Tips Membuat Blog

Categories: Tips Blogging
4 Comments
Ada yang ingin membuat blog tapi bingung bagaimana caranya? Tenang… banyak kok tulisan mengenai blog yang bisa dicari. Nanti di sini juga akan ada cara membuat blog yang saya share di sini. Tapi kali ini saya kasih tips membuat blog untuk pemula ya.

Lah maksudnya apa nih dengan tips membuat blog?

Okay, gini, saya mengenal blog sebenarnya sudah cukup lama. Sejak tahun 2005-an (kalau gak salah ingat. Pertama kali ngeblog (dulu sih gak bilang blogging ya) itu di Friendster. Kan ada tuh fasilitas blog di sana. Saya mah memang suka nulis ya udah nulis aja. Mulai dari tulisan abal-abal sampai akhirnya ada pernah ikut lomba buku. Sayangnya walaupun tulisan saya ada yang menang, buku itu gak pernah terbit sampai sekarang.

Awal tahu tentang blog di blogspot ataupun wordpress adalah karena membaca buku yang diangkat dari sebuah blog. Yup. Bukunya Raditya Dika si Kambing Jantan. Kala itu saya baca, kok kayaknya asik ya menulis kalau nanti tulisannya dijadiin buku seperti itu.

Tapi saat itu dalam benak saya untuk sebuah blog adalah tempat jurnal online. Gantinya diari manual yang biasa dipunya oleh orang-orang. Jadi apa saja ada di dalam blog dan memang benar juga kok adanya. Blog itu memang semacam jurnal digital yang bisa diakses oleh banyak orang. Atau diset private juga bisa sih, share hanya ke beberapa orang saja.

Apalagi pas FS ditutup, akhirnya saya pun berpindah deh ke platform blogging seperti wordpress, blogpspot, tumblr, bahkan pernah juga di posterous. Multiply pun juga pernah bikin tapi gak aktif. Maklumlah dulu itu saya masih labil. Hahahaha. Masih mencari yang cocok di hati itu yang mana. Jadi coba sana coba sini.

tips membuat blog untuk pemula blogging through my eyes


Nah, sebenarnya platform blogging paling lama dan aktif saya gunakan adalah blogspot. Namun di 2012 saya kenal dengan WordPress dan akhirnya pun pindah di sana. Yang di blogspot pun sempat saya tinggalkan cukup lama. Akhirnya baru-baru ini saya aktifkan lagi dengan mengganti alamat blog saya menjadi catatanpikiranrandom.blogspot.com.

Sedangkan yang di wordpress sendiri saya per April 2015 ini pindah menjadi self-hosted blog menggunakan wordpress.org sebagai platform. Masih ada beberapa blog di wordpress.com yang saya kelola namun tidak seaktif yang www.febriyanlukito.com itu.

Dari pengalaman saya selama ini, saya merasa saat pertama kali terjun ke dunia blogging seperti sekarang ini, saya kebingungan. Apa yang seharusnya ditulis di blog dan apa saja yang perlu diperhatikan dan lainnya. Apalagi sekarang ini, dunia blogging itu sudah berbeda banget. Sudah menjadi dunia yang serba wow…

TIPS MEMBUAT BLOG UNTUK PEMULA


Karena itulah saya ingin membagi tips membuat blog bagi pemula, jangan pusing kalau ingin membuat blog. Kalau memang ingin, segeralah membuatnya. Nah berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog untuk kalian.

A. Tujuan Membuat Blog


Seperti yang saya sampaikan di atas, awal pertama kali saya membuat blog adalah sebagai diari online – jurnal digital saya. Jadi apapun saya tuliskan dalam blog. Mulai masalah kantor hingga masalah pribadi juga saya share di