Langkah Membuat Blog di Blogspot

Categories: Tips Blogging
No Comments
Setelah langkah membuat blog di wordpress, kali ini saya akan menuliskan langkah membuat blog di blogspot. Sebagai platform keluaran Google, blogger mendapatkan beberapa keuntungan kalau membuat blog di blogspot. Yaitu gratis hosting kalau kamu ingin menggunakan TLD – Top Level Domain dan penyimpanan gratis dari Google. 
Namun, satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat blog di blogspot adalah akun email google, salah satu syarat yang diharuskan oleh blogspot. Di post ini, saya akan menuliskan langkah mudah bikin blog di blogspot ini. 

3 Langkah Membuat Blog di Blogspot

Kita langsung aja ya ke langkah membuat blog di platform blogspot ini. 
 

1. Buka website www.blogspot.com 

 
langkah membuat blog di blogspot untuk pemula daftar akun gmail
Untuk membuat blog di blogspot, kita buka saja www.blogspot.com atau blogger.com untuk memulai. Kita akan diarahkan untuk login menggunakan email Google yang kita punya. Keberatan menggunakan akun gmail? Kenapa harus keberatan? Mudah bikin akunnya kok. Terus dengan satu id gmail kita bisa akses semua service yang disediakan Google. 
 
Jadi nanti bisa pakai id email ini untuk akses Youtube, siapa tahu mau buat sharing video-video bagus yang mungkin terkait dengan blog kalian. Atau juga Google Drive – ada yang pernah pakai yang ini gak? 
 
Termasuk juga Google Plus. Apa? gak tahu apa itu google plus ini? Wah… coba deh cek tentang google plus ini. Seru juga kok. 
 

2. Daftar Blogger

 
Kalau sudah membuat akun email, nanti kalian pilih yang ke blogger profile ya. Di sana akan diminta mengisi nama yang akan tercantum di profile blog kita. Seperti dalam gambar di bawah, saya menggunakan nama bloggingthroughmyeyes sebagai nama profile saya – sebelum menggunakan TLD – tulisanbloggerindonesia.com
langkah membuat blog di blogspot untuk pemula blogger profile

Blogger profile ini berguna untuk nanti kalau kita komen di blog orang juga loh…

 
Pilih nama profile yang memang nyaman di hati ya. 😀 
 

3. Membuat Blog di blogspot 

 
langkah membuat blog di blogspot untuk pemula dashboard blogger home
Setelah selesai dengan mengisi nama profile blogger, tinggal klik Continue to Blogger dan akan diarahkan ke dashboard blog kalian. Dengan demikian sebenarnya kalian sudah terdaftar pada blogspot. 
 
Sekarang tinggal buat blog baru di blogspot deh. Caranya? Click New Blog di dashboard itu dan kemudian akan muncul window pop up untuk detail mengenai blog yang kalian inginkan. Apa saja yang perlu diisi? 
langkah membuat blog di blogspot untuk pemula membuat blog baru
 
 

a. Nama Blog 

 
Isi dengan nama blog yang kalian inginkan. Nama blog ini bukan url blog kalian ya tapi nama website seperti dalam blog ini sih antara url dan nama sama yaitu bloggingthroughmyeyes. 
 

b. Url Blog

 
Isi dengan url blog yang diinginkan untuk blog kalian. Ingat lagi tentang tujuan dan tipe blog yang kalian inginkan. Semakin unik semakin oke menurut saya. Misalnya saja kalau ingin menulis soal kuliner Indonesia bisa pakai: kulinerindonesiaasli misalnya. Mudah-mudahan sih tersedia ya. 
 

c. Pilih Template yang diinginkan untuk blog kalian. 

 
Template apapun yang ada dalam window ini masih bisa juga diedit lagi kok nanti. Jadi pilih dulu nanti bisa diupdate lagi. 
 
Kalau sudah selesai mengisi ketiga hal di atas, tinggal click Create Blog dan yes… blog di blogspot pun jadi. 
 

langkah membuat blog di blogspot untuk pemula selesai

Langkah membuat blog di blogspot pun selesai… blog kamu siap digunakan

 
 

Blog Kamu Siap Diisi

Nah itu sih langkah membuat blog di blogspot. Lebih mudah dari membuat blog di wordpress ya? Memang lebih simpel untuk yang ini. Tapi setelah blog di blogspot ini dibuat, masih ada yang harus kalian lakukan, yaitu setting blog. Nah yang ini nanti dibahas terpisah saja ya. 😀 
Masalah menggunakan wordpress atau blogspot adalah masalah pribadi masing-masing. Kalian lebih suka dan nyaman dengan yang mana. Kalau menggunakan blog di blogspot, setidaknya kalian harus siap untuk edit template dan memahami html code sedikit untuk setting blog kamu. Itu aja sih masukan dari saya. See you on next tips – 3 Langkah Mudah Membuat Blog di Blogspot sudah beres.

Tinggalkan Balasan