[Update] Cara Mendaftarkan Blog Di Alexa

Categories: Tips Blogging
19 Comments
Update 2 Juni 2016: Per Mei 2016, Alexa menutup cara mendaftarkan blog di Alexa dengan membuat akun gratis. Kita, blog atau website owner masih bisa mendaftarkan blog di Alexa tapi harus login dengan Akun minimal berlangganan Basic Plan Alexa. 

perubahan cara mendaftarkan blog di alexa
Kalau kita daftar akun free di Alexa tidak lagi support untuk claim website atau blog kita. Ini update per Mei 2016.


Seperti pada gambar di atas, cara mendaftarkan blog di Alexa atau cara klaim blog yang kita punya di Alexa kini harus klik ke Contact Alexa ataupun mengikuti prosedur verifikasi website yang baru – baca: How do I get my site’s metrics verified.

Kalau dari link artikel di atas, kita akan diarahkan untuk sign up dengan plan. Ada 3 pilihan yang bisa kita pakai, yaitu Basic, Insight dan Advance dengan harga minimal $9.99 per bulan (lumayan yaaa). 

Saat kita klik salah satunya, maka akan diarahkan untuk register dan kemudian konfirmasi pendaftaran. Setelah mendapatkan akun, link konfirmasi akan mengarah pada payment. 



Buat yang sudah mengenal Alexa dan Ranking website yang dipunya oleh anak perusahaan Amazon ini, cara mendaftarkan blog di Alexa atau cara klaim blog yang kita punya di Alexa mungkin bukan lagi hal baru. Sudah claim website kan? Tapi gak apa dong ya, saya share dikit soal cara Claim Website Alexa


Sebenarnya cara mendaftarkan blog di Alexa.com ini mudah kok, gak perlu repot. Ya mungkin akan repot saat masuk ke dalam tahap copy kode verifikasi Alexa. Nanti ada kok cara memasukkan Verification ID Alexa, baik buat pengguna blogspot ataupun wordpress (wp.com ataupun wp.org). Without further a do, let’s start cara registrasi blog di Alexa. 

Eh apa??? Ingin tahu soal Alexa dulu? Alexa itu apa dan fungsinya apa? Aduh. Maaf. Saya kira sudah tahu tentang Alexa ini. Okay deh. Kalau gitu baca yang ini dulu ya: 

Mengenal Alexa Rank Lebih Dekat – Tips Merampingkan Alexa Rank

Sudah selesai bacanya? Seeep. Ada yang ditanyakan? Kalau ada bisa isi form ini biar nanti saya jawab langsung dari laptop saya (kalau gak ya dari laptop pinjeman). 

Cara Mendaftar Alexa


Cara mendaftarkan website atau blog di Alexa ini gampang kok. Kira-kira hanya butuh 10 menitan kalau jaringan lancar. 

cara klaim website atau blog di alexa1. Buka website Alexa.com
2. Klik Create An Account di website tersebut. 
3. Masukkan alamat email yang kamu gunakan untuk akun Alexa ini
4. Buka email yang tadi dimasukkan dan klik link yang ada di email tersebut
5. Isi Password Akun Alexa yang diinginkan
6. Registrasi Selesai

Nah apa saya bilang? Mudah kan mendaftar Alexa? Sudah tuh, sampai sana sih sudah selesai. Akun Alexa kamu dah siap. Eh tapi…. 

Cara Mendaftarkan Blog atau Claim Blog di Alexa


Nah yang itu belum dilakukan. Cara di atas adalah untuk mendaftar atau membuat akun di alexa. Setelah punya akun, yang berikutnya perlu kita lakukan adalah melakukan klaim website atau blog kita di Alexa ini. 

Untuk yang satu ini, perlu sedikit waktu lebih lama dibandingkan membuat akun Alexa. Saya bahas detail satu per satu untuk cara klaim blog di Alexa ini, jangan khawatir. 

1. Masuk ke halaman Site Owner ini. Dengan link itu, kita akan dibawa ke halaman di mana kita bisa memasukkan nama website yang ingin kita klaim. Masukkan url website atau blog yang kita inginkan. 

2. Kalau kita sudah login ke akun alexa kita, tahap berikutnya dari cara ini adalah kita diminta memilih metode claim website yang ingin kita pilih. Ada 3 metode yang bisa kita pilih, yaitu sebagai berikut: 

cara verifikasi website atau blog di alexa - 3 metode verifikasi alexa
Metode Verifikasi Alexa untuk Website atau Blog 


a. Metode 1 – yaitu dengan melakukan upload file Verifikasi Alexa ke Root Directory website/blog kita. 


cara verifikasi website atau blog di alexa metode 1
Metode 1 verfikasi alexa – upload file
Metode ini digunakan kalau kita bisa mengakses CPanel blog kita atau file directory website/blog kita sendiri. Biasanya adalah untuk self-hosted blog (namun perhatikan juga apakah hosting yang kita pilih memberikan akses CPanel atau tidak). 

Baca juga: Self-Hosted Blog Atau Free-Hosted Blog?


b. Metode 2 – copy paste kode atau ID verifikasi Alexa ke website kita. 


Metode ini cocok digunakan untuk yang menggunakan hosting di blogspot ataupun wordpress alias yang free blog platform seperti blog Dunia Blogging Indonesia ini. Selain itu bisa juga digunakan untuk self-hosted blog berplatform wp.org. 

cara verifikasi website atau blog di alexa metode 2
Metode 2 verifikasi alexa


Cara verifikasi Alexa untuk blogspot ataupun wordpress blog (wp.com ataupun wp.org) dapat dilihat pada FAQ Alexa atau gambar di bawah ini. 

Untuk pengguna blogspot: 

cara verifikasi website atau blog di alexa untuk pengguna blogspot

Untuk pengguna wordpress: 

cara verifikasi alexa di blog wordpress


c. Metode 3 – ini adalah metode terlengkap dengan data yang lengkap pula – tapi bayar. Saya tidak gunakan yang ini. 

3. Verified 

Kalau sudah memilih dan mengikuti langkah dari tiap metode di atas, kita hanya perlu klik verified di masing-masing metode yang dipilih. Dan website atau blog kita pun sudah terverifikasi Alexanya. Sudah beres deh, tinggal jalankan yang namanya…. 


Happy blogging ya. 

  

19 Comments

Tinggalkan Balasan