5 Element dalam Blog dan Tips Penerapannya Versi TBI

Categories: Tips Blogging
8 Comments

Saya ini kadang memang iseng sih. Kalau lagi blogwalking itu suka nyari topik tertentu di blog itu, gak hanya yang ada di homepageapalagi kalau di home isinya post event semua.

Terkadang saya cari dengan kata-kata tertentu di blog itu ataupun cari menggunakan navigasi – atau kategori yang ada. Tapi ada juga blog yang saya kunjungi tidak memiliki keduanya.

Jadi bingung deh… Makanya akhirnya nulis ini, menurut saya, yang harus ada di blog itu apa aja sih. Termasuk di dalamnya sih tombol search – salah satunya ya.

Sekali lagi, ini menurut saya – bisa aja kalian gak setuju. Kalau gak setuju, menurut kalian apa aja dong?

yang harus ada di blog

Yang harus ada di Blog – Tips terkait masing-masing

Yang Harus Ada di Blog

Saya sendiri memang belum mengecek apakah ini ada di dalam bagian website design yang baik tapi lebih kepada saya sebagai user sih berharap adanya hal-hal ini.

1. About Me

Dalam tulisannya – Profil Blogger, Mbak Indah Juli menekankan pentingnya halaman ini agar orang tahu siapa dirimu. Hal ini termasuk hal yang harus ada di blog menurut saya.

Saya pun beberapa kali kesulitan mencari tahu tentang orang behind the site – blogger siapa sih ini? Kadang nemu ada halaman About Me tapi pas saya klik ternyata default bawaan template (terutama yang pakai blogspot).

Pernah juga sedang membantu teman yang lagi butuh blogger untuk job review – tapi karena gak ada halaman ini, saya pun bingung mau kontak ke mana. Cari halaman kontak pun gak ada.

Tips Terkait About Me – Halaman ataupun Sidebar

Kalau saya pribadi, gak melihat harus ada halaman khusus. Bisa aja dengan menggunakan sidebar seperti gambar di bawah ini – blognya Mbak Handdriati. Tapi ya harus lengkaplah isinya di sidebar itu.

Berhubung saya ini orangnya malu-malu, gak suka nampang di halaman muka blog, jadilah saya masukkan ke halaman About Me atau Tentang.

elemen penting dalam blog

About Me di Sidebar ala Mbak Handdriati – hal yang harus ada di blog

Intinya sih, di halaman itu hendaknya memuat informasi berikut:

  1. Siapa dirimu
  2. Kenapa memilih domain itu
  3. Kenapa kamu ngeblog
  4. Tentang apa sih blog itu
  5. Kontak kamu sebagai blogger.

Kalau mau baca lebih lengkap bisa cek tulisan Mbak Yo nih (dalam bahasa Inggris ya): 5 Tips for Pimping About Me Page.

2. Disclosure

Oke… buat halaman yang ini masih banyak Blogger Indonesia yang merasa tidak perlu membuatnya. Menurut saya, halaman Disclosure atau Disclaimer ini sih salah satu yang harus ada di blog.

Kenapa?

Ingat tentang Trend SEO 2017 – bahwa salah satu faktornya adalah tentang kenyamanan pembaca. Memang penekanannya di artikel itu adalah terkait mobile friendliness. Tapi…

Di sisi lain, menurut saya pribadi, sebagai blogger dan juga pembaca blog, saya ingin tahu mana yang merupakan Sponsored Post mana yang bukan. Apalagi kalau kamu sudah monetasi blog.

Tujuannya sih agar user experience nya lebih didapat dan mereka pun tidak salah dalam mengambil keputusan terkait tulisan kita di blog.

Kemarin saat saya post di Facebook, ada satu komentar, dari Mbak Lusi Tris yang saya suka.

Kamu gak mau kan pembaca setia kamu kecewa dan meninggalkan blog kamu? Halaman ini salah satu hal yang harus ada di blog karena halaman ini menunjukkan niatan blogger dalam memberi informasi.

Tips Terkait Disclosure/Disclaimer

Ada juga komentar yang mengatakan bahwa saya pasang dengan tag “Adv”. Nah… memang hal ini juga secara gak langsung menyatakan bahwa post tersebut adalah Sponsored Post.

Ada baiknya juga menggunakan ini – saya pun menggunakannya di blog Sharing, Caring & Enriching Others itu kok. Dan kalau saya nego dengan brand, saya biasa tanya, boleh gak dengan judul [Adv] untuk menandakan kalau itu sponsored post. 

Kalau untuk di TBI ini, saya memang belum ada sponsored post, tapi sudah saya siapkan Halaman Disclaimer & Policy nya. Kenapa saya tetap bikin halaman ini?

Biar semua yang ke sini pun tahu, ciri post yang mengandung sponsor di blog ini seperti apa. Siapa tahu saya khilaf dan lupa gitu.

Beberapa halaman Disclosure yang bisa kamu cek untuk contoh:

  1. Mbak Indah Julianti – Gak perlu panjang lebar, gambar pun bisa.
  2. Mbak Lusi Tris – Di sini mbak Lusi menjelaskan detail tentang konten, kompensasi dan juga data.
  3. Mbak Handdriati – Tak panjang, tapi dijelaskan kalau blog itu mendapatkan uang dari Adsense dan sponsored post dibuat berdasarkan pengalaman.
  4. Mas Dani Rachmat – menyebutkan bahwa tulisan sponsor adalah dengan Advertorial.

Penerapannya? Well, saya kembalikan sajalah ke kalian masing-masing.

3. Navigasi yang Terstruktur

Dan… clickable. Terstruktur di sini maksudnya adalah yang memudahkan orang untuk mencari nantinya. Kalau misalnya nih, orang ingin mencari tentang Tips Blogging di TBI ini, ya tinggal klik Tips Blogging.

