Memahami Dofollow Dan Nofollow Link

Categories: Tips Blogging
29 Comments
Backlink adalah sesuatu yang biasa dilakukan oleh blogger dalam setiap post atau tulisan yang mereka buat. Backlink sendiri artinya adalah memberikan satu keyword atau kata yang ada dalam tulisan kita ke satu website lainnya. Misalnya saja dalam tulisan Memahami Dofollow dan Nofollow Link kali ini saya akan memberikan link back ke tulisan sebelumnya mengenai long-tailed keyword yang sekarang dianggap sebagai tools yang lebih baik untuk SEO dibandingkan short keyword. 

efek nofollow link atau nofollow tag dalam tulisan
<a href…. itu adalah link tanpa embel-embel nofollow di belakang, artinya link tersebut dofollow

Pengertian Link Dofollow dan Nofollow


Sebelum membahas lebih dalam mengenai dofollow dan nofollow attribute dalam backlink, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu link dofollow dan nofollow ya. 

dampak dan cara menanam link dofollow dan nofollow
Pengertian Nofollow link

Nah, saat saya memberikan link ke tulisan sebelumnya itu, yang saya lakukan adalah memberikan link dofollow, karena saya tidak melakukan edit apapun terhadap link tersebut. Cara paling mudah mengingat link jenis dofollow adalah ketika kita memberikan link ke website atau blog atau tulisan lainnya tanpa edit, artinya adalah link dofollow. 

Atau seperti pada gambar kecil di atas (mudah-mudahan sih kelihatan ya), tulisan berupa: 

<a href:”http://bloggingthroughmyeyes.blogspot.com/2015/07/cara-mendapatkan-keyword-yang-bagus-untuk-blog.html”> long-tailed keyword </a>

Jika diperhatikan link di atas tidak memiliki atribut nofollow atau yang biasa disebut dengan nofollow tag di dalam HTML link tersebut. Hal ini artinya link yang diberikan Anchor Text – long-tailed keyword di atas adalah linkback dofollow.  

Link DoFollow adalah link yang meminta Google Robots dan search engine lainnya untuk mengikuti website yang dimasukkan dalam link tersebut. Dengan kata lain, robot pencari akan menggunakan link yang ada dalam postingan sebagai salah satu yang harus diindex oleh mereka. 

Sedangkan link nofollow artinya link yang meminta search engine robots untuk jangan mengikuti website yang ada dalam link tersebut. Dengan demikian, robot-robot pencari itu akan mengabaikan dan tidak menganggap link tersebut dalam membuat index untuk pencarian. 

Dampak Link DOFOLLOW dan NOFOLLOW


memahami dofollow dan nofollow link
Cara Setting Nofollow link di Blogspot

Dalam hal SERP – Search Engine Result Page, link dofollow memiliki nilai yang sangat tinggi karena link tersebut dianggap link hidup yang akan dimasukkan oleh robots pencari dalam perhitungan posisi website tercantum dalam halaman pencarian. 

Jadi semakin banyak link DOFOLLOW, artinya akan semakin besar kemungkinan post atau page dari website tersebut masuk dalam halaman 1 mesin pencari. Tentunya hal ini juga tergantung pada keyword yang digunakan dalam mencari. Misalnya saja dalam contoh di atas, Title yang digunakan adalah long-tailed keyword. 

Baca juga: Mendapatkan Uang dari Blog


Kalau SEO on page yang digunakan sudah tepat, setiap orang yang mencari di website (google, yahoo, bing, ask, dan mesin pencari lainnya) dengan kata-kata: “long-tailed keyword”, akan mengarah pada website kita. Namun karena post kita tentang long-tailed keyword diberikan nofollow attribute, maka mesin pencari akan melupakan post kita tersebut dan tidak meningkatkan peringkat post kita saat pencarian menggunakan keyword itu. 

Dengan kata lain, jika ada penggunaan keyword tersebut, yang sangat berpengaruh ya DA & PA blog kita ditambah dengan setting SEO dalam postingan kita sendiri. 

Menanamkan Linkback di Website dengan DA & PA Tinggi


Cara menanamkan linkback di website yang DA & PA-nya tinggi, apalagi link dofollow dianggap sebagai salah satu cara yang sangat efektif dalam meningkatkan rating kita oleh mesin pencari. Namun cara ini bukanlah cara yang mudah. 

Website yang memiliki DA & PA tinggi biasanya adalah website pemerintahan (.gov dan .org), website pendidikan (.edu) namun mereka biasanya menutup kemungkinan untuk menanamkan link dofollow di website itu. Karena itu biasanya dilakukan dengan cara hitam menanamkan link – Sangat tidak dianjurkan loh… bisa-bisa website kita sendiri jadi diblacklist. 

Selain itu banyak yang menawarkan jasa backlink dengan harga-harga tertentu – biasanya sih link dofollow (ya iyalah, kalau yang dijual nofollow, siapa yang mau beli). Nah untuk yang ini saya sendiri sih belum pernah mencoba dan gak berminat juga untuk mencobanya. 

Cara paling aman menanamkan backlink dofollow adalah dengan blogwalking ke blog teman-teman kita. Tentunya blogwalking dan meninggalkan comment ya. Kalau hanya BW saja sih gak akan berpengaruh. 😀 

Nah, setelah memahami sekilas tentang link dofollow dan nofollow ini, semua kembali ke masing-masing untuk memutuskan. Apakah mau menggunakan dofollow atau nofollow. Saya pribadi sih, untuk febriyanlukito.com ingin sekali kembali ke blogging jaman dulu saat saya belum paham Alexa Rank, SEO, dan link seperti ini – jadi boleh dofollow di sana. 

Kalau ada yang mau share tulisan di febriyanlukito.com, monggo loh. Saya buka guest post di sana dengan dofollow. 

Sumber: shoutmeloud.com
Bacaan untuk anda: Waroong Net Tips and Trick

29 Comments

Tinggalkan Balasan