Tips: Ngeblog Gak Tiap Hari Tapi Dapat Traffic Terus

Categories: Tips Blogging
23 Comments
Tips Blogging Indonesia kali ini mau menulis tentang tips mendapatkan traffic blog tanpa posting rutin. Tips ini sendiri sudah pernah ditanya di FB Page TBI. Nanti akan ada beberapa hal lain kok yang akan dishare di sana dan juga mungkin event. 
 
Membuat blog itu bisa sangat melelahkan, apalagi kalau kita ngeblog sudah tiap hari – bahkan sehari bisa lebih dari satu post dan cuma mendapatkan traffic blog yang segitu-segitu aja. Kalau kita gak share post blog kita, gak akan ada yang berkunjung dan traffic blog kita turun. 
 
Baca juga: Tips Menulis di Tulisan Blogger Indonesia
 
Merasakan kayak gitu gak? 

 

gak ngeblog tiap hari

Capek kan kalau ngeblog tiap hari dah gitu traffic gitu-gitu aja

 

 

Nah berikut ini tips mendapatkan traffic blog tanpa posting rutin tiap hari alias ngeblog gak tiap hari tapi traffic tetep ada… 

 

 

Tips Mendapatkan Traffic Blog Tanpa Posting Rutin Tiap Hari (Belajar dari Webinar)

 
Tips blogging soal traffic blog ini saya dapatkan dari hasil ikut webinar salah satu master blog di luar negeri sana. Dia sendiri sudah melakukannya dan membuktikannya. 
 
5 Tahun pertama, Sue Ann sendiri merasakan yang namanya tiap hari posting di blognya tapi kok tidak mendapatkan yang dia harapkan. Baik dari segi traffic blog maupun dari uang yang didapat dari kegiatan ngeblog dia. 
 
Sampai akhirnya dia menemukan cara ini dan hasilnya dia berhasil mendapatkan traffic blog tanpa posting rutin tiap hari. Menurutnya, hanya perlu seminggu sekali atau dua kali. Bahkan posting sebulan sekali juga sudah bisa. 
 
Nah, yang paling pertama perlu ditanyakan adalah:
 

Apa tujuan kamu ngeblog? Dan apakah kamu punya strategi mendapatkan uang dari blog? 

 
Setidaknya itu yang ditanyakan dan saya pun langsung diam dan sedih sendiri karena tidak punya jawaban yang kedua. 
 
Menurut Sue Ann: 
 

Setinggi apapun kita mendapatkan traffic blog (tanpa posting rutin ataupun posting rutin), kalau gak punya strategi ini bisa bikin ngeblog kita gagal. 

Nah hal ini sebenarnya pernah saya tuliskan di Blogger Kekinian – Cara Mendapatkan Traffic Blog Yang Tinggi Namun kalau baca komen-komennya itu tidak ada yang bertanya soal strategi ini. 
 
Tapi kemudian, Sue Ann memberikan tips blogging nya soal cara mendapatkan traffic blog tanpa harus posting tiap hari. Berikut ini caranya:


1. Memilih Niche Blog yang Jelas

 
Kenapa menurut dia harus memilih Niche Blog ini? Karena dengan demikian seorang blogger bisa tahu pasti siapa pembaca blog mereka dan bagaimana menarik audience untuk membaca blog. 
 
Karena kalau audience tahu blog kita tentang apa, tanpa diminta pun mereka akan ingat dengan blog kita dan akan langsung datang. 
 
Contohnya saja: Kalau niche blog kita adalah travel blog, pembaca juga sudah tahu kira-kira akan ke sana kalau lagi butuh informasi soal traveling. Betul? Berbeda kalau kita membuat blog lifestyle alias gado-gado yang semuanya ada. Sampai kadang bingung ini tentang apa sih? 
 
Hal ini saya alami di blog febriyanlukito kok.


2. Post yang Memang Dicari Pembaca

Dengan niche blog yang jelas, kita juga bisa mengarahkan postingan kita loh. Mencari keyword long-tailed yang tepat untuk post akan jauh lebih mudah. Dan kita benar-benar bisa addressing masalah yang dihadapi pembaca. 
 
Jika pembaca merasa terbantu dengan tulisan kita, mereka dengan otomatis akan merekomendasikan kalau ada temannya yang mengalami hal yang sama. Percaya deh. 
 

Kekuatan word of mouth itu sangat penting.

ngeblog rutin tapi traffic kecil

Kalau ngeblog gak tiap hari kan bisa kayak gini

3. Rahasia Utama Mendapatkan Traffic Blog tanpa Posting Tiap Hari

 
Nah ini rahasia utama Sue Ann dalam mendapatkan Traffic Blog tanpa posting rutin. Yaitu 
 

Membuat Round Up Post

Round up post adalah tulisan yang berisikan daftar hal-hal yang memang dicari dan dibutuhkan. Bahkan membuat round up post ini kita gak perlu pusing mencari isi tulisannya. 
 
 
Dah bisa menyimpulkan round up post ini? 
 
Intinya kita mencari info dari orang-orang yang memang sama dengan niche kita dan membuat ringkasan atas hal itu. Isi kontennya kan artinya dah dapat tuh. Tinggal rekap doang. *kayak gampang banget yakk*
 

Cara Mendapatkan Round Up Post untuk… 

 
Mendapatkan traffic blog tanpa posting rutin ataupun share di sosial media kita itu menurut Sue Ann gampang. Cara mendapatkan round up postnya seperti gambar berikut:

Dengan membuat round up post – kita bisa mendapatkan traffic blog

tanpa posting rutin alias ngeblog gak tiap hari

Intinya:
1. Bikin daftar blogger yang niche blognya sama dengan kalian
2. Tanya ke mereka 1 pertanyaan saja
3. Rekap
4. Jangan lupa kasih link ke blog mereka dan publish
 
Biasanya mereka akan senang membantu dan menyebar link post kita. Simpel kan? Well… tergantung kamu melihatnya ya. 😀 
 
Round up post ini juga yang sebenarnya model tulisan viral loh. 
 
Susah gak?
 
Jadi… susah gak menurutmu mendapatkan traffic blog tanpa posting rutin dan sharing terus. Mau coba? Silakan ya… Kalau mau diskusi soal blog ataupun pertanyaan lainnya, bisa kontak saya di Fanpage Blogging Indonesia

23 Comments

Tinggalkan Balasan