Google Search Console: Apa, Bagaimana Cara Mendaftar dan Verifikasi Webmaster Tools ini dan Mendaftar Sitemap Blog di Google Search Console

Categories: tools
8 Comments

Sebenarnya, Google Search Console atau Webmaster Tools dari Google ini adalah salah satu layanan gratis yang wajib banget untuk pemilik situs, termasuk blogger. Setidaknya ini yang saya pelajari setelah sekian lama ngeblog dan belajar SEO untuk blogger.

Dulu mah, saya ndak tahu soal ini dan mana tahu kalau harus daftar webmaster tools.

Gak ada yang kasih tahu euy (atau yang ada malah bilang: kirain sudah pada tahu). Tapi begitu belajar SEO – saat setting plugin Yoast SEO, ada opsi mengisi Google Search Console untuk blog. Bahkan selalu ada notifikasi kalau belum daftar.

Gak mungkin gak penting kan kalau sampai notifikasi gitu. Akhirnya, setelah cari info lagi, ternyata memang tools ini WAJIB banget nih dipakai. Gratis pula. Padahal pas di wordpress.com pun juga sudah ada, tapi ya kan dulu gak paham.

Jadi sebenarnya apa sih Google Search Console itu? Apa saja manfaat Webmaster Tools dari Google ini? Terus gimana cara setting dan memaksimalkan yang ada di GSC ini?

yang blogger perlu tahu tentang google search console atau webmaster tools

Tentang Google Search Console atau Webmaster Tools ini perlu diketahui blogger!!!

Google Search Console Adalah…

Tools gratis dari Google untuk mendaftarkan blog atau situs kita di mana kita bisa memantau dan menjaga kesehatan blog atau situs kita (dalam fungsi terkait pencarian di Google). Itu saya terjemahkan dari definisi Google Search Console dari Google langsung (Sumber).

Google Search Console is a free service that lets you learn a great deal of information about your website and the people who visit it. You can use it to find out things like how many people are visiting your site and how they are finding it, whether more people are visiting your site on a mobile device or desktop computer, and which pages on your site are the most popular. It can also help you find and fix website errors, submit a sitemap, and create and check a robots.txt file. (Moz)

Moz sendiri memberi pengertian yang lebih detail. Memang semua itu adalah layanan yang bisa kita gunakan di Google Search Console atau Webmaster Tools ini.

Kita bisa tahu siapa yang datang, dari mana dia datang, bagaimana mereka datang, melihat dan memperbaiki error di blog dan lainnya. Makanya….

Cara Mendaftar Google Search Console/Webmaster Tools

Sebenarnya cara daftar blog kita ke Google Search Console pun gampang kok, apalagi kalau kalian menggunakan blogspot, itu lebih gampang lagi.

1. Buka Google Search Console dan Add Property

Yang pertama kita buka link: https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in (ganti in jadi en jika ingin dalam bahasa Inggris ya). Akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

tentang google search console atau webmaster tools

Boleh diklik video tentang Google Search Console di halaman ini untuk belajar.

 

Klik Login (Masuk) dan tampilannya akan seperti di bawah.

mendaftarkan blog atau situs ke google search console

Input url blog kita (termasuk http nya ya) dan kemudian klik Add Property (Tambahkan Properti). Itu langkah pertama mendaftarkan blog ke Google Search Console kita.

2. Verifikasi Akun Blog Kita

Langkah kedua ini, hanya berlaku untuk blog yang tidak menggunakan CMS Blogger (Blogpsot) ya – ini salah satu keunggulan blogspot nih. Asalkan pakai akun google yang sama ya.

Untuk pengguna wordpress (com ataupun self-hosted) harus verifikasi terlebih dahulu akun properti Google Search Console mereka. Kita akan menemukan opsi verifikasi seperti di bawah ini:

cara verifikasi google search console atau webmaster tools di wordpress self hosted dan blogspot

Opsi Verifikasi Google Search Console yang Bisa Dipakai
  1. HTML Tag – menggunakan meta tag kode yang kita bisa pasang di blog kita (dengan plugin ataupun mengedit html blog kita).
  2. Domain Name Provider – menggunakan penyedia domain blog kita. Untuk opsi ini, tempat kita beli domain harus ada dalam daftar yang disediakan Google.
  3. Google Analytics – jika kita sudah mendaftarkan blog kita ke Google Analytics, kita bisa pakai ini untuk menghubungkannya dengan Search Console dan verifikasi.
  4. Google Tag Manager – ini menggunakan akun Google Tag Manager (saya jujur, masih kurang paham untuk yang ini).

