Top Post Tulisan Blogger Indonesia

Categories: blogger indonesia
2 Comments

Awal tahun… Tahun Baru 2017. Mengawali tahun baru ini, saya ingin menuliskan top post Tulisan Blogger Indonesia dulu ah… Awalnya sih ingin menulis soal Blog yang Sukses – definisi dan siapa saja yang termasuk blogger sukses. Tapi bahannya masih kurang. Survey pada belum jawab.

Top post Tulisan Blogger Indonesia ini saya ambil menggunakan Google Analytics sejak pertama hingga 31 Desember 2016. Saya sendiri sebenarnya menuliskan ini juga penasaran sih, apa saja sih sebenarnya yang membuat tulisan yang itu lebih banyak dilirik. Selain itu, saya akan tuliskan juga top post berdasarkan search query di TBI.

top post tulisan blogger indonesia

Top Post Tulisan Blogger Indonesia – Umum

Secara traffic, blog TBI ini belumlah sebesar blog febriyanlukito. Salah satunya karena saya kurang memperhatikan blog ini tahun lalu dan juga karena niche blogging ini memang agak susah dipenetrasi. Hahaha. *alesan doang*.

Domain Tulisan Blogger Indonesia sendiri saya beli November 2015 di hosting lokal. Sampai Desember 2016, total pageviews pun masih di 100rb doang. Well… gak apalah. I am making this blog for sharing my passion of blogging.

Tapi… seberapapun traffic blog kamu, pasti akan muncul top post masing-masing kan? :d Berikut ini 3 Top Post Tulisan Blogger Indonesia berdasarkan Google Analytics.

1. Cara Menaikkan Traffic Blog

Post ini sendiri adalah lanjutan dari tulisan saya untuk part 1 di bloggerkekinian. Dalam tulisan ini (keduanya), saya menuliskan bagaimana kalau ingin mendapatkan traffic blog itu gak mudah. Sejak awal, banyak hal yang perlu diperhatikan.

Memang topik tentang menaikkan traffic blog akan selalu menarik blogger. Namun saya sendiri merasakan tulisan ini masih lebih ke teori. Dan kemudian saya pun menuliskan beberapa tips lainnya yang lebih applicable – bisa diterapkan langsung.

Baca juga:ย Mengedit Post Lama untuk Menaikkan Traffic

2. Cara Mendaftar Blog ke Alexa

Top Post di Tulisan Blogger Indonesia berikutnya adalah cara mendaftarkan blog ke Alexa. Well… saya tahu sih kenapa yang ini agak ramai. Karena sekarang ini banyak agency yang menggunakan Alexa Rank untuk menentukan tarif job review para blogger.

Eh tapi…. jangan lupa ya. Alexa sendiri menutup fasilitas mendaftarkan blog ke sana sejak Mei 2016 kemarin. Mereka sekarang hanya bisa digunakan secara berlangganan – alias membayar sejumlah uang setiap bulannya secara rutin.

Baca juga: Mengenal dan Merampingkan Alexa Rank

3. Mengganti URL Blog di WordPress

Yang ini agak kaget juga sih saya. Karena tulisan ini sebenarnya adalah untuk menjawab pertanyaan salah satu blogger. Dia ingin mengganti url blog di wordpress.com yang sekarang dia punya. Dan akhirnya saya kasih tahu dan sekalian capture dan tulis di sini.

Satu yang harus diingat kalau mengganti url blog – gak hanya di wordpresscom saja sih, ada efeknya juga loh ke branding blog dan traffic.

Nah itu sih 3 top post dari Google Analytics sejak awal menggunakan domain ini. Ke depannya akan dibuatkan per tahun. Berikutnya, Top Post menurut query dari Google Analytics yak…

Top 3 Posts Tulisan Blogger Indonesia berdasarkan Pencarian

Hasil pencarian ini tentunya adalah hasil penerapan SEO. Google Analytics sendiri memberikan fasilitas ini jika kita sudah menghubungkan akun GA kita dengan Google Webmaster alias Search Console kita.

Untuk akses pencarian ke blog kita, login Google Analytics – Acquisition – Search Console – Queries

Berikut ini 3 top post Tulisan Blogger berdasarkan pencarian dan keywords yang digunakannya. O iya, menggunakan tools gratis dari Google ini kita bisa mengedit tulisan lama kita biar tetap up-to-date.

Sebelum lupa,… sebenarnya top landing pages berdasarkan hasil pencarian di TBI itu adalah Cara Mengganti URL WordPress dan juga Cara Mendaftarkan Alexa. Tapi berhubung 2 top post ini sudah ada di daftar di atas, saya pakai yang lain aja ya…

1. 5 Tips SEO untuk Blogger di Blogspot

Ternyata banyak juga yang berkunjung ke blog post ini dari pencarian di mesin pencari. Post ini memang sebenarnya difokuskan untuk para pengguna blogspot. Namun… bisa juga digunakan oleh blogger yang menggunakan CMS WordPress. Karena prinsipnya sih sama kalau untuk SEO itu.

Ringkasannya sudah saya tuliskan di Galeri tentang SEO on Page yang saya gunakan sebagai panduan pengecekan tulisan SEO om Chocky. Blogger dan SEO memang seringkali ibarat air dan minyak. Tapi… setidaknya SEO bisa membawa traffic blog menjadi stabil.

2. Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Topik tentang uang memang menarik sepertinya. Dan post ini termasuk tulisan yang belum lengkap – mengingat saat itu saya masih baru mulai membuat TBI kok. Nanti akan saya edit atau ya saya bikin yang baru yang lebih lengkap lagi. Tulisan lama itu sebenarnya hanya membahas salah satu cara mendapatkan uang secara online.

Yaitu dengan menjadi Affiliate Marketing di Access Trade.

3. Masalah Copyright Gambar dalam Blog

Dan… rupanya post ini termasuk Top Post Tulisan Blogger Indonesia dari hasil pencarian. Masalah copyright gambar dalam blog memang gak pernah ada hentinya.

Ada yang menganggap kalau gambar telah diupload ke dunia maya – akan jadi milik umum. Ada juga yang sebaliknya.

Dan gak jarang juga yang menuliskan gambar yang dipakai dari website itu dengan Sumber: Google. Aduh… ini mah bikin bete ya. ๐Ÿ˜€

Selain 3 top post di atas, yang termasuk dalam top post berdasarkan pencarian di TBI lainnya adalah

Kesimpulan

Top post Tulisan Blogger Indonesia 2016 kali iniย ternyata menunjukkan kalau post tentang traffic dan juga mendapatkan uang dari blog itu lebih menarik ya. ๐Ÿ˜€ Lihat saja daftar di atas. Alexa Rank kan juga sebenarnya karena mereka ingin monetasi blog. Jadi akhirnya mencari informasi itu.

O iya… bicara soal SEO – sebenarnya saya ingin post prediksi SEO 2017…. kira-kira ada yang mau baca gak ya? Salah satu prediksi untuk 2017 ini adalah

Tujuan utama SEO bukan lagi #1 di pencarian tapi… #0….. ๐Ÿ˜€

Gimana? Mau saya tuliskan gak? Kalau gak sih gak apa – yang sudah subscribe Newsletter akan dapat prediksi ini di email kalian kok. Akan saya kombinasikan juga dengan prediksi yang dibawakan oleh Ndoro Kakung di acara minggu lalu. O iya… 2016 kalian gimana?

2 Comments

Tinggalkan Balasan