Apa Yang Baru di WordPress 4.3

No Comments
Bagi yang menggunakan self-hosted blog wordpress pasti menerima notifikasi untuk mengupdate wordpress kalian ke WordPress 4.3. Sudah diupadte belum? Kalau masih belum dan bertanya-tanya apa yang baru di WordPress 4.3 yang diberi nama Billie ini, ada baiknya baca-baca dulu tulisan ini. Apa saja yang baru di WordPress 4.3. Blogging Indonesia mau bagi infonya di sini. 

Penamaan versi WordPress 4.3 


Sebelum ke isi update wordpress 4.3 apa aja, kenalan dikit yuk sama update versi wordpress 4.3 ini. Sama seperti update versi operating system lainnya, seperti android – sepertinya sekarang ini penggunaan nama versi update lebih sering digunakan ya. Namanya adalah Billie, diambil dari nama penyanyi Jazz – Billie Holiday

Yang baru di WordPress 4.3


Nah baru deh kita masuk ke ada update apa saja di wordpress terbaru ini (rilis Agustus 2015). Ada beberapa fitur yang ditambahkan atau diupgrade oleh wordpress.org yang tidak hanya meningkatkan kenyamanan dari sisi wordpress tapi juga dari sisi kita sebagai pengguna. Yuk, kita lihat detail fitur yang dimaksud:

1. Edit Menu di Customizer

Bagi pengguna wordpress pasti tahu customizer yang dimaksudkan di sini, yup untuk edit theme tampilan blog kita. Dari menu Appearance – Customize kita biasanya diarahkan ke halaman edit template blog yang kita pakai, seperti dalam foto di bawah ini. 

yang baru di wordpress 4.3 menu customizer
Customizer di WordPress (Febriyan Lukito)

Nah selama ini ada satu kekurangan yang dirasakan (saya sih merasa gitu ya, gak tahu kalau Mas Anang – eh Mas Anang ada main blog juga gak sih?), yaitu gak bisa edit menu blog atau website langsung di halaman customizer ini. Jadi kalau kita mau menambahkan atau mengurangi menu di website atau blog kita, harus masuk ke WP Admin Dashboard – Appearance – Menu. 

Di sana kita edit dulu menu yang kita inginkan dan kemudian pas di Customizer baru deh kita pilih nama Menu yang kita ingin tampilkan di blog atau website kita. Di update terbaru wordpress 4.3 ini, sekarang kita bisa edit langsung menu di customizer. Gak perlu bolak balik lagi. Yayyy. 

yang baru di wordpress 4.3 menu customizer update
Gak perlu bolak balik, cukup di customizer aja (foto dari wordpress.org)


2. Site Icon Favicon


Ada yang tahu site icon atau favicon itu apa? Itu tuh, yang logo kecil di tab browser kalian. Kalau di blogspot itu logonya pasti B dengan background oranye, kalau wordpress pasti W dengan background biru muda gitu. Nah, kalau di blogspot sendiri Site Icon dan Favicon sudah sejak lama bisa diupload beda dengan wordpress self-hosted yang baru saja. 

yang baru di wordpress 4.3 site icon
Site Icon


Yang baru di wordpress 4.3 ini sekarang memungkinkan kita untuk upload site logo dan juga favicon di blog atau website kita – tidak lagi tergantung pada themes yang kita gunakan. Sudah ada dalam customizer juga. 


3. Better Password Security


Pernah lupa password wordpress kalian gak? Saya pernah dan saat klik forgot password di menu login, saya akan mendapatkan password baru di email. Nah sekarang ini ada update masalah keamanan login di wordpress. Jadi kalau sekarang lupa password, yang dikirimkan ke email bukan lagi passwordnya tapi adalah link reset password. 

yang baru di wordpress 4.3 keamanan password reset
Keamanan Password


Saya sih suka dengan yang baru di wordpress 4.3 soal password security ini. Kan berabe kalau email soal password itu dibaca orang lain kan? Apalagi kayaknya pacar sering buka-buka hape kalian kan – bukan curcol loh ya. 

4. Shortcut Dalam Editor Tulisan


Update terakhir ini yang saya suka banget. Yaitu adanya shortcut untuk kita pas membuat postingan alias tulisan di editor page kita. Bagi yang pakai self-hosted dan menerapkan SEO-SEO gitu, pasti merasa penting yang baru di wordpress 4.3 ini. 

Bayangkan aja sekarang kalau mau bikin Heading (H2 atau H3 atau H4 – H6), ribet banget – atau mungkin karena sayanya yang kurang pengalaman ya. Selama ini saya harus buka tab text di editor dan kemudian edit tulisan saya sebelumnya dan masukkan kode <h2> Tulisan </h2> kalau mau menjadikan tulisan saya sebagai heading 2. 

Nah sekarang itu lebih simpel – gampang banget. Shortcutnya udah ada, tinggal kita ketik # kalau mau Heading 1 atau ## kalau mau bikin H2. Coba deh lihat video dari wordpress ini untuk shortcut terbaru di wordpress 4.3. 


Makin seru aja sih menurut saya dengan update terbaru dari wordpress ini. Jadi bisa banyak hal yang dipermudah oleh wordpress. Kalau mau download wordpress 4.3 terbaru ini bisa kalian klik di sini. 

Nah, gimana? Mau update ke wordpress 4.3 gak setelah tahu ada apa yang baru di wordpress 4.3 alias Billie ini?  

Tinggalkan Balasan