Sindrom Kilau Emas, Bikin Blog (Baru) demi Uang dari Blog! Padahal Seharusnya….

Categories: monetizing blog
49 Comments

Tidak jarang blogger baru memasuki dunia monetasi blog dikarenakan ucapan blogger-blogger lain yang serba bling-bling dan wow dalam pencapaiannya. Ada pernah saya dengar bahwa si blogger senior A dapat penghasilan dari Adsense sebulan bisa mencapai ribuan dollar.

Mendengar itu, siapa coba yang gak tergiur? Kerja di kantoran aja bisa mendapatkan gaji bulanan di range 2 digit lamanya minta ampun (percaya deh, saya mencapai 2 digit setelah beberapa tahun kerja). Nah ini, cuma ngeblog doang bisa dapat ribuan dollar – yang artinya dua digit di rupiah.

Yang Jessie J bilang: It’s not about the money… money… money. Forget about the price tag… jadi gak berlaku kalau sudah bicara monetasi blog. Ya masalahnya bling-bling itu yang bikin orang banyak ingin jadi blogger sekarang ini. Kalau bisa sih, dapatnya cepet.

Sindrom Kilau Emas Blogger – Kamu Juga Termasuk yang Gini?

Saya ada baca beberapa waktu lalu, di sebuah blog luar negeri membahas cek realitas dalam mendapatkan uang dari blog. Saya menganggapnya sebagai sindrom kilau emas – bling bling yang dialami oleh banyak blogger.

demi uang dari blog - sindrom para blogger

Siapa yang kayak gini? Demi uang dari blog, jadi blogger akhirnya…

Pokoknya… saya harus bisa dapat uang dari blog. Kayak si anu. Dia aja bisa masa saya gak bisa sih?

Yah… semuanya sih memang bisa mendapatkan uang dari blog. Yang jadi masalah itu bukan mendapatkan uangnya sih, tapi “terpaku”nya blogger dengan masalah itu. Inilah yang saya sebut sindrom kilau emas blogger.

Mendengar si A dapat ribuan dollar, si B puluhan juta dari menulis, si C dapat macam-macam dari ngeblog. Terus matanya langsung berkilauan kayak lihat emas dan memutuskan ingin jadi seperti mereka.

Satu yang dilupakan oleh yang menderita sindrom kilau emas blogger ini adalah:

Ada Faktor Lainnya yang Tidak Dikasih Tahu

Yes… itu kenyataannya loh. Para blogger kondang yang bilang dapat puluhan juta dari blog, adakah kasih tahu cara mereka mendapatkan semua itu? Berapa lama mereka merintis blognya? Atau mungkin, buat yang mendapat ribuan dollar dari adsense, pertanyaannya gini:

Berapa banyak blog yang dia pasangkan adsense hingga dapat segitu?

Yang dapat puluhan juta dari nulis, coba deh tanya. Bener gak kalau dia hanya nulis di blog dia doang? Atau ada nulis di tempat lain? Berapa banyak tempat menulis yang dia kerjakan? Berapa artikel yang dia buat?

Faktor Usaha dan Kerja Keras Gak Dikasih Tahu

Kenapa? Biar orang pada mau jadi blogger dan ngikut mereka jadi blogger.

Bagus dong kalau gitu mas… ngajar orang untuk jadi blogger.

Iya sih, bagus. Tapi… yang baru-baru ini kan jadi mikirnya: gw hanya perlu jadi blogger dan beres, uang akan datang. Padahal… Alamakkkk… Gak gampang dapat duit dari blog itu.

Lagipula…

Faktor Waktu Tidak Disebutkan

Berapa lama mereka hingga mendapatkan uang puluhan juta yang digembor-gemborkan itu? Saya sih yakin gak sejak awal mereka sudah dapat segitu.

Butuh waktu… kayak tulisan yang saya bikin di personal blog saya, gak ada yang namanya instant.

Nah… sayangnya, karena mereka gak sebut faktor waktu (ataupun kerja keras) ini, banyak yang menganggap semua itu bisa didapat dengan instant.

Gak perlulah pusing ina inu – langsung dapet. Ya kali… hujan uang.

Mendapatkan Uang alias Bling Bling Blogger itu…

Perlu kerja keras dan jangan mau jadi blogger mediokerThat’s the truth. 

