monetizing blog

7 Jenis Monetasi Blog yang Gak Umum Dilakukan tapi Ada dan Cara Optimasinya – Part 2

Setelah sekian lama, baru sekarang update kembali tentang jenis monetasi di blog yang bisa dilakukan. Memang, banyak banget kok pilihan monetasi blog kita.

Yes, ini 7 jenis monetasi blog part 2 dan bagaimana cara optimasi yang perlu dilakukan.

Eh tapi, sudah baca part 1 nya belum? Itu linknya sudah saya sisipkan di atas kalau belum baca. Yang akan dibahas di part 2 ini mungkin agak jarang kamu dengar, tapi sebenarnya pilihan monetasi blog berikut ini sangat bisa dilakukan loh. Bisa banget buat mendapatkan uang dari blog dengan cara-cara ini.

7 Pilihan Monetasi Blog yang Bisa Diambil dan Cara Optimasi Penghasilan dari Blog

Mau langsung cuss aja ya ke pembahasannya. Gak usah penjelasan panjang kali lebar lagi kan ya.

jenis monetasi blog dan cara optimalisasi
Jenis monetasi blog – sumber gambar: Problogger.com

1. Menjadi Penyelenggara Event (Online ataupun Offline)

Ini jarang banget dilakukan oleh Blogger Indonesia secara personal, biasanya dilakukan oleh komunitas blogger.

Salah satu pilihan untuk mendapatkan uang dari blog: Menjadi penyelenggara event (online ataupun offline). #MonetasiBlog Bagikan Saya

Padahal, pilihan monetasi blog yang ini memiliki potensi besar loh. Kalau sebagai personal blogger, salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan webinar – sharing tentang tips yang dikuasai.

Misalnya, kamu adalah Beauty Blogger, maka kamu bisa saja sharing tentang bagaimana menjadi Beauty Blogger ataupun cara review produk kecantikan yang menarik pembaca.

Pilihan Monetasi Blog dengan menyelenggarakan event terkait topik blog.

Optimasi Penghasilan dari Blog dengan Event

Nah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin monetasi blog dengan menyelenggarakan event seperti ini:

  1. Bangun personal branding dengan optimal terlebih dahulu. Hingga dirimu dikenal sebagai “ahli” dalam topik yang kamu bahas dan orang pun mempercayainya.
  2. Bangun juga “komunitas”mu dengan selalu engage dengan pembaca loyalmu. Termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka di komentar, sekalipun pertanyaannya “nyeleneh”.
  3. Kembangkan relasi yang baik dengan beberapa brand yang kira-kira bisa menjadi penunjang acaramu dan ajukan sponsorship yang menguntungkanmu dan juga brand.
  4. Lakukan promosi di blog dan akun sosial media kamu.

2. Premium Content

Pernah gak melihat blogger Indonesia yang menjual premium content seperti ini? Premium content di sini artinya, kamu menyediakan artikel yang mana tidak semua orang bisa baca.

Untuk membacanya, audience harus mendaftar dan membayar sejumlah uang untuk berlangganan. Hal ini dilakukan oleh Medium sebagai salah satu pilihan monetasi blog. Kita bisa juga loh membuat artikel di Medium dan kemudian dijadikan premium content.

Optimasi Penghasilan Blog dengan Premium Content

pilihan monetasi blog untuk blogger indonesia
Contoh Premium Content sebagai salah satu pilihan monetasi blog kamu (Contoh dari Techinasia)

Kamu tentunya, bisa saja langsung membuat premium content dan meminta bayaran kepada pembaca blog kamu sekarang. Akan tetapi, hasilnya mungkin tidak akan maksimal. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulainya, antara lain:

  1. Membangun authority kamu sebagai pembuat konten dengan membuat banyak konten berkualitas dan in-depth. Jadi lebih fokus pada isi konten daripada banyaknya konten di blog, sekalipun ini membuat kamu semakin lama publish sebuah post.
  2. Jika kamu sudah dipercaya dengan konten-konten itu, kamu mulai meningkatkan pembaca loyal blog kamu. Dengan melihat berapa banyak returning visitor ke blogmu. Tingkatkan jumlah pengunjung yang ini. Caranya, paling mudah adalah minta masukan kepada mereka, tentang apa topik yang perlu dibahas.
  3. Lalu, mulailah berpikir tentang strategi premium content kamu. Mulai dari mekanisme premium contentnya. Kemudian berapa harga yang akan kamu tagih ke pembaca untuk bisa membaca tulisan premium itu.
  4. Jangan berhenti upgrade diri untuk memberi konten yang lebih lagi.

