Catatan Akhir Tahun – SEO Itu…

Categories: Tips SEO
No Comments

2017 sudah tinggal beberapa jam lagi. Kali ini saya mau bagi catatan akhir tahun saya terkait SEO boleh ndak? Untuk Trend SEO – saya gak akan bikin yang tahun 2018 nanti. Karena gak ada banyak perubahan dari yang di 2017 kemarin kok.

Baca juga: Trend SEO 2017

Saya tahu kok banyak yang bilang kalau SEO itu bukan hal yang mudah. Selain itu, gak jarang juga yang bilang sudah menerapkan optimisasi blog post mereka tapi kok gak muncul di mesin pencarian. Nah… saya mau bikin beberapa catatan akhir tahun bahwa SEO ITU…. 

 

Bukan Sekali Jadi

Jika kamu sudah menerapkan checklist SEO untuk pengguna Blogspot, dan kemudian berharap langsung di nomor satu pencarian, jangan putus asa.

Checklist itu hanyalah sebuah panduan. SEO itu sendiri bukanlah proses sekali jadi. Selain banyak faktor, SEO itu juga butuh waktu.

Faktor dalam SEO yang Harus Diperhatikan

Seperti yang dituliskan dalam Whiteboard Friday-nya Moz terbaru, mengenai cara menjadi nomor satu di tahun 2018 nanti, ada beberapa faktor dalam SEO yang perlu diperhatikan, yaitu:

meta description post - faktor yang perlu diperhatikan dalam seo 2018

Daftar faktor penentu ranking SEO di 2018 yang perlu diperhatikan (sumber:: Moz.com)

  1. Crawlable, Accessible URLS – Mesin pencari kan butuh data blog kita yang perlu dirayapi mereka. Jadi ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan dalam hal ini:
    • Jangan pasang NOINDEX di blog kamu – artinya gak kasih ijin ke mesin pencari untuk merayapi blog kamu. Biasanya ada dalam kode HTML blog page kamu – jika menggunakan blogspot atau dalam file robot.txt jika kamu pakai wordpress self hosted.
    • Jangan lupa kasih ALT-TEKS-IMAGE di setiap gambar/video yang kamu upload dalam blog. Alt teks inilah yang akan dibaca oleh para robot mesin.
  2. Keyword Research – ini proses penting dalam menerapkan SEO untuk blog. Kamu harus tahu kata kunci yang akan digunakan oleh pembaca ketika mencari. Selain itu, kamu juga perlu tahu TUJUAN PENCARIAN mereka. 

  3. Cek dan Monitor SERP – nah… yang satu ini saya gak pernah sebutkan. Biasanya sih pada malas. Kalau mau menguasai nomor 1 di Google atau mesin pencari lainnya, kamu harus cek menggunakan “kata kunci” yang kamu mau pakai. Apa yang belum masuk dalam post-post yang nongol di halaman satu itu. Buat artikel yang mencakup LEBIH dari mereka.
  4. Authority itu penting – kalau kamu sendiri, lebih suka baca dari orang yang terpercaya kan? Nah konsep sama terkait SEO ini. Selain itu, penting juga konten yang kita buat itu menjawab apa yang dicari.
  5. Snippet – Jangan pernah mengabaikan ini. Pernah nyari kan di Google? Yang keluar apa? Judul, keterangan (Meta Description) dan lainnya itu penting loh untuk menarik orang klik. Untuk gambar di bawah, mana yang menarik n tidak?

    Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

  6. Sebar kata kunci kedua, ketiga dan seterusnya di dalam tulisan. Jangan hanya fokus pada satu kata kunci utama saja. Tapi kamu juga harus pikirkan kata kunci relevan lainnya. Misal, tips seo indonesia – maka akan ada juga kata kunci: mesin pencari, google, bing, dan lainnya. Kata-kata relevan terhadap kata kunci utama ini penting.
  7. Rich Snippet – seperti yang ditulis dalam Trend SEO 2017, sekarang ini banyak yang kalah dengan Rich Snippet. Kotak jawaban otomatis. Misalnya, kalau cari “Review Film My Generation” akan muncul seperti ini:

    faktor yang perlu diperhatikan dalam seo 2018

    Rich Snippet Review Film My Generation – pakai plugin

  8. Loading Halaman – kecepatan dalam hal loading halaman blog kamu itu juga penting.
  9. Targeted Audience – kalau kamu jelas targetnya dalam menulis, kamu bisa sebar link tulisan kamu ke mereka secara langsung. Misalnya saja, tulisan soal popok (lirik mbak Ranny), lebih cocok disebar di grup FB emak-emak daripada di grup FB milenials.