Open your eyes… 

Gunakan logika kita sebagai blogger. Toh, sebagai blogger, kita harus pandai melihat sebuah situasi dari beberapa sudut pandang kan? Cek dan ricek segala sesuatunya.

demi uang dari blog, mendapatkan uang dari blog

Memang, mendapatkan uang dari blog itu menyenangkan… namun jangan demi uang dari blog, lupa segalanya ya

Apa memang yang dikatakan blogger-blogger yang lebih senior itu masuk akal? Atau ada yang lainnya sih? Ini yang harus kita cari tahu. Biar gak kena sindrom kilau emas blogger.

Karena, memang kenyataan kok, kalau mendapatkan uang dari blog itu gak mudah dan butuh kerja keras dan juga waktu.

Makanya, saya agak jengah kalau ada yang mengatakan tujuan ngeblog mereka adalah mendapatkan uang – apalagi dengan 1 blog yang medioker – kecuali kalau dirimu itu udah terkenal sebelumnya, ya beda lagi ceritanya.

Misalnya nih ya: Dalam menerapkan Adsense di blog. Apa sih yang dibutuhkan? TRAFFIC BLOG yang stabil dan tinggi. Kalau kalian sekarang senang Adsense kalian disetujui…. selamat bersenang-senang sekarang. Coba cek, berapa bulan kalian cair cek jika hanya 1 blog.

Makanya, kalau ingin mendapatkan bling bling dari blog yang membahagiakan, jangan lupa untuk:

Jadi Blogger yang Gak Hanya Demi Uang dari Blog

Gimana caranya? Well… ada banyak hal, namun saya hanya mau tuliskan beberapa di sini ya.

1. Fokus – Jangan hanya fokus pada uangnya aja.

demi uang dari blog ya harus fokus

Fokus Fokus Fokus

Fokus pada topik yang dibahas hingga lebih mudah dikenal – karena kalian termasuk blogger yang menonjol.

Fokus pada ciri khas kalian sebagai blogger. Bikin orang ngeh pada diri kalian sebagai blogger. Mau aktif di sosmed? Monggo, bagus malah. Kenalkan diri kalian dan blog kalian di sosmed.

Ini yang namanya ngebangun branding kalian sebagai blogger. Lihat saja mereka yang kasih info soal pendapatan dari blog mereka (yang disebut di awal). Mereka ini semuanya sudah ada “branding“.

2. Selalu Upgrade Diri Sebagai Blogger

Selain fokus, haruslah update diri terus-terusan. Kalau memang sekarang jamannya orang lebih suka nonton video, update diri dengan belajar bikin video yang baik. Belajar tentang SEO untuk video di Youtube. Belajar cara mendatangkan traffic ke video.

Jangan karena dibilang trend ke depannya video, ya udah bikin video. Pas dibilang trendnya infografis, bikin infografis. Begitu yang ramai yang lain, ikut lagi. Kalau kayak gini, kapan menguasainya?

3. Kenali Jenis Monetasi dan Pilih

Saya memang baru menuliskan 7 jenis monetasi blog saja di sini, padahal masih banyak lainnya – bisa dicek gambarnya kok, lengkap.  Nah, kalau memang mau mendapatkan uang dari dari blog, ya harus pilih mana yang cocok untuk kalian sendiri.

Kalau memang kalian lebih ngerasa cocok dengan monetasi via jual jasa, ya do it. Kenali lebih dalam caranya dan jalankan dengan maksimal. Kalau lebih cocok untuk menjadi “agency” ya kenapa gak? Do it juga… Dan berbanggalah jadi itu, gak usah malulah demi uang dari blog.

Personally, saya lebih suka sama yang jujur dari awal bilang, saya di sini sebagai agency mas, bukan sebagai blogger. I prefer that.

Kenapa? Itu menunjukkan keseriusan dan profesionalitasnya. Gak perlu lah namanya bilang untuk kemanusiaan padahal ujung-ujungnya ngambil duit dari sana.

Be real and be honest. Darren Rowse sendiri juga agency kok, dan dia bilang dengan jujur soal itu.

Nah Itu Deh…

Yang pasti… kalau ingin dapat uang dari blog ya kalian harus siap untuk KERJA KERAS (dan KERJA PINTAR) serta terus belajar. Saya yakin kalau menerapkannya, akan jadi blogger yang menghasilkan dan sukses – gak sekedar “demi uang dari blog” doang, tapi bener-bener sukses.

Tapi kalau kalian inginnya jadi blogger biasa aja, ya wajarlah kalau masih kena sindrom kilau emas blogger dan gak dapat bling bling yang maksimal dari blog. Jangan salahkan orang lain ya kalau gini, kan itu pilihan kalian sendiri.

49 Comments

Tinggalkan Balasan