Apakah Tujuan Ngeblog Kamu Sudah Tercapai? Baca Cara Optimalisasi Blog Kamu di sini

Categories: Tips Blogging
3 Comments
Ada yang pernah ditanya tujuan ngeblog untuk apa? Kenapa sampai mau berjam-jam menghabiskan waktu di depan laptop, menulis dan menulis. Bahkan gak jarang juga sampai menyiapkan gambar yang keceh dan juga video. Apa sih tujuan ngeblog kamu selama ini?

Terus, apakah kamu dah mencapai tujuan ngeblog kamu selama ini? Atau masih belum maksimal rasanya? Mau tahu cara optimalisasi blog untuk masing-masing tujuan membuat blog? 
 

Macam Tujuan Ngeblog & Cara Maksimalkan Blog Kamu untuk Tujuan itu

tujuan ngeblog
Apa tujuan ngeblog kamu? Gimana cara optimalisasinya?
 
Dari yang selama ini Tulisan Blogger Indonesia baca di sana sini, dari blogger pro luar negeri ataupun dalam negeri, TBI bisa simpulkan ada beberapa tujuan orang membuat blog. 
 

Beberapa orang membuat blog karena blog jadi tempat curhat atau galau. 

Beberapa lainnya punya alasan beda lagi. Dan semua tujuan ngeblog itu sih menurut saya sah – sah aja. Apa aja sih tujuannya? 
 

1. Menjadi tempat curhatan semata

 
Daripada ane curhat di status facebook soal teman kantor yang menyebalkan, lebih baik ane nulis di blog aja. 
 
Ada yang pernah bilang seperti itu ke TBI saat ditanya tujuan ngeblognya apa. Apalagi setelah dirunut-runut, teman kantornya ada di FB itu. 
 

 

Daripada dibaca orang itu dan kemudian bikin orang baperan, ya akhirnya nulis di blog dan gak disebar ke mana-mana. 
 

Cara memaksimalkan tempat curhatan di blog ala TBI:


a. Jangan menyebut nama orang – walaupun blog kamu gak disebar ke mana-mana. Suatu saat kalau ada orang yang googling pakai email, atau kalau blog kamu pakai nama pribadi, bisa kelacak juga. Apalagi kalau dalam curhatan itu kamu “memaki”nya.

b. Jangan pernah memaki dalam tulisan blog. Sekali pun dirimu kesal pada seseorang. Janganlah… 

c. Kalau memang emosi habis, cobalah untuk membuat postingan itu menjadi private – alias orang yang mau baca harus terdaftar ataupun mendapatkan password seperti di WordPress. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Blog di WordPress


2. Tempat Berbagi Informasi


Saya itu suka banget bagi informasi yang saya punya. Misalnya nih, saya habis jalan-jalan ke tempat A dan ketemu tempat nongkrong yang seru di sana. Ya saya tulis. 

Itu tujuan blog lainnya. Sebagai tempat berbagi informasi. Banyak yang saat ditanya menjawab seperti itu. Dan rata-rata memang menjawab seperti itu. 

Nah, kalau gitu blog agak mirip dengan media ya? Buat saya iya. Bedanya itu di: 

Sebagai media informasi online, blog itu pas banget kok. Dan sangat bagus, kenapa? Karena sekarang ini, user banyak membutuhkan informasi dan saat seperti itu, mereka tinggal buka mesin pencari. 


Cara optimalisasi tujuan ngeblog berbagi informasi:


a. Cari informasi selengkap-lengkapnya. Jangan nanggung kalau kasih informasi dalam blog. Dan jangan menipu dengan judul yang menggoda alias ClickBait (ini juga udah dibenci sama Facebook kok). 

b. Buat konten yang memang memuat informasi yang lengkap dan memang dibutuhkan oleh pembaca. Kenali target audience kamu. Usahakan bahasa yang digunakan jelas dan sesuai dengan mereka. 

c. Optimalisasi tulisan agar muncul di Page One Google – karena tujuanmu kan ingin bagi informasi kan? Semakin banyak yang lihat di Page One Google, akan makin banyak yang baca. 