Nah, yang akan kita gunakan untuk verifikasi adalah metode alternatif (Alternate Method) yang HTML Tag atau sering disebut dengan meta tag. Kita tick opsi yang ini, dan akan muncul kode

<meta name=”google-site-verification” content=”kodeverifikasi”>

Kode ini kita copy dan nanti kita masukkan dalam kolom verifikasi di CMS yang kita pakai.

A. Verifikasi Google Search Console Untuk WordPress.com

Untuk verifikasi GSC di wordpresscom, kita perlu ke bagian setting. Cari dibagian search setting. Nanti ada Ste Verification Services. Salah satunya adalah Google Search Console ini. Kita tinggal paste kode meta tag yang kita dapatkan dari GSC di kolom. Kemudian klik save setting.

cara mendaftarkan google search console untuk blog wordpress com

Ini tampilan search setting di wordpress.com untuk mendaftarkan Google Search Console

B. Verifikasi Google Search Console untuk WordPress Self Hosted

Untuk verifikasi GSC ini, saya menggunakan plugin YOAST SEO – sekalian kan untuk settingan SEO blog juga. Kita tinggal buka Yoast SEO – di bagian General akan muncul 3 tab, salah satunya adalah Webmaster Tools. Kita klik tab itu dan tinggal masukkan kode untuk verifikasinya di sana. Save.

verifikasi google search console atau webmaster tools

Kalau kayak gini, artinya Google Search Console (Webmaster Tools) blog kita belum terverifikasi….

Baca juga: Plugin yang Harus Ada di Blog WordPress Self Hosted

Kalau sudah, baik yang A atau B di atas (sampai save), kita kembali ke halaman GSC kita dan kemudian klik “Verify”.

Sampai di sini, kita sudah berhasil mendaftarkan dan verifikasi GSC untuk blog kita. Apakah sudah beres?

Mengenal Fungsi Google Search Console Lebih Dekat

Belum kakakkk… belum selesai. Itu kan baru mendaftarkan blog ke webmasternya aja. Memang sudah terdaftar, tapi masih banyak tools gratis yang bisa ktia manfaatkan di sini loh. Kita kenalan satu-satu yuk dengan tools yang ada (gak semua fungsi ya dan ini saya sesuaikan dengan tingkat kepentingan melihatnya)

1. Google Index (Indeks Google)

Menu yang satu ini menggambarkan berapa banyak halaman dalam blog kita yang sudah keindex oleh Google. Artinya halaman-halaman itu sudah diketahui oleh mesin pencari itu dan siap ditampilkan ketika nanti ada yang mencari. Dalam hal ini, halaman juga termasuk postingan kita.

Selain itu, termasuk dalam menu yang ini adalah tools untuk kita menghapus url yang sebelumnya sudah terindex oleh Google (biasanya sih jika halaman itu bermasalah) – Disavow Links, seperti misalnya karena melakukan kesalahan dalam SEO.

2. Search Traffic (Lalu Lintas Penelusuran)

Di menu ini, kita bisa mempelajari tentang pencarian terkait blog kita. Kata kunci apa saja, berapa banyak klik, ada di posisi berapa dan lainnya.

Di sini, kita bisa juga memantau berapa banyak links internal kita punya dan berapa banyak yang memberi link ke blog kita (external links ke blog kita).

Untuk menu ini sih, saya menganjurkan untuk fokus di bagian Search Analytics yang ada di blog kita. Di sini kita bisa melihat kata kunci apa saja yang masuk ke dalam blog kita dan kita juga bisa tahu posisi rata-rata tulisan kita untuk kata kunci itu.