Itu cuma 9 faktor aja loh yang dibahas oleh Moz. Padahal, faktor dalam SEO itu banyak banget. Sebut aja masalah backlink – ini juga ngaruh. Makanya banyak yang nyari kolom komentar yang menyediakan Nama dan URL kan?

Walau backlink komen dianggap rendah dibandingkan backlink dalam tulisan ataupun sidebar, tapi cukup bisa naikin SEO blog kamu juga kok.

Pusink?

Well… jangan pusing dulu dong. Masih panjang nih bahasannya. Kan tadi udah dibilang kalau selain masalah faktor penentu, SEO itu butuh waktu.

SEO Butuh Waktu

Tujuan bermain SEO apa? Dapat traffic? Kalau saya pribadi sih lebih ke traffic yang stabil bukan masalah kenaikan traffic doang. Ini sudah jelas butuh waktu. Apalagi kalau kalian bermain di topik yang pemainnya sudah banyak.

Banyak Pesaing Berarti Butuh Waktu Mengalahkan

Misalnya, kalau kamu blogger yang suka jalan-jalan, berapa banyak saingan kamu coba? Mereka bahkan sudah lebih dahulu menulis soal traveling dibandingkan kamu.

Banyak kan saingannya? Bandingkan dengan blogger yang menulis khusus soal Drama Korea – mungkin gak akan sebanyak travel blogger. Jadi waktu yang diperlukan mereka yang mengambil topik drama korea (apalagi sekarang tren pencarian drakor naik terus), akan jauh lebih cepat dibandingkan si travel blogger.

Selain masalah persaingan ini, ada faktor lain juga yang perlu diperhatikan:

Analisa kata kunci itu menentukan!

Kata Kunci Sepi Pencari, Butuh Waktu juga…

Kalau kita sudah salah dalam memilih kata kunci dan menerapkan keyword utama itu dalam post, alt-teks-image dan lainnya, maka ketika kita monitor posisi tulisan kita, bisa jadi muncul di nomor satu tapi tidak ada efek ke traffic blog kita.

Nangkep gak maksud saya di sini?

Kalau kita ambil kata kunci yang jarang pesaing, kita akan cepat naik peringkat. Kalau ambil kata kunci seperti itu, penarapan SEO kita cepat beres. Tapi hasilnya? Well… butuh waktu untuk mendorong orang mencari dengan kata kunci itu.

Di sinilah kita perlu “promosi” tentang kata kunci kita. 

Contoh yang pernah saya bilang ke Adelina waktu itu adalah tulisan-tulisannya soal Yoga. Kalau cari dengan istilah Yoga saat itu (sudah setahun lebih kalau gak salah, terakhir saya ngecek), Tulisannya muncul di nomor 1. Tapi traffic blognya gak ngaruh. Kenapa?

Baca juga: Tips Menaikkan Traffic Blog dengan Mengedit Post Lama

Karena setahun lalu (2016an), Yoga belum se-booming sekarang ini. Seharusnya sih, sekarang ini dia lebih mendapatkan hasil dari SEOnya.

SEO Itu…

Mudah-mudah gampang. Serius. Kadang kita itu perlu banget lupakan masalah SEO ini. And just write. Tulislah konten yang memang dicari dan dibutuhkan orang. Hingga akhirnya, secara gak langsung, SEO blog kamu juga akan keangkat.

SEO itu banyak faktornya – termasuk faktor algoritma Google (infografik di bawah ini) yang masing-masing punya fungsi beda. Semuanya juga berefek ke penerapan optimisasi pencarian blog kita juga.

algoritma google di 2018

Infografis tentang Algoritma Google yang perlu diperhatikan di 2018 (sumber: Red-Website)

Kesimpulan… SEO itu Bukan Untuk Kamu yang Mau Instant

SEO itu juga butuh waktu…. Kalau kamu baru menerapkan sekali dua kali – sebulan dua bulan, terus langsung down dan menyerah, well… mungkin SEO bukan untuk kamu. Kalau sudah gitu, kamu harus kuat di bidang lainnya, seperti Social Media kamu untuk promo tulisan.

Saya sendiri mendapatkan hasil dari penerapan SEO di febriyanlukito.com sekitar 6 bulanan sejak awal. Mbak Carra menerapkan untuk RockingMama dan katanya kelihatan hasilnya setelah setahunan. Lah kamu baru sebulan, sudah merasa gak ada hasil?

Nah itu aja deh catatan akhir tahun saya mengenai SEO. Kalau menurut kamu sendiri gimana? SEO itu gampang gak? Terus kamu menerapkannya gak di blog kamu dan ada hasilnya? Atau mungkin ada masukan buat yang baca mengenai SEO?

Tinggalkan Balasan