Bisa kalian baca nih artikel dari Alexa soal ini

3. Mendapatkan Uang Dari Blog


Nah, tujuan ngeblog yang ini belakangan ramai. Bahkan pernah ketemu ada yang bikin blog hanya agar bisa ikutan sebuah grup berbayar dan bisa monetasi blog. 

Salahkah?

Gak kok. Wajar kok menginginkan uang dari blog. 

Sedih? Iya. TBI sedihlah. Karena sebenarnya monetizing blog itu gak gampang. Jangan pernah mikirin mendapatkan uang dari blog kalau memang baru jadi blogger dan bikin blog. 

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog – gak hanya job review atau datang ke event. Dan kalau bicara tentang problogger luar negeri, mereka bahkan mendapatkan uang dari blog dengan menjual sesuatu dari blog mereka. 


Cara optimalisasi Blog untuk tujuan mendapatkan uang: 


a. Traffic tinggi dan Konsisten

Jujur aja deh, traffic tinggi ini emang bukan ukuran utama, tapi brand mana sih yang mau bayar mahal kalau trafficnya biasa aja? (Keywordnya bayar mahal ya…). 

Jadi konsisten dalam menulis di blog kamu dan usahakan hasil traffic yang tinggi agar brand mau lirik. Itu salah satu cara untuk mengoptimalkan blog kamu. 

Mendapatkan uang dengan adsense pun butuh traffic kok. O iya, kalau kamu mau monetizing dengan adsense, bisa colek Dani Rachmat untuk kerjasama. 

 

b. Fokus Fokus Fokus

Banyak orang, termasuk saya sendiri, ingin menguasai semua. Kalau bisa semua kan peluang lebih gede ya. Padahal… kalau kita fokus, kita (blog kita) akan jauh lebih dikenal tanpa usaha keras

Misalnya aja nih, kisah nyata beberapa hari lalu. Sebuah brand langsung menyebut nama seseorang yang memang dikenal sebagai Blogger Otomotif saat kerjasama. 

Kalau sudah kayak gini kan lebih enak kan? Nah,… sekarang sih balik ke dirimu sendiri. Mau gimana. Mau fokus di jenis konten atau gaya bahasa juga bisa kok. 


c. Pilih Jenis Monetasi Blog yang Cocok

Gak semua jenis monetasi blog bisa dijalankan oleh semua orang dan sukses. Semua punya plus minus. Dan masing-masing blogger juga perlu melihat yang cocok yang mana. Apakah Adsense, job review, afiliasi atau yang lainnya. 

Pikirkan yang cocok dan sesuai dengan blog kamu sendiri. Memang menggiurkan kalau dapat dari semua tapi… ibaratnya kamu membangun bisnis online, blog kamu ini bisnisnya apa?


d. Buat Produk Sendiri

Kalau bisa, daripada monetasi blog yang lain, coba ciptakan produk sendiri untuk dijual di blog. Tujuan ngeblog mendapatkan uang akan jauh lebih berhasil kalau seperti ini. 

Karena keuntungan produk terjual ya milik kamu semua. 


Eh tapi… menciptakan produk juga gak gampang kan? Ditambah lagi dengan promosinya. Kamu harus punya strategi yang cocok dan komprehensif. Kapan-kapan dibahas lebih dalam ya soal ini. 

Kesimpulan Tentang Tujuan Ngeblog dan Optimalisasi


Apapun tujuan ngeblog yang kamu pilih, masing-masing punya cara optimalisasi sendiri. Beda tujuan ngeblog, akan menghasilkan cara yang beda. Boleh aja bilang kalau gak mau niche blog tertentu tapi tetap monetasi. Gak salah kok. 

Tapi apakah akan optimal hasilnya? Dan coba tanya lagi, seberapa lama blogger akan dilirik oleh brand sebagai perpanjangan tangan – apakah akan selamanya? Kita gak tahu kan? 

Kalau kamu sendiri, apa tujuan ngeblog kamu dan gimana cara optimalisasi kamu selama ini? Share di kolom komentar ya. 

3 Comments

Tinggalkan Balasan