Konten Konten dan Konten – Demi Traffic Aku Rela… Tapi Capek

Apa sih yang ada di pikiran kebanyakan blogger (yang sudah monetizing blog) – pernah ditanyakan gak? Akan banyak yang menjawab mereka butuh traffic blog tinggi. Dan akhirnya rela tiap hari di depan laptop memikirkan tulisan baru. Setiap hari. Demi konten, konten dan konten. 
 
Salah? Gak kok… 
 
Memang kenyataan. Buat yang monetizing blog, seperti TBI yang pakai Adsense Join dari Mbak Anisa, sudah pasti, traffic blog itu perlu banget. Karena kan logikanya, semakin banyak traffic, peluang yang klik iklan semakin besar. 
 
Ya, walaupun gak otomatis juga ya. Tergantung setting adsense nya sendiri. Sudah optimal apa gak. 
 
Tapi menulis konten tiap hari kan gak gampang. Betul? Mendapatkan ide tulisan tiap hari itu yang susah. 
 

Baca juga: RoundUp Post – Cara Dapat Traffic Tanpa Post Tiap Hari

 
Iya kan? Ide buat nulis tiap hari itu gak gampang kan? Nah berikut ada beberapa tips buat para blogger Indonesia tercinta nih, cara mendapatkan ide post di blog. 
 

Cara Mendapatkan Ide Post di Blog dengan Mudah

 
Yes, tulisan Tips Blogging kali ini akan bahas cara mudah mendapatkan ide tulisan di blog. Sumbernya gak jauh-jauh kok. Dari sekitaran kita sendiri. Dan… tulisan ini TBI ambil dari beberapa sumber tulisan. 
 

Tips Mendapatkan Ide Post #1 – Lihat Sekeliling

 
Cara pertama ini saya ambil dari blog Alexa. Di sana sebenarnya bukan sekeliling, tapi lihat competitor
 
Kalau Alexa menulis seperti itu kan berdasarkan blog luar negeri – yang mana memang monetizing dan menerapkan blog sebagai usaha – si blogger ya wirausaha. 
 
tips mendapatkan ide tulisan di blog
Cara Mendapatkan Ide Post untuk Blog – round post beberapa tulisan lain.
Kalau di sini, jujur… TBI belum melihat arahnya ke sana, sekali pun masing-masing blogger mulai mendapatkan uang dari blog. 
 
Karenanya TBI rubah menjadi lihat sekeliling. 
 
Mengamati apa yang ada di sekeliling kita – manfaatkan panca indera kita sebagai blogger, biasanya akan mendatangkan ide tulisan. 
 

Misalnya saja, kita sedang berada di sebuah restoran kecil tapi nyaman. Dan kemudian melihat seorang pelayan dimarahi konsumen karena menumpahkan minuman. 

 
Kejadian seperti itu ada di sekeliling kita – dan bisa menjadi tulisan. Temanya? Bisa macam-macam. Tergantung kalian mengolahnya sendiri. 
 
Kalau TBI misalnya akan mengangkat kejadian itu dalam konteks seperti tulisan ini – tips mendapatkan ide post untuk blogger. Tapi kalau kamu blogger parenting, bisa menulis misalnya:
 

Mendidik Anak bahwa Uang bukan Segalanya adalah Penting

Akan beda lagi kalau kamu adalah Food Blogger: “Review Resto A: Kenyamanan Terganggu karena Sikap Konsumen Tak Menyenangkan” 

 
Sekalipun kamu adalah sama-sama food blogger, hasil tulisan akan satu kejadian yang sama bisa jadi akan sangat berbeda. Di sinilah kita mengasah kemampuan menulis kita agar menjadi unik. 
 
Baca juga: Alasan Ngeblog
 

#2 Cara Mendapatkan Ide Tulisan dengan Hangout

 
Di saat lagi mandek dengan ide tulisan, ada baiknya kita melepas penat sejenak. Gak usah terlalu mendesak otak untuk berpikir sana sini. Nah tips mendapatkan ide post kedua ini yang diangkat di blog pribadi saya, febriyanlukito.com.
 
Melupakan soal tulis menulis dulu dan hangout saja dengan teman. 
 
cara mendapatkan ide post blog
Kalau kehilangan ide, hangout aja. Siapa tahu dapat ide tulisan lagi nanti
 
Ngobrol gak jelas juntrungan – dari A sampai Z. Lupain aja semuanya dulu. Refreshing otak atau istilahnya
 

Having a Me Time…. 

Nah saat seperti itu, biasanya dari obrolan-obrolan santai itu bisa muncul ide post. Wah.. seru nih kayaknya kalau nulis soal itu. 
 
Misalnya, lagi ngobrolin soal pacar dan mantan. Terus tiba-tiba kepikir jadi pengen nulis soal “Tips Move On dari Mantan Pacar yang Super Ganteng/Cantik“. Atau nulis fiksi soal gempa bumi karena hape bergetar (ini saya alami sendiri). 
 

#3. Research Research Research

 
Dalam beberapa (hampir semua malah) tulisan luar negeri soal Tips SEO, selalu menekankan research. 
 
Lakukan penelitian terlebih dahulu soal kata kunci. 
 
Dari sana baru bisa menerapkan SEO on Page dengan maksimal. Nah kalau kita pun bingung mau nulis apa, salah satu cara mendapatkan ide post yang paling efektif adalah dengan research ini juga. 
 
Ini yang dilakukan oleh Mbak Carolina Ratri saat menggunakan headline generator dalam mendapatkan ide post – kalau istilah mbak Carra sendiri adalah brainstorming mendapatkan tulisan.  
 
cara mendapatkan ide tulisan untuk blog
Research – cara mendapatkan ide post ala Mbak Carra. Image dari carolinaratri.com
 
 
Dengan menggunakan kata kunci yang diinginkan, Hubspot Blog Topic Generator akan memberikan beberapa alternatif judul tulisan. 
 
Dari sana kita bisa kembangkan dalam bentuk tulisan yang kita mau. Nah, saran lagi nih – pakai kata kunci yang memang sesuai dengan passion dan niche masing-masing ya. 
 

Cara Mendapatkan Ide Post #4: Banyak Baca

 
Banyak baca ini bisa diartikan baca buku, baca berita ataupun baca televisi eh salah, maksudnya baca blog alias blogwalking. Tips mendapatkan ide post ini dari mas Dani di blog khusus soal blognya dia. 
 
tips mendapatkan ide post untuk blog
Menurut mas Dani Rachmat, banyak baca itu bisa banget mendatangkan ide post

 

Dia menuliskan bahwa kalau baca buku setidaknya kita akan terpikir menulis review bukunya (setuju!). Atau misalnya pas BW:

 

Baca blog orang, terus baca komen-komennya. Eh tersentil mau komen soal komen itu – tapi kok kayaknya panjang kali lebar. Bikin tulisan aja dah. 

#5. Sumber Ide Post: Tulisan Lama


Nah ini TBI lagi pikirkan dan akan menulis lebih detail lagi soal Re-purposing Old Post. Tapi memang sih, tulisan-tulisan lama sekali pun bisa banget jadi ide tulisan yang baru. 
 
Ada dua opsi setidaknya terkait mendapatkan ide post dari tulisan sebelumnya: 
 
  • Mengupdate tulisan lama itu secara langsung
  • Membuat tulisan baru dengan link ke tulisan lama dan sebaliknya. 
Masing-masing tentunya ada plus minusnya. Dan hal ini TBI lakukan di blog pribadi. Yang mengupdate tulisan lama secara langsung. 
 
Baca juga: Content is The King – Isi Blog yang Dicari Orang
isi blog yang dicari orang - cara mendapatkan ide post
Edit post lama yang ini salah satunya karena ingin merubah gambar dan updating post
 
Tulisan soal Content is The King ini ternyata sudah beberapa tahun lalu. Dan TBI merasa isinya masih valid tapi ada beberapa yang bisa ditambahkan atau dikurangkan. 
 
TBI biasanya mengedit: Gambar, Heading dan Subheading, alt image untuk SEO dan juga update terbaru terkait dengan post tersebut. 
 

Di TBI sendiri juga sudah beberapa kali lakukan – salah satunya tulisan Tentang Mendaftarkan Blog di Alexa, yang per Juni 2016 kemarin sudah tidak bisa lagi claim blog secara gratis – harus bayar. Setelah melakukan update, tulisan soal Alexa itu pun naik menjadi tulisan populer.  

Kesimpulan


Dari ke-5 cara mendapatkan ide post di atas, semuanya sebenarnya sangat bisa dilakukan oleh siapa pun. Apalagi yang edit postingan lama – tul? Dan akhirnya akan mendatangkan traffic blog juga. 

Tapi cara mendapatkan ide post untuk blog di atas gak akan berguna kalau kitanya sendiri memang malas menulis ya. 

 

13 Comments

Tinggalkan Balasan