9 Trend SEO 2017 – Apa dan Bagaimana Menghadapinya untuk Blogger

Categories: Tips SEO
32 Comments

Apa? SEO lagi? Pusing mak…

Well, saya gak bahas teknis SEO di tulisan kali ini sih, tapi lebih ke trend SEO 2017 yang bisa kamu terapkan dalam blog kamu. SEO pada dasarnya bukanlah sesuatu yang tetap dan tak berubah. Selalu berubah, apalagi jika ada perubahan algoritma, baik itu oleh Google, Facebook ataupun yang lainnya.

Dan ada beberapa hal terkait perkembangan SEO di tahun 2017 yang perlu kamu pertimbangkan. Itu kalau kamu ingin tetap jadi yang dilirik dan mendapatkan traffic blog ya.

Eh tapi… namanya juga tred ya, jadi masih perkiraan. Namun perkiraan tentang perkembangan SEO di tahun 2017 ini saya rangkum dari berbagai sumber luar dan apa yang bisa kita lakukan sebagai Blogger Indonesia bisa dibaca yang dalam kutipan.

Apa Sih Trend SEO 2017 untuk Blogger Indonesia?

Ada banyak trend yang harus diperhatikan, apalagi terkait perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Google sebagai mesin pencari nomor satu di dunia. Setidaknya ada 9 trend SEO 2017 yang bisa kamu simak dan amati, sebagai berikut:

1. Mobile akan Jadi Raja

Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor dalam hal ini, peningkatan pengguna telepon genggam juga mempengaruhi perkembangan alias trend SEO 2017 nanti. Apalagi setelah Google mengumumkan MobileGeddon bahwa Mobile Friendly adalah keharusan.

Coba deh cek, berapa traffic blog kamu sekarang yang berasal dari mobile? Entah itu smartphone ataupun tablet. Apakah ada peningkatan selama ini?

Karena itu, kamu harus cek sekarang, apakah mobile version blog kamu sudah berjalan baik atau gak. Cek di sini: Google Mobile Friendly Test.

2. AMP Mulai Diperhatikan

AMP? Apa lagi itu? AMP adalah Accelerated Mobile Pages – sebuah projek yang sudah digulirkan oleh Google tahun lalu. Tujuan dari project ini adalah untuk meningkatkan kecepatan dalam akses situs atau blog menggunakan handphone. Untuk pengguna wordpress self hosted, menerapkan AMP lebih mudah karena tinggal install plugin AMP dari Automatic.

Sedangkan kalau di blogspot, sudah pasti harus bermain dalam script kamu. Berikut ini contoh AMP sudah mulai berpengaruh, screen shot dari Moz ini menunjukkan bahwa AMP Pages sudah muncul di SERP.

amp - salah satu trend seo 2017

Lihat tanda AMP, salah satu trend seo 2017 (sumber moz)

Ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh Blogger Indonesia yang menggunakan blog untuk menghasilkan uang dengan iklan seperti Adsense saat menerapkan AMP ini. Iklan-iklan sudah banyak disupport oleh Google untuk AMP Page. Tapi kita harus setting ulang iklan kita untuk bisa menampilkan iklannya.

Contoh AMP dari Tulisan Blogger Indonesia bisa dicek di tulisan Mengedit Post Lama untuk Mendapatkan Traffic ini.

3. Kenaikan Voice Search

Rupanya… perkembangan pencarian sudah tidak lagi dengan mengetik keyword yang kita inginkan. Tapi sudah mulai menggunakan suara. Dalam prediksinya, Search Engine Journal menuliskan kalau perbaikan terus menerus untuk SIRI (pengguna iphone), Google Now (Android user) dan Cortana (Microsoft) juga menunjukkan indikasi peningkatan voice search.

Saya sendiri masih belum terlalu paham menggunakan voice search dalam blog agar tetap mendapatkan traffic dari pencarian itu. Masih harus mencari info lagi untuk hal ini.