Kita bisa analisa data itu dan memusutkan, manakah tulisan yang bisa kita optimalkan kembali dan kemudian mengedit tulisan lama di blog kita itu. Nah, dalam mengedit, jangan sampai mengganti url tulisan kita ya (apalagi jika sudah terindex dan juga tersebar di sosial media).

3. Crawls (Perayapan)

Kalau kita sudah menyebar url postingan dan kemudian kita edit dan mengganti url itu, ketika diklik, akan menampilkan error 404 (Page Not Found). Nah ini yang bahaya bagi blog kita. Kesehatan blog kita dianggap jelek loh karena ini.

Error 404 ini beserta error lainnya di blog kita bisa kita cek di menu Crawls ini. Ada berapa error di blog kita? Url mana yang error dan kemudian kita bisa tandai setelah kita perbaiki di menu ini juga.

Selain itu, di menu Crawls Google Search Console ini, kita juga bisa mengirimkan sitemap blog kita dan juga fetch as google (cara meminta Google untuk index tulisan (baru) kita).

Terkait SEO Blog, Perhatikan ini di Google Search Console (Webmaster Tools)

Salah satu faktor penting dalam SEO sebuah blog atau situs adalah kesehatan dari blog itu sendiri. Nah, salah satunya bisa kita lakukan menggunakan Google Search Console atau Webmaster Tools ini. Yaitu:

Mendaftarkan Peta Situs (Sitemap) – Bagaimana Caranya?

Ini salah satu fungsi yang akan saya bahas detail terkait Google Search Console ini. Kita bisa menambahkan sitemap blog kita ke Google melalui menu Crawls di GSC. Tujuan menambahkan sitemap (peta situs) blog adalah untuk memberikan informasi terkait blog kita ke mesin-mesin perayap dari Google.

Dengan mengetahui struktur blog kita seperti apa, Google akan lebih mudah memahami blog kita. Cara menambahkan sitemap blog kita gampang kok.

Yang perlu diperhatikan juga sebelum mendaftarkan peta situs (sitemap) blog kita ke Google Search Console ini adalah…

Kita harus yakin secara struktur (kategorisasi, halaman dan tag) di blog kita sudah benar.

1. Login ke Google Search Console Blog

Cari menu Crawl di GSC ini dan kemudian cari bagian Sitemap – seperti dalam gambar di bawah ini:

cara mendaftarkan sitemap atau peta situs di google search console webmaster tools

Pilih menu Sitemaps di GSC untuk mendaftarkan peta situs atau blog kita.

2. Masukkan File Sitemap Blog

Yang dimasukkan cukup nama file sitemap blog kita di kotak yang letaknya di ujung kanan atas itu. Gak perlu isi url lengkap dengan domain kita di sana.

Biasanya, nama file sitemap blog adalah: sitemap.xml << ini yang kita tuliskan di kotak untuk dikirimkan ke Google.

Kita bisa test dengan memasukkan url di add sitemap tadi dan klik test. Kalau error, akan diinfokan.

menambahkan sitemap blog ke google search console

Masukkan nama file sitemap blog (biasanya sitemap.xml) dan klik tes dulu

Kalau sudah tes dan tidak ada masalah, kita bisa masukkan kembali nama file nya dan kemudian submit. Akan muncul bahwa sitemap sudah diterima dan statusnya pending.

Nah, kita tinggal tunggu deh indexing oleh Google Search Console.

Masih Banyak Fungsi Lainnya

Sebenarnya masih banyak fungsi lain dan yang perlu dibahas tentang Google Search Console ini. Seperti misalnya masalah Error 404 di bagian perayapan tadi. Ini juga penting dalam hal SEO. Semakin banyak error 404, blog kita dinilai semakin tidak sehat.

error 404 di blog

Error 404 seperti ini sebenarnya bisa dicek di Google Search Console (Webmaster Tools)

Tapi kalau dibahas di sini sekarang, sepertinya akan kepanjangan. Jadi akan saya bahas di tulisan berikutnya ya. Ingatkan kalau belum dipost juga.

Kalian sendiri, sudah mendaftarkan Google Search Console ini belum? Apa ada yang ingin ditanyakan terkait tools gratis dari Google ini? Ditunggu di kolom komentar ya.

8 Comments

Tinggalkan Balasan