Telaah Post SEO: Chocky Sihombing – Glamping di Bandung

Pas kemarin share soal Blogger dan SEO, ada yang komen di Facebook, coba dong audit blog dari sisi SEO-nya. Sudah oke apa gak. Untuk telah SEO keseluruhan blog itu cukup rumit sih dan butuh waktu banyak. 
 
Tapi ide itu nancep di TBI terus sampai sekarang. Akhirnya memutuskan untuk analisa SEO Post alias SEO on page aja. Mungkin suatu saat nanti bisa aja sih analisa SEO blog keseluruhan. Untuk kali ini, TBI akan telaah post SEO dari om Chocky Sihombing, Glamping di Bandung. 
 

Telaah Post SEO on Page Chocky Sihombing – Glamping di Bandung

 
Salah satu post om Chocky yang nomor 1 di google
Sudah baca hasil wawancara dengan Travel Blogger yang satu ini belum? Salah satu yang bikin TBI kagum adalah rata-rata postnya masuk dalam Page One Google. 
 
 
Coba aja lihat hasil query blog beliau di samping untuk Visa Korea. Nomor 1 kan? Nah, TBI menggunakan Whatsmyserp dengan keyword Trizara Resorts nih. Coba cek deh hasilnya berikut ini: 
 
telaah-post-seo-chocky
Masalah SERP ini tergantung keywords yang digunakan ya….

Menelaah Post Glamping di Bandung Chocky Sihombing

Kenapa saya ambil untuk telaah seo post yang Glamping di Bandung? Well, karena post ini adalah artikel sebulan lalu – tepatnya 4 Juli 2016. Pas untuk diceklah. 
 
Yang pasti sebulan itu artinya post sudah keindex oleh Google. Jadi, kalaupun om Chocky tidak fetch as google, post ini sendiri sudah akan masuk dalam mesin pencari Google dalam jangka waktu itu. 
 
Sebelum memulai telaah post SEO om Chocky Sihombing ini, TBI ingin menyampaikan bahwa penelaahan ini menggunakan checklist SEO Post yang juga dijadikan acuan oleh Alexa.  
 
checklist-seo-on-page-untuk-blogger
SEO On Page Checklist untuk blogger
 
Yuk mari mulai telaah post seo on page yukkkk….  
 

1. URL dan Judul SEO

 
Salah satu faktor yang membuat sebuah post SEO Friendly dan mudah dirayapi oleh mesin pencari seperti Google adalah url dan judul SEO tulisan mengandung keyword yang ditarget. 
 

 

 
Dalam capture yang TBI tunjukkan di atas, postingan om Chocky mengandung keyword “Trizara Resorts” di url dan judul SEO. 
 
Makanya masuk page one google untuk keyword itu.
 
telaah-seo-post
Queri di mesin pencari
Selain faktor ini, ada faktor-faktor lainnya yang membuat post ini muncul di halaman satu mesin pencari. 
 

2. Meta Deskripsi

 
Berbicara meta deskripsi di blogspot ini adalah tentang search description di sebelah kanan saat membuat postingan. Kalau di wordpress gratisan, itu adalah KUTIPAN atau EXCERPT.
 
Meta Deskripsi ini berfungsi sebagai informasi tentang postingan di browser pencari alias yang sering disebut dengan Rich Snippet. Rich Snippet yang informatif dan menarik akan mendorong orang untuk klik ketika menemukan post kita. Dan akhirnya akan mendatangkan traffic ke blog kita. 
 

Meta Deskripsi ini penting dan harus diperhatikan dalam membuat SEO Post. 

 
Dalam tulisan om Chocky ini, dia telah mengatur meta deskripsi post dan menampilkan “Trizara Resorts” juga. Lihat gambar di atas. Setelah tanggal, langsung ada menyebut keywords yang dimaksudkan. 
 
 
 

3. H2 – Subheading

 
Subheading dalam sebuah post bukan hanya untuk memudahkan pembaca blog kita saja. Tapi juga berguna untuk SEO on page dalam postingan. Subheading dalam telaah post seo Om Chocky mengandung keywords. 
 

Selain memudahkan dalam membaca post, subheading berisi keywords akan meningkatkan kemungkinan post masuk dalam mesin pencari. 

Dalam post tersebut, disebutkan Trizara Resorts, seperti dalam gambar berikut: 

 

telaah-post-seo-on-page
H2 atau subheading post untuk SEO

 

4. Optimasi Gambar dalam Post

 

Seperti yang TBI pernah tulis, bahwa bicara soal SEO, blogger hendaknya melakukan optimasi image yang digunakan dalam post. 
 
Saat TBI telaah post seo Glamping di Bandung, terlihat kalau om Chocky sudah melakukan optimasi gambar dalam postingan.
 
Semua judul gambar tidak lagi kosong dan alt text image atau judul alternatif gambar diisi dengan keywords yang diinginkan. 
 

Kesimpulan Telaah Post SEO on Page Chocky Sihombing

 
Dari telaah Post SEO ini, TBI menyimpulkan bahwa om Chocky Sihombing telah menggunakan teknik SEO On Page sebagaimana disebutkan di atas. Hal ini mungkin juga karena ybs menggunakan plugin SEO di wordpress self hosted yang digunakannya. 
 
Memang, dalam hal SEO, wordpress self hosted memudahkan kita sebagai blogger untuk menerapkan SEO dalam postingan kita. Tinggal instal plugin, seperti One Pack SEO ataupun Yoast SEO dan ikuti petunjuk. 
 
hosting murah

link afiliasi ya…. 😀

 
 
Namun, penelaahan post SEO di atas hanyalah telaah standard ya. Masih banyak yang harus diperhatikan kalau ingin blognya SEO Friendly. Seperti setting blog homepage, keyword density dalam post dan lainnya. 
 
Semoga telaah post SEO yang pertama ini bisa dijadikan bahan belajar bersama. Jangan sungkan kalau ada pertanyaan. 

8 Comments

Tinggalkan Balasan