Kalau saya ada menulis bagian dari tips terkait dunia blogging yang lebih spesifik lagi – dan banyak (lebih dari 1 post), akan saya buatkan sub-kategori.

Seperti dalam Kategori Blogger Indonesia di atas – walau belum banyak, tapi sudah saya siapkan sub-kategorinya.

Ada pernah saya berkunjung ke salah satu blogger yang cukup senior, lalu saya keluar. Karena tampilan di mobile nya itu, menu yang muncul banyak banget (semua label muncul sebagai menu).

Saya menduga dia tidak mengedit template bawaan dari blogspot dan langsung aktifkan saja. Ada juga yang saya temukan ada menu – namun saat saya klik, tidak ada link ke mana-mana. Alias masih di homepage saja.

Download Cara Mengecek Statistik Satu Post di Google Analytics
cara mengecek statistik satu blog post di google analytics

Tips Membuat Menu

Ada beberapa tips untuk membuat menu di blog, hal yang harus ada di blog ala TBI:

  1. Pikirkan kemudahan bagi si pembaca. Ingat – sekali lagi fokus pada si pembaca ya.
  2. Buat Sub Menu jika memang diperlukan – jangan semua kategori dibeber ke samping.
  3. Usahakan menu hanya membutuhkan 1 baris navigasi saja.
  4. Boleh juga bikin menu di Sidebar kok.

Ada yang mau tambahkan gak?

4. Search Box

Ini nih yang saya sebut di atas. Kadang saya memang lagi ingin mencari topik tertentu saja. Seperti dulu saya mau mencari topik tentang jamu di blog Mbak Nurul. Saya kesulitan, mengingat tulisan ini tulisan lama.

Saya pun mencari kotak pencarian di blog ini. Tapi ndak ketemu (awalnya). Hingga akhirnya saya WA ke mbak Nurul. Eh setelah WA saya scrolling lagi, ternyata ada di sidebar – tapi letaknya di paling bawah.

Tapi ada juga yang memang sama sekali tidak memasang search box. Sesuatu yang menurut saya sih penting dan harus ada di sebuah blog.

Karena bisa jadi pembaca datang dan mencari satu artikel tertentu kan? 

Atau mungkin malah Agency mencari topik yang relate dengan produk yang ingin ditawarkan ke kita sebagai blogger? Sayang kan kalau gak bisa mencarinya terus dianggap tidak pernah nulis.

Batal deh rejeki dari blog. Terus nanti baper kalau disampaikan.

Tips Terkait Search Box

Untuk hal yang patut ada di blog yang satu ini, saya sih lebih menekankan:

Search Box itu wajib ada – agar memudahkan orang mencari sesuatu di blog kamu.

Kalau memang bisa, letakkan kotak ini di bagian atas blog – tapi kalau tidak pun, ya gak apa sih.

hal yang harus ada di blog saat desain

Search Box di Carolinaratri.com walau di bawah tapi jelas – hal yang harus ada di blog: search box

Untuk yang punya search box di bagian bawah, mungkin bisa contoh blognya mbak Carolina Ratri. Walau di bawah, letaknya itu mencolok – karena warnanya biru, beda sendiri. Jadi orang gak akan kesilep lihatnya.

5. Sidebar Recent/Popular Post

Sudah banyak yang menyebutkan yang satu ini. Hal yang perlu ada di blog, yaitu sidebar widget yang menampilkan popular dan recent post.

Salah satu alasannya adalah agar jika pembaca masuk ke blog dan membaca, harapannya dia akan klik juga yang ada di sidebar ini.

Eh tapi… inget yak gak serta merta pasang sidebar post bakal bikin bounce rate kamu turun gitu aja. Pernah coba tes gak, banyak diklik gak sih sama orang itu sidebarnya? Saya sendiri sih pernah tes dalam satu postingan apakah pasang sidebar gini bakalan diklik?

Pakai Heat Map analyzer – kalau pakai wordpress self hosted bisa pasang dari plugin Sumome. Tampilan seperti di bawah ini.

meneliti mana saja yang diklik pembaca di blog

Heatmap analyzer dari Sumome.

Dan ternyata gak serta merta mas bro. Makanya di post kali ini saya rubah tampilan sidebar. Sambil testing.

Tips Memasang Popular/Recent Post

Saran sementara sih tetap pasang popular dan recent post ini. Tapi sepertinya harus juga pertimbangkan apa yang ditampilkan di sidebar ini.

Apakah hanya Judul Post saja? Ataukah termasuk gambar utama post? Atau juga termasuk excerpt postingan?

Untuk yang ini saya juga masih mau test apakah posisi widget ini mempengaruhi? Ataukah lebih baik menggunakan related post di sidebar ataukah di bawah postingan? *Kok PR nya jadi banyak yak?*

Kesimpulan

Beberapa hal yang perlu ada dalam blog di atas dan tips adalah berdasarkan pengalaman pribadi sebagai blogger dan juga sebagai pembaca blog.

Tiap blog mungkin akan memiliki penerapan yang berbeda – tergantung pada design masing-masing. Sama seperti ada yang suka tampilan Magazine ada juga yang gak kan?

Ini masalah preferensi tentang apa saja yang perlu ditampilkan dalam blog kita. Pedoman seperti untuk halaman disclaimer sudah banyak yang bahas, apalagi di luar sana diwajibkan oleh pemerintah US. Tapi penerapannya sih ya kembali ke kalian sebagai blogger.

Baca juga: Kebijakan Google Terkait Review by Blogger

Apakah perlu atau tidak memasang halaman seperti itu? Nah… kalau menurut kalian sendiri, apa saja sih yang perlu ada di sebuah blog?

8 Comments

Tinggalkan Balasan