3. Private Communities

Saya sendiri sudah melihat beberapa komunitas blogger yang mulai menerapkan ini. Komunitasnya itu terbatas hanya pada member saja. Selain member tidak dapat akses. Konsep ini pun bisa jadi salah satu pilihan monetasi blog kamu.

Membangun komunitas penikmat blog kamu dan mulai mengembangkannya secara perlahan. Terus monetasinya darimana? Banyak sih caranya.

Membuat komunitas yang sifatnya terbatas, bisa jadi pilihan #MonetasiBlog yang mungkin belum terpikir oleh #BloggerIndonesia Bagikan saya

Bisa dengan menagih fee untuk bergabung dengan komunitas ini. Ataupun untuk menjadi membernya gratis, namun untuk mengikuti beberapa acara komunitas, dimintakan sejumlah fee.

Tentunya, ketika kamu membuat komunitas seperti ini, kamu juga harus pikirkan:

Apa manfaat yang akan diterima anggota dengan bergabung komunitasmu ini?

Jangan fokus semata uang mengingat ini termasuk salah satu pilihan monetasi blog yang bisa diterapkan.

Saya sendiri pernah mengikuti sebuah private communities dari blogger luar negeri yang basisnya di facebook group. Untuk bergabung dalam group itu, saya diminta untuk bayar dengan imbal balik adalah kursus tentang ngeblog yang mereka jual.

https://www.facebook.com/bloggingindonesia/

Cara Optimasi Pilihan Monetasi Blog: Membuat Komunitas

Yang harus diingat pertama dalam membangun komunitas seperti ini adalah kamu sudah memiliki authority sebagai seseorang dan juga memberi nilai tambah bagi yang bergabung. Seperti kebanyakan komunitas blogger Indonesia sekarang ini, jika bergabung kamu akan jadi prioritas ketika ada job dari brand (misalnya).

  1. Mulailah dengan “apa value added” komunitasmu ini untuk mereka yang bergabung nantinya. Ini haruslah jelas sejak awal. Jika tidak ada nilai tambah, untuk apa mereka bergabung?
  2. Kembangkanlah strategi marketing dan juga strategi dalam mengelola komunitasmu ini. Apa yang akan menjadi pembeda dari komunitasmu ini dengan komunitas lainnya?
  3. Jalankan komunitas tidak semata-mata untuk tujuan uang saja. Namun juga untuk membangun diri kamu sebagai sosok yang memang ahli.

Ketiga pilihan monetasi blog di atas memang lebih “berat” dibandingkan 7 Jenis Monetasi Blog yang pernah saya bahas sebelumnya. Karena ketiga cara mendapatkan uang dari blog ini membutuhkan yang namanya:

Expertise, Authority, Trust (EAT)

Ini juga yang menjadi faktor SEO sekarang ini.

Untuk membangun ketiganya, kamu harus menyiapkan diri dulu. Bahwa ketiganya tidak mudah didapatkan begitu saja dan bukan juga self-proclaimed ya, namun dari orang lain. Inilah yang perlu dipertimbangkan sebelumnya.

4. Menjual Jasa Sebagai Opsi Mendapatkan Uang dari Blog

Jasa… iya, kamu menjual jasa kamu di blog juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog. Secara tidak langsung, pilihan monetasi blog di atas pun sebenarnya terkait masalah jasa ini juga.

Kamu bisa “menjual diri” kamu untuk jasa-jasa seperti: freelance (bisa sebagai admin atau freelance agency), coaching/training, consulting, speaking, design, copywriting.

menjual jasa - pilihan monetasi blog
Menjual jasa kursus online pun merupakan salah satu pilihan monetasi blog (foto: techinasia premium)

Selain menjual jasa di atas, tentunya masih banyak jasa lain yang bisa kamu jual di blog, seperti: jasa pembuat website, jasa pembuat tulisan (content writer) dan lainnya. Sudah adakah yang seperti ini?

Optimasi Penghasilan dari Blog dengan Menjual Jasa

Untuk bisa menjual, tentunya kamu harus terlebih dahulu dipercaya kalau memang kamu memiliki kemampuan untuk melakukannya. Caranya gimana?

  1. Tentukan dulu jenis jasa yang kamu ingin jual di blog. Bisa saja kamu memiliki beberapa keahlian yang bisa kamu jual. Namun, saran saya sih, fokuskan dulu dalam 1 jasa. Kembangkan diri sampai maksimal di sana dan juallah jasa itu.
  2. Perbanyak portfolio kamu terkait jasa tersebut. Misalnya, jika kamu ingin menjual jasa fotografi di blogmu, maka perbanyaklah portfolio terkait dunia fotografimu.
  3. Tunjukkan portfolio kamu di blog sedemikian rupa namun tanpa terlihat menyombongkan diri. Ini memang gak mudah, tapi doable kok.
  4. Mulai kembangkan strategi penjualan kamu. Termasuk di dalamnya adalah harga jasa kamu. Jangan sampai ketika ditanyakan, kamu sendiri tidak tahu harganya. Bahkan kamu hanya: “Ikut harga tetangga sajalah” padahal kamu yakin kualitasmu lebih baik.

5. Menjual Produk Virtual sebagai Pilihan Monetasi Blog

Produk virtual? Apa tuh? Produk virtual itu adalah produk yang sifatnya bukanlah secara fisik. Misalnya saja menjual e-book, printable template, laporan digital dan lainnya.

Sudah ada banyak pembuat e-book yang menawarkan komisi untuk setiap penjualan. Nah, yang ini tidaklah termasuk dalam menjual produk. Konsep seperti tadi itu lebih ke afiliasi marketing.

Menjual produk virtual ini adalah menjual produk kamu sendiri! Bukan produk orang lain.

Cara mendapatkan uang dari blog dengan menjual produk virtual di blog sendiri.

Optimasi Penghasilan dari Blog dengan Menjual Produk Virtual

Nah, kamu sudah punya gambaran tentang produk virtual ini? Ingin mendapatkan uang dari blog yang okeh banget dengan cara ini? Saya kasih beberapa tips untuk optimasinya ya.

  1. Buat produk virtual yang memang unik dan menarik untuk orang beli. Semakin spesifik, biasanya semakin dicari. Misalnya: kamu membuat e-book tentang keuangan, kenapa gak bikin: “E-Book: Memahami Reksadana untuk Ibu Rumah Tangga” misalnya (lirik Dani).
  2. Sisipkan produk virtual kamu dalam tulisan kamu di blog sendiri dan juga sematkan di widget blog kamu. Bikinlah desain yang menarik kalau di widget agar orang lain klik.
  3. Jangan menaruh produk virtual kamu di widget footer ya… karena biasanya orang jarang banget baca sampai bawah. Manfaatkan sidebar sebelah kanan.
  4. Lakukan giveaways berhadiah e-book ini di blog ataupun social media kamu.
  5. Kalau kamu sanggup dan punya waktu, boleh banget membuat sistem afiliasi produk kamu dan meminta blogger lain untuk promosi dengan imbalan komisi.
salah satu pilihan monetasi blog adalah dengan menjual produk fisik
Menjual produk fisik seperti mbak Lusi, bisa banget jadi opsi untuk mendapatkan uang dari blog

Kamu mau beli tasnya? Langsung aja ke IG @BeyouProjects ini ya. https://www.instagram.com/p/BtCj7Irg-Ow/

6. Menjual Produk Fisik

Sebelas dua belas sih dengan nomor 5 tadi, bedanya, produk kamu ini adalah produk yang secara fisiknya bisa dipegang. Misalnya seperti yang dilakukan oleh Mbak Lusi dengan produk BeYou nya itu.

Produk fisiknya ini berasal dari hasil kreasinya membuat DIY post di blog. Kemudian bisa dijual dan kita pun boleh memesan (kalau gak salah ya).

Cara mbak Lusi menjual produk dari hasil DIY nya ini menurut saya keren banget. Ini bisa banget jadi salah satu pilihan monetasi blog untuk para blogger. Produk fisik lainnya termasuk buku, seperti MakCar, yang sudah biasa banget nulis buku. Salah satunya ya ini:

menjual buku sebagai pilihan monetasi blog
Baca Review Buku Blogging, Have Fun and Get the Money Salah satu pilihan monetasi blog kamu… Jadi kapan bikin buku ya buat dijual? hmmm.

Optimasi Pilihan Monetasi Blog: Menjual Produk Fisik

Sebenarnya, optimasi cara mendapatkan uang dari blog dengan menjual produk fisik ini sama seperti dalam produk virtual. Jadi saya gak tulis ulang ya, hanya satu yang perlu dipastikan ketika optimasi.

Yaitu, harus menjaga kesiapan produk secara fisik dan juga mempertimbangkan ongkos kirim dalam strategi harga produknya.

Optimasi penghasilan dari blog dalam menjual produk fisik.

Selain itu, teman-teman juga bisa mempertimbangkan membuat akun di e-commerce yang sudah terkenal seperti Tokopedia, Bukalapak dan lainnya untuk optimasi penghasilan ini.

7. Pilihan Monetasi Blog Lainnya: Donasi & Jual Beli Blog

Pilihan monetasi blog terakhir ini sudah sering saya jumpai. Beberapa blog yang saya pernah kunjungi, menyematkan tombol donasi untuk membantu tetap berjalannya blog itu.

Pernah juga melihat proses jual beli blog ataupun domain sebagai opsi mendapatkan uang dari blog lainnya. Selain itu, sekarang ini pun juga lazim untuk menjual akun sosial media (Instagram, Facebook Page) yang memiliki follower tinggi.

Nah, ini pun sebenarnya bisa menjadi opsi teman-teman untuk monetasi blog alias mendapatkan uang dari blog teman-teman.

jual beli blog dan domain sebagai cara mendapatkan uang dari blog sebuah pilihan monetasi blog
Blog atau Domain for sale – salah satu pilihan untuk mendapatkan uang dari blog

Optimasi Donasi dan Jual Beli sebagai Pilihan Monetasi Blog

Untuk donasi, saya sih menyarankan tidak menggunakan ini jika blog teman-teman itu adalah blog baru tanpa pembaca loyal.

Kita bermain logika saja, jika orang sekali dua kali saja ke blog teman-teman, untuk apa mereka membantu teman-teman dengan donasi? Karena itulah, optimasi untuk mendapatkan uang dengan donasi ini saya hanya sampaikan 1 saja:

Bangunlah pembaca loyal blog kamu – baru ajukan masalah donasi ini.

Pembaca loyal tentunya akan mau membantu dengan donasi agar dia tetap bisa membaca blog itu.

Sedangkan untuk masalah jual beli blog, domain ataupun akun sosial media, optimasikan penghasilan dengan:

  1. Membangun branding/traffic blog. Semakin bagus blognya, harga jualnya tentu akan semakin tinggi.
  2. Domain – pilihlah nama domain yang memang memiliki nilai jual tinggi. Kalau seperti blog: febriyanlukito.com – siapa juga yang mau beli nama domain itu. Karena itu, harus pintar-pintar sejak awal jika memang ingin jual beli domain ya.
  3. Akun sosial media, optimasinya menurut saya sih cuma 1. Yaitu menaikkan jumlah follower dan engagement akun itu. Namun… harus hati-hati juga, karena kebanyakan follower akan segera unfollow begitu tahu akunnya berubah (saya sih gitu).

Itulah 7 Pilihan Monetasi Blog yang Bisa Kamu Pertimbangkan…

Kamu gak perlu semata-mata menggantungkan dirimu pada yang namanya event atau sponsored post. Carilah pilihan monetasi blog yang memang cocok untuk kamu. Terus kalau bisa ya:

Pilih opsi cara mendapatkan uang dari blog yang sifatnya permanen dan memang sesuai dengan passion kamu.

Hanya sekadar mengingatkan saja!

Untuk masalah event atau sponsored post, kamu bisa baca curhatan saya. Sampai kapan brand akan percaya blogger sebagai “media” penting untuk menyebarkan awareness produk mereka.

Jika waktunya tiba, bisa jadi blogger pun gak akan dianggap penting lagi seperti sekarang ini. Karena itulah, saran saya untuk teman-teman adalah mulai mempertimbangkan pilihan monetasi blog yang lainnya.

Gimana menurut teman-teman semua? Ada masukan lainnya gak?

4 Comments

  1. febriyanlukito 15 Maret 2019
  2. Haeriah 11 Februari 2019
    • febriyanlukito 15 Februari 2019
  3. Lusi 28 Januari 2019

Tinggalkan Balasan

Follow My Instagram