4. Fokus pada Lokal

Dalam menentukan keywords, selama ini kita mengenal long tailed keyword, yang mana tetap efektif (baca di nomor 7 di bawah), tapi… perubahan lebih berasa adalah penggunaaan lokal. Jika kita melakukan keyword research, kita harus lebih memperhatikan lokal search. Hal ini sangat bagus diterapkan di tulisan traveling dan kuliner.

Lokal di sini juga bermakna dalam artian: Jika kamu menulis tentang tempat wisata di Bandung dari Jakarta (IP Address), walaupun blog kamu bagus dan banyak dilirik (authority), mungkin akan kalah dengan yang menulis dari Bandung. Ada banyak digital marketers yang memanfaatkan ini dengan menggunakan IP Address sesuai dengan daerah.

Saya pribadi memang merasa kalau saya mencari soal Bandung, saya akan lebih bertanya pada orang Bandung. Bener gak? Logika pencarian lokal yang menjadi salah satu trend SEO 2017 ini ya seperti itu. Tapi bukan berarti kita harus ganti IP atau lokasi setiap menulis. Fokus aja pada keyword research kamu yang menggunakan lokal.

Misalnya: daripada menggunakan keyword: restoran seafood enak di Jakarta, kamu bisa menggunakan restoran seafood enak dan murah di Jakarta Selatan. Which more specific.

5. Long Content Masih Dilirik?

Rupanya, algoritma mesin pencari semakin pintar dan salah satu trend SEO 2017 yang disebut-sebut adalah bahwa long content – tulisan dengan jumlah kata 1.000 kata lebih akan mulai ditinggalkan.

Dengan Catatan….. Iya, dengan catatan besar dan penting loh. Long form akan ditinggalkan kalau misalnya tulisan panjang itu gak memberi value added. Kalau mesin pencari menemukan artikel lain yang lebih padat dan isinya sama dengan di long form itu, dia akan lebih memunculkan artikel padat itu di halaman satu Google atau mesin pencari.

Untuk para blogger Indonesia, dengan catatan seperti itu, kamu bisa mengambil peluang menjadi nomor satu dan mendapatkan traffic asalkan kamu bisa membuat konten yang berkualitas dengan jumlah kata yang sedikit.

6. Video Menang Melawan Gambar…. Jadi?

Well, seperti prediksi oleh para influencer Indonesia yang dituliskan oleh Mbak Lusi Tris, video memang jadi primadona baru di dunia digital. Ada baiknya jika memang kamu memiliki passion dalam membuat video, kamu perdalam deh membuat video yang bagus itu. Tapi… buat yang gak suka bikin video, seperti saya ini, gak usah khawatir.

Google menunjukkan kalau gambar masih jadi visual konten yang dapat menghasilkan traffic blog dan tetap jadi faktor penting kok. Kok bisa? Well, indikasinya bisa dilihat dari investasi Google di Moodstock – situs penyedia gambar.

Yang harus diperhatikan oleh Blogger Indonesia dari Trend SEO 2017 ini adalah untuk meningkatkan visual konten dan belajar membuat video dan juga infografic ataupun menggunakan gambar yang bagus untuk blog post.

7. Long Tailed Keyword Masih Lebih Baik

Banget… long tailed keyword masih lebih baik dibandingkan single keyword. Setidaknya saya kalau googling pasti pakai kalimat panjang bukannya satu kata doang. Nah… trend SEO 2017 juga masih menunjukkan ini kok. Long tailed keyword masih berpengaruh dan dipakai. Namun, ada satu yang harus diperhatikan.

Personalisasi. Pikirkan keyword yang memang dicari atau digunakan oleh pembaca blog kamu. Misalnya kamu menulis soal hotel. Apa sih yang dicari oleh orang. Tujuan mereka mencari apa? Bisa saja menggunakan keyword hotel murah dan nyaman di Jakarta Barat. Kalau kita gunakan keyword ini, tujuan dari pencari adalah mendapatkan daftar hotel yang murah dengan tujuan bisa memesannya.

Kalau kita menulis review hotel di blog kita, kita bisa kembangkan review hotel itu dengan keyword di atas dan meyakinkan kalau memang hotel itu layak untuk dipesan dan cantumkan juga informasi pemesanannya dan harga.

Intent – Keyword intent. Dengan rankbrain, mesin pencari sekarang lebih pintar membaca tujuan seseorang memasukkan keyword. Nah inilah yang harus kita kembangkan. Coba saja googling hotel murah di Jakarta, rata-rata akan muncul situs-situs pemesanan hotel di bagian atas.

Untuk Blogger Indonesia, menghadapi trend SEO yang ini, kamu bisa lebih fokus pada apa yang kamu tuliskan. Usahakan memang yang dicari oleh pembaca. Pikirkan kira-kira kalau pembaca mencari keywords itu apa sih yang dicari. Dan berikan informasi yang diperlukan dalam postingan tersebut.

8. Personal Branding Jadi Sangat Penting

Sangat-sangat penting sekarang ini adalah personal branding. Dalam beberapa artikel soal trend SEO 2017 yang saya baca, di Moz, SEJ, dan lainnya, rata-rata menyebutkan kalau personal branding is the new SEO. Bahwa mesin pencari juga menempatkan situs atau blog yang dipercaya oleh banyak orang di posisi atas pencarian mereka karena hal branding ini.

Terus gimana dong?

Well, yang bisa dilakukan oleh kita, Blogger Indonesia adalah meningkatkan personal branding kita sebagai blogger. Saya sendiri sempat bicara dengan salah satu brand dan salah satu agency yang mencari blogger, menurut mereka, ke depannya lebih mencari blogger spesifik. Hal ini juga yang bikin saya kecewa pada diri saya di personal blog saya – karena personal branding saya sepertinya gak masuk banget.

Siapa diri kamu sebagai Blogger? Di page Tulisan Blogger, saya pernah share berapa banyak blog post per hari yang terbit. Dan jumlahnya itu jutaan.

Ya, memang itu per hari untuk seluruh dunia, tapi… gambarannya gak beda jauh dengan apa yang terjadi di Indonesia. Begitu banyak blogger Indonesia saat ini, apakah kamu termasuk yang diingat oleh orang ketika mereka membicarakan sesuatu?

Memang kalau bicara soal personal branding agak ribet dan panjang  – mungkin terpisah saja nanti ya. Intinya adalah menghadapi trend SEO 2017 yang ini, kita sebagai Blogger Indonesia harus mulai mengembangkan branding kita dengan lebih baik. Kalau mau punya branding nyinyir juga boleh sih… 😀

9. Bing is the Next Big Thing

Bukan karena Google di Indonesia sendiri sedang mengalami masalah soal pajak dan banyak yang menuntut untuk menutup akses Google. Tapi, kenyataannya adalah bahwa Bing sendiri memperbaiki diri dari waktu ke waktu sebagai mesin pencari. Dan Bing sekarang menjadi backbone atau mesin pencari yang digunakan oleh Siri, Yahoo dan juga Alexa.

Iyes… Alexa menggunakan Bing sebagai mesin pencari. Kalau kamu sudah mendaftar Alexa – kamu bisa cek di dashboard tentang keyword yang masuk ke situs kamu. Nah itu berasal dari Bing.

Untuk diperhatikan oleh Blogger Indonesia untuk trend SEO 2017 yang satu ini adalah untuk segera mendaftarkan blog kamu ke Bing Webmaster dan juga memperhatikan hasil crawling blog kamu. Kalau ada error 404, jangan lupa untuk segera dibenahi.

Kesimpulan – Trend SEO 2017 itu…

Banyak… ke-9 trend SEO di atas hanya sebagian saja. Masih banyak lagi prediksi tentang SEO yang bisa kita perhatikan sebagai blogger dan menerapkannya untuk blog kita agar mendapatkan traffic blog kita. Banyak yang pusing memang dengan SEO, kalau memang gak mau pusing, boleh aja kok rekrut konsultan 😛

Dari ke-9 tren di atas, ada yang bikin pusing dan mau ditanyakan lebih detail? Boleh colek saya kapan aja kok.

32 Comments

Tinggalkan Balasan