Update: Efek Perubahan Blogspot Com ke Blogspot Co id

Categories: Tips Blogging
10 Comments
Ada yang perhatikan gak sih kalau domain blogspot kalian berubah? Ini buat yang masih pakai gratisan seperti saya ya, kalau buat yang dah pakai TLD – Top Level Domain sih tidak ada perubahaan apa-apa. Walaupun misalnya untuk TLD kalian menggunakan blogspot sebagai platform blogging, tidak akan ada merasakan efek perubahan blogspot.com ke blogspot.co.id


Tapi buat yang masih menggunakan blogspot gratisan, ada beberapa efek dari perubahan domain blogspot ini. Sebelum membahas soal pengaruh perubahan domain itu, saya ingin bahas sedikit mengenai alasan dilakukannya perubahan domain dari com ke co.id oleh blogspot. Perubahan ini sendiri terjadi tepat tanggal 3 September 2015, di kala Google juga melakukan perombakan logo mereka masih hangat dibicarakan. 


Alasan Perubahan Blogspot.com ke Blogspot.co.id


Sebenarnya masalah perubahan domain dot com ke dot id untuk blogger ini sudah lama dibahas, yaitu sejak tahun 2012. Tapi baru terlaksana tepat tanggal 3 September 2015 kemarin, sedangkan untuk Jepang sendiri sudah menggunakan domain jp sejak lama ataupun Jerman dengan dot de nya. Blogspot.com hanya akan digunakan untuk Amerika saja. 

Google memang sudah terkenal sangat menyukai basis lokasi untuk setiap produknya. Dan sangat menjunjung aturan yang ada di masing-masing negara. Karena itulah Google memberlakukan hal ini. Dengan adanya perubahan ini, satu hal yang paling pasti, menurut Google, adalah setiap akun blogger kita nantinya akan menyesuaikan dengan lokasi kita berada. Jadi kalau kita berada di Indonesia, akun blogger kita akan menjadi co.id sedangkan kalau kita mengaksesnya di Amerika, akan menjadi .com. 


Efek Lebih Lanjut Perubahan Domain Blogger Dari .Com ke .Co.ID


Selain perubahan mengenai lokasi saat kita mengakses blog kita, ada beberapa hal lain yang terkena imbas dari perubahan dari blogspot.com ke blogspot.co.id ini, yaitu

Alexa Rank Akan Berubah – Menjadi Gemuk

efek perubahan blogspot.com ke blogspot.co.id
Alexa Rank Blogspot.co.id
Mengingat domain blogspot.co.id ini adalah domain baru, otomatis Alexa Rank dari domain ini masih sangat besar. Data per 4 September 2015 jam 17:10 WIB, Alexa Rank untuk blogspot.co.id adalah 4,116,262 untuk Global Rank Alexa dan 64,800 untuk Indonesian Rank Alexa. Coba bandingkan dengan Alexa Rank blogspot.com yang secara global di posisi 20 ataupun blogspot.jp yang berada di ranking 540. 

Hal ini tentunya berimbas juga pada Alexa Rank blog yang menggunakan platform gratis blogspot.com ini. Misalnya saja Alexa Rank Blogging Indonesia ini kemarin saat menggunakan blogpsot.com adalah 2,725,980 secara global. Namun saat dicoba dengan alamat blogspot.co.id, masih belum terdaftar. 

Iklan Google Adsense Tidak Tampil


Memang saat ini Blogging Indonesia masih belum berhasil untuk bergabung dalam Google Adsense. Namun dari yang saya baca, ternyata efek dari perubahan domain dot com ke dot co id oleh blogspot ini membuat para peraup dollar lewat blog mengalami masalah. Iklan Google Adsense mereka tidak muncul. 

Untuk mengatasi masalah ini, para pemilik akun Google Adsense dengan blogspot.co.id dapat mengirimkan klaim ke Google bahwa alamat blog dengan domain co.id sehingga klik pada iklan nanti diakui. Selain tentunya menunggu 2 x 24 jam agar iklan muncul (seharusnya besok sih sudah bisa ya). 

Terus Bagaimana Mengatasi Perubahan Blogspot.com ke Blogspot.co.id 

Mungkin sekarang bingung bagaimana mengatasi perubahan blogspot ini dan efek-efeknya itu. Sebenarnya sih kita hanya perlu duduk dan menunggu saja karena Google pasti akan melakukan yang terbaik untuk kita. Bahwa domain blogspot.co.id pastinya nanti juga akan masuk dalam list Alexa Rank yang teratas kok. 

Tapi kalau kalian tidak sabaran, bisa kok edit HTML blog kalian agar tidak pindah ke blogspot.co.id. Teknik ini sendiri sebenarnya tidak dianjurkan sih, apalagi mengingat tujuan Google melakukan perubahan ini karena ingin mematuhi aturan masing-masing negara. Kalau kalian penasaran bisa dibaca di Blog Struktur Kode ini. 

Nah kira-kira itu sih efek perubahan blogspot.com ke blogspot.co.id, apakah kalian termasuk yang kena imbas Google Adsense di atas? 

Update: Sekarang semua balik lagi ke com kembali (09.09.2015)


10 Comments

Tinggalkan Balasan