Tips SEO

Tips SEO – Cara Menggunakan Alt Teks Pada Gambar Di Blogspot

Seperti yang dituliskan di Tips Blogging  sebelumnya tentang SEO untuk Blogspot, salah satu cara optimaliasasi tulisan kita untuk SEO adalah dengan menggunakan Alt Teks gambar dan juga jangan menggunakan gambar orang tanpa ijin. Berikut ini saya ingin menuliskan lebih detail bagaimana cara menggunakan Alt Teks gambar di blogspot. 

cara menggunakan alt teks gambar di blogspot

Apa Itu Alt Teks Gambar?

Sebelum membahasnya, kita kenalan dulu dengan Alt Teks Pada Gambar ya. Apa sih alt teks pada gambar dan apa fungsinya? Untuk mudahnya sih seperti ini:   

Alt teks gambar atau alt text image – merupakan alternative text (teks) untuk gambar yang kita masukkan dalam postingan.

Gunanya adalah untuk crawler bisa memahami apakah terkait apakah gambar yang kita masukkan itu. 

Tips SEO untuk Gambar di Blogspot – Tulisanbloggerindonesia.com

Jadi secara fungsi sebenarnya, alt teks pada gambar itu lebih digunakan untuk memudahkan search engine atau mesin pencari membaca gambar yang kita pakai dalam tulisan. Inilah yang digunakan untuk optimalisasi gambar pada blog kita.   

Cara Menggunakan Alt Teks Gambar untuk Optimasi On Page Tulisan Kita

Seperti yang saya tuliskan di atas, bahwa alt teks sebenarnya lebih berfungsi untuk memberitahukan mesin pencari, seperti google, yahoo dan lainnya tentang gambar yang kita masukkan.

Jadi untuk optimalisasi penggunaan alt teks pada gambar ini, kita hendaknya memasukkan keyword yang kita pakai. Tapi jangan berlebihan juga ya, karena bisa dianggap spamming juga.   

Misalnya saja keyword yang kita pakai itu adalah tips blogging untuk blogspot, jangan memasukkan di semua gambar yang dipakai hanya agar terbaca dan jadi nomor satu. Tapi pastikan juga gambar kita memang sesuai dengan hal itu. 

Selain itu, keyword hendaknya kita variasikan. Seperti pada gambar pertama kita pakai tips blogging untuk blogspot, pada gambar kedua kita pakai blogging tips untuk blogspot dan sebagainya.   

Namun, dalam SEO sendiri, bukan berarti title atau judul gambar tidak berguna ya. Kita harus selalu memberi judul pada gambar yang kita masukkan. Karena itu memudahkan pembaca untuk mengetahui apa gambar itu dan sebenarnya judul gambar juga terbaca oleh mesin pencari.   

Cara Menggunakan Alt Teks Gambar di Blogspot

Di dalam blogspot, saat kita memasukkan gambar, secara otomatis, gambar tersebut tidak memiliki judul ataupun alt teks. Untuk itulah, kita harus mengatur alt teks pada gambar tersebut dan juga judul gambar. 

Berikut ini cara menggunakan Alt Teks Gambar Untuk Blogspot


1. Masukkan gambar pada postingan seperti biasa. Gambar bisa diatur untuk di sebelah kiri, tengah atau kanan post. Saya pribadi suka menggunakan large image untuk postingan. 

2. Klik pada gambar hingga muncul opsi antara lain: “Add Caption”, “Properties” seperti pada gambar berikut ini: 

cara memasukkan alt teks gambar di blogspot
Opsi gambar di blogspot – klik properties dan masukkan alt teks gambar

3. Pilih Properties dan akan muncul kotak dengan 2 (dua) kolom, yaitu judul dan alt teks. Isi kedua kolom tersebut. Pastikan saat mengisi alt teks gambar menggunakan keyword yang dituju. 

cara memasukkan alt teks gambar di blogspot
Title Text untuk judul gambar (boleh pakai kata kunci atau tidak). Alt Text ini wajib diisi dengan kata kunci target.

4. Penulisan Alt Teks Gambar

Ada yang bilang penggunaan tanda “-” pada alt teks gambar adalah bagus, namun ada juga yang bilang tanpa “-“. Saya sendiri tidak menggunakan tanda “-” pada alt teks. Ternyata setelah browsing sana sini, hal ini juga disebutkan oleh Google sendiri dalam Guideline tentang gambar

Untuk judul lebih baik menggunakan “-” seperti: cara-menggunakan-alt-teks-gambar tapi pada alt teks sendiri tanpa menggunakan “-“. 

Perhatikan Hal-Hal Berikut


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk blogger dalam mengisi Alt Teks Gambar pada postingan kalian, yaitu: 

1. Jangan melakukan stuffing keyword – alias menggunakan banyak keyword dalam satu alt teks gambar yang bisa membuat Google mem-banned blog kamu. Contohnya adalah sebagai berikut (diambil dari Google Guideline). 

keyword stuffing di alt text image

2. Alt Teks Gambar pada post selalu menggunakan huruf kecil semua tanpa simbol apapun. 

3. Gunakan variasi keyword pada alt text image yang berbeda. Misalnya jika satu postingan memiliki 3 gambar, bisa menggunakan variasi keywords yang diinginkan. 

Ketiga hal ini juga berlaku untuk alt teks gambar pada WordPress. Untuk mengetahui cara menggunakan alt teks gambar pada wordpress, bisa baca post di wpbeginner berikut atau tunggu post berikutnya ya. 

Kesimpulan dari Optimalisasi Blog dengan Alt Teks Gambar


Nah itulah cara menggunakan alt teks gambar di Blogspot yang pada akhirnya mendorong tulisan kita muncul di page one mesin pencari (setidaknya dalam sisi gambar). Kalau kamu mencari menggunakan image, perhatikan apakah gambarmu dengan keyword itu sudah muncul di page one atau tidak.   

Optimalisasi blog dengan alt teks gambar ini bukan berarti tidak bermanfaat loh. Ada juga yang lebih suka melihat gambar daripada tulisan. Jadi kalau kita maksimalkan blog kita untuk ini juga, siapa tahu traffic blog kita akan naik nantinya.  

38 Comments

  1. Bima saputra 11 Juli 2019
  2. Irwansyah , 19 November 2018
  3. Fillyawie 25 Oktober 2018
  4. Yanster 23 Oktober 2018
  5. BeoGila 13 Oktober 2018
  6. Fiberti 12 April 2018
    • febriyanlukito 14 April 2018
  7. rumah joglo 5 April 2017
  8. Zainal MuttaQien 22 Mei 2016
  9. iwan kurniawan 10 Maret 2016
  10. Aira Kimberly 15 Februari 2016
  11. Kang Ajay 11 Februari 2016
  12. Tulisan Blogger Indonesia 2 Februari 2016
  13. Eksapedia 2 Februari 2016
  14. Tulisan Blogger Indonesia 2 Februari 2016
  15. Tulisan Blogger Indonesia 2 Februari 2016
  16. Djangkaru Bumi 2 Februari 2016
  17. monda 2 Februari 2016
  18. Ihwan Hariyanto 1 Februari 2016
  19. Maya Siswadi 1 Februari 2016
  20. Dani 1 Februari 2016
  21. Innnayah 1 Februari 2016
  22. malesmandi.com 1 Februari 2016

Tinggalkan Balasan

Follow My Instagram