Tips Blogging

Memahami Dofollow Dan Nofollow Link & 3 Cara Mendapatkan Backlink Dofollow untuk Blog

Backlink adalah sesuatu yang biasa dilakukan oleh blogger dalam setiap post atau tulisan yang mereka buat. Backlink sendiri artinya adalah memberikan link ke situs lain (outbound link) dengan anchor text tertentu.

Misalnya saja dalam tulisan memahami dofollow dan nofollow link kali ini saya akan memberikan internal backlink ke tulisan sebelumnya mengenai long-tailed keyword yang sekarang dianggap sebagai tools yang lebih baik untuk SEO dibandingkan short keyword. 

Nah, untuk link ini sendiri, ada 2 (dua) atribut yang biasa digunakan, yaitu Dofollow dan Nofollow. Keduanya memiliki fungsi berbeda dalam hal SEO.

 

memahami dofollow dan nofollow link dan efeknya
<a href…. itu adalah link tanpa embel-embel nofollow di belakang, artinya link tersebut dofollow

 

Pengertian Link Dofollow dan Nofollow


Sebelum membahas lebih dalam mengenai dofollow dan nofollow attribute dalam backlink, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu link dofollow dan nofollow ya. 

dampak dan cara menanam link dofollow dan nofollow
Pengertian Nofollow link

Link DoFollow adalah link yang meminta Google Robots dan search engine lainnya untuk mengikuti website yang dimasukkan dalam link tersebut. Dengan kata lain, robot pencari akan menggunakan link yang ada dalam postingan sebagai salah satu yang harus diindex oleh mereka. 

Nah, saat saya memberikan link ke tulisan sebelumnya itu, yang saya lakukan adalah memberikan link dofollow, karena saya tidak melakukan edit apapun terhadap link tersebut.

Cara paling mudah mengingat link jenis dofollow adalah ketika memberikan link tanpa merubah apapun, hanya insert link, itu biasanya adalah dofollow. Apalagi di wordpress.  

Atau seperti pada gambar kecil di atas (mudah-mudahan sih kelihatan ya), tulisan berupa: 

<a href:”http://bloggingthroughmyeyes.blogspot.com/2015/07/cara-mendapatkan-keyword-yang-bagus-untuk-blog.html”> long-tailed keyword </a>

 

 

Sedangkan link nofollow artinya link yang meminta search engine robots untuk jangan mengikuti website yang ada dalam link tersebut. Dengan demikian, robot-robot pencari itu akan mengabaikan dan tidak menganggap link tersebut dalam membuat index untuk pencarian. 

Dampak Link DOFOLLOW dan NOFOLLOW

 

memahami dofollow dan nofollow link
Cara Setting Nofollow link di Blogspot

Dalam hal SERP – Search Engine Result Page, link dofollow memiliki nilai yang sangat tinggi karena link tersebut mengarahkan robots pencari untuk memasukkannya dalam perhitungan posisi website tercantum dalam halaman pencarian. 

Jadi semakin banyak link DOFOLLOW, artinya akan semakin besar kemungkinan post atau page dari website tersebut masuk dalam halaman 1 mesin pencari.

Tentunya hal ini juga tergantung pada keyword yang digunakan dalam mencari. Misalnya saja dalam contoh di atas, Title yang digunakan adalah long-tailed keyword. 

Baca juga: Mendapatkan Uang dari Blog


Kalau SEO on page yang digunakan sudah tepat, setiap orang yang mencari di website (google, yahoo, bing, ask, dan mesin pencari lainnya) dengan kata-kata: “long-tailed keyword”, akan mengarah pada website kita.

Namun karena post kita tentang long-tailed keyword diberikan nofollow attribute, maka mesin pencari akan melupakan post kita tersebut dan tidak meningkatkan peringkat post kita saat pencarian menggunakan keyword itu. 

Dengan kata lain, jika ada penggunaan keyword tersebut, yang sangat berpengaruh ya DA & PA blog kita ditambah dengan setting SEO dalam postingan kita sendiri. 

Menanamkan Linkback di Website dengan DA & PA Tinggi


Cara menanamkan link di website yang domain authority tinggi, apalagi link dofollow dianggap sebagai salah satu cara yang sangat efektif dalam meningkatkan rating kita oleh mesin pencari. Namun cara ini bukanlah cara yang mudah. 

Website yang memiliki DA & PA tinggi biasanya adalah website pemerintahan (.gov dan .org), website pendidikan (.edu) namun mereka biasanya menutup kemungkinan untuk menanamkan link dofollow di website itu.

Karena itu biasanya dilakukan dengan cara hitam menanamkan link – Sangat tidak dianjurkan loh… bisa-bisa website kita sendiri jadi diblacklist. 

Selain itu banyak yang menawarkan jasa backlink dengan harga-harga tertentu – biasanya sih link dofollow (ya iyalah, kalau yang dijual nofollow, siapa yang mau beli). Nah untuk yang ini saya sendiri sih belum pernah mencoba dan gak berminat juga untuk mencobanya. Hal ini pun juga tidak dianjurkan oleh Google Guideline.

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow untuk Blog

[Update 2018] Backlink dalam tulisan ini maksud saya adalah backlink dari blog atau situs luar ke blog kita ya. Bukan dari blog kita ke luar.

Cara paling umum dianjurkan oleh blogger luar negeri seperti Shoutmeloud, Problogger adalah dengan:

1. Guest Posting

Membuat tulisan untuk blog lain yang mengijinkan kita untuk memasukkan setidaknya 1 link ke blog kita. Caranya? Well nanti kali ya saya tulis terpisah cara membuat guest posting yang baik gimana. Tapi intinya sih, kita harus pastikan dulu kalau blog itu menerima Guest Posting dan mengijinkan link itu.

Kamu bisa baca tulisan Mengapa Blogger Perlu Guest Posting ini juga loh.

2. Menulis di Forum

Menulis di forum pun juga harus perhatikan benar-benar ya. Ada forum yang mengijinkan kita untuk memasukkan link ke blog kita ada juga yang gak. Seperti Kaskus, secara aturan tidak diperkenankan. Medium juga bisa jadi opsi kita untuk mendapatkan backlink dofollow yang akan menaikkan Domain Authority kita.

3. Merepurpose Tulisan Kita

Repurpose? Itu salah satu cara untuk mendapatkan traffic tambahan untuk blog kita. yaitu dengan merubah bentuk tulisan kita dalam beberapa bentuk lainnya, seperti dalam bentuk infografis, powerpoint (slideshare) dan lainnya. Ini juga cara mendapatkan backlink dofollow untuk blog kita.

Kesimpulan

Nah, setelah memahami dofollow dan nofollow link ini, semua kembali ke masing-masing untuk memutuskan. Apakah mau menggunakan dofollow atau nofollow. Saya pribadi sih, untuk febriyanlukito.com ingin sekali kembali ke blogging jaman dulu saat saya belum paham Alexa Rank, SEO, dan link seperti ini – jadi boleh dofollow di sana. 

Kalau ada yang mau share tulisan di febriyanlukito.com, monggo loh. Saya buka guest post di sana dengan dofollow. 

Sumber: shoutmeloud.com
Bacaan untuk anda: Waroong Net Tips and Trick

44 Comments

  1. tekno grapia 16 April 2020
  2. Toko Bunga Bandung 10 Februari 2020
  3. Rio VesKom 7 Februari 2020
  4. halim 15 Januari 2020
  5. Download MP3 9 September 2019
    • febriyanlukito 26 September 2019
  6. hotel di puncak bogor 23 Mei 2019
  7. Topikit 25 Februari 2019
    • febriyanlukito 25 Februari 2019
  8. lijon leo limbong 20 November 2018
  9. Passport Status 1 Agustus 2016
  10. Catur guna 17 Maret 2016
  11. Tulisan Blogger Indonesia 5 Januari 2016
  12. Tulisan Blogger Indonesia 5 Januari 2016
  13. Uwi 5 Januari 2016
  14. Blogail 2 Januari 2016
  15. anotherorion 31 Desember 2015
  16. TulisanBloggerIndonesiaCom 17 Desember 2015
  17. Timothy W Pawiro 17 Desember 2015
  18. Febriyan Lukito 17 November 2015
  19. Febriyan Lukito 17 November 2015
  20. Febriyan Lukito 17 November 2015
  21. Akarui Cha 17 November 2015
  22. duduul 8 November 2015
  23. Dani Rachmat Kurniawan 28 Oktober 2015
  24. Nadia Khaerunnisa 28 Oktober 2015
  25. Catatan #PikiranRandom 18 Oktober 2015
  26. Catatan #PikiranRandom 18 Oktober 2015
  27. Catatan #PikiranRandom 18 Oktober 2015
  28. Nadia Khaerunnisa 18 Oktober 2015
  29. damarojat 18 Oktober 2015
    • prime minister of india 14 Desember 2016
      • TBI 17 Desember 2016
  30. Hidayah Sulistyowati 18 Oktober 2015
  31. Febriyan Lukito 18 Agustus 2015
  32. Febriyan Lukito 18 Agustus 2015
  33. Gara P W 18 Agustus 2015
  34. Oline 18 Agustus 2015

Leave a Reply