saya pernah menuliskan faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih hosting yang cocok untuk blog di tulisan sebelumnya. Karenanya saya gak akan tulis lagi yang itu ya. Lebih ke review langsung produk-produk yang ditawarkan oleh Niagahoster aja.

review niagahoster - hosting lokal indonesia murah berkualitas

Untuk review Niagahoster ini, saya memang mendapatkan paket hosting gratis darinya. Namun review yang saya berikan berdasarkan pengalaman saya menggunakan hosting Indonesia ini dan juga berdasarkan pengalaman saat klien menggunakan hosting ini.

Pilihan Paket yang Beragam

Hosting yang masuk dalam hosting terbaik Indonesia dalam daftar 50 Startup Indonesia ini menyediakan banyak pilihan paket hosting yang beragam.

Kalau kamu buka websitenya, www.niagahoster.co.id, kamu akan menemukan beragam paket. Mulai dari paket pelajar hingga paket bisnis.

Baca juga: 15 Kesalahan Umum Terkait SEO

Paket-paket ini memiliki spesifikasi berbeda satu sama lainnya. Kesamaannya adalah semua shared hosting dan bukan dalam cloud hosting. Sekarang ini memang banyak yang sudah menawarkan paket cloud hosting karena dianggap mempercepat loading blog/situs kita.

review niagahoster - hosting lokal indonesia murah berkualitas

Pilihan paket shared hosting dari Niagahoster

Bukan berarti Niagahoster bukan hosting yang kekinian ya. Karena sebenarnya dia juga menyediakan paket cloud hosting. Namun, di sisi lain, sekarang ini, user di Indonesia masih banyak yang mencari shared hosting. Karenanya, dia masih menawarkan paket ini sebagai paket utama mereka.

Dalam memilih hosting, perhatikan kalau dia shared hosting atau tidak, kalau iya, artinya hosting yang unlimited yang ditawarkan itu dibagi-bagi bersama banyak client.

Dengan kondisi shared hosting seperti itu, saya masih merasakan kalau dengan jumlah klien yang sekarang ini ada di niagahoster, masih cukup mumpuni untuk situs yang sederhana dan baru. Jadi, pake shared hosting ini masih TBI rekomendasikan untuk kalian yang pemula.

Support yang Siap Sedia

Dalam review sebelumnya, saya menyebutkan kalau support yang standby menjawab pertanyaan-pertanyaan kita itu adalah keharusan. Sekarang ini, perusahaan digital bukan lagi diukur dari layanan jasa atau produk yang ditawarkan. Melainkan pada sisi support yang mumpuni.

Coba saja tengok di sosial media, terutama Twitter dan Facebook. Mimin yang memegang akun “brand” akan sangat berguna. Mereka yang bisa menjawab dengan cepat dan baik akan sangat diapresiasi – sebaliknya, kalau admin akun tersebut lambat, akan muncul “kecaman”.

Demikian juga dalam masalah beli hosting lokal ini. Penyedia hosting yang baik, harus siap sedia menjawab setiap pertanyaan yang masuk, entah itu melalui chat apps di situs mereka ataupun dengan tiket dari client area.

Saya sendiri memiliki beberapa kendala dalam proses pembelian awal paket hosting di Niagahoster. Mendekati akhir tahun, tepatnya tanggal 30 Desember lalu. Namun, saat saya chat ke support, jawaban pun segera muncul.

Tapi, kalau kamu buka tiket, dan hal yang ingin kamu tanyaakan adalah hal yang sangat penting, ada baiknya kamu pastikan tiket yang kamu buka itu dengan kode PENTING agar bisa lekas dijawab. Kalau tidak, service level mereka dalam menjawab tiket adalah 1×24 jam. Selama ini sih selalu dijawab dengan lengkap dalam waktu service level itu.

Panduan Hosting

Saat saya baru login ke member area, saya agak terkejut dengan beragam knowledge based articles yang disediakan Niagahoster. Cukup lengkap panduan yang disediakan, terutama untuk kalian yang masih baru dalam hal hosting.

Hosting Indonesia ini menyediakan panduan seperti cara menginstall wordpress self-hosted, login Cpanel dan pengenalannya, bahkan ada juga yang agak advance – seperti misalnya FB Advertising.

Baca juga: Panduan Mendapatkan Traffic dari Bing

Semua diberikan oleh Niagahoster sebagai bagian untuk memudahkan user atau klien mereka dalam menjalankan hosting masing-masing.

Uptime up to 99.98%

Dani pernah punya pengalaman menggunakan hosting luar yang tidak pernah down katanya. Hingga suatu hari, hosting itu down dan berlangsung hingga beberapa hari. Mengesalkan kan?

Nah, Niagahoster mengklaim dirinya jarang down. Kalau baca review niagahoster lainnya, saya sih baca ada banyak yang membenarkan hal ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Notes: Banner mengandung afiliasi ya…

 

Untuk klien, memang sampai saat ini (sudah hampir 3 bulan) tidak ada komplain kalau situs mereka down kok.

Paket Bisnis UKM

Nah… untuk yang punya bisnis kecil, biaya hosting dan pembuatan situs seringkali jadi kendala karena harganya yang cukup mahal. Terutama mereka yang tidak punya banyak modal dan pengetahuan terkait dunia online ini.

Niagahoster menyediakan paket hosting murah untuk UKM. Paket ini termasuk membuatkan situs para UKM.

review niagahoster - hosting lokal indonesia murah berkualitas

Niagahoster menyediakan paket pembuatan website untuk UKM

Tentunya, pilihan menjadi sangat terbatas dan di sisi lain, para UKM tidak diberikan akses administrator lengkap kalau menggunakan paket ini. Termasuk juga, terbatasnya jumlah akun email @domainanda.

Namun, saya yakin, tidak sedikit pelaku UKM yang lebih suka menggunakan paket seperti ini, karena pada dasarnya mereka sendiri tidak memahami seperti apa seluk beluk mengelola sebuah situs.

Garansi Uang Kembali dalam 30 Hari

Jika kamu merasa tidak puas dengan apa yang didapatkan dari Niagahoster, kamu bisa meminta uang kembali dalam waktu 30 hari sejak kamu transaksi di sana. Tentunya ada syaratnya seperti berikut ini:

  • Refund diberikan kepada akun hosting pertama saja.
  • Refund tidak diberikan untuk biaya domain ataupun transfer domain.
  • Diberikan dalam masa 30 hari setelah aktivasi – setelah pemberitahuan klien.

Kalau semua syarat terpenuhi, kamu bisa mendapatkan kembali uang yang kamu sudah keluarkan untuk membeli hosting itu.

Kesimpulan

Untuk review niagahoster ini, saya berikan secara total 4 dari 5. Detailnya bisa kamu cek di kotak review di bawah ya.

O iya, untuk setiap pembelian paket di hosting Indonesia terbaik ini, kamu juga akan mendapatkan free lifetime domain (cek dulu ya syarat dan ketentuannya). Saya pribadi, so far, masih oke dengan layanan dari Niagahoster ini.

Kalau nanti ada masalah, akan saya update dalam review Niagahoster ini ya.

Kalau kamu sendiri, gimana? Pakai hosting apa? Kalau pakai hosting yang sama, monggo tinggalkan score review kamu ya di kolom review di bawah. Jangan lupa juga komentar, seperti apa hosting yang kamu pakai selama ini.

4 Comments

Tinggalkan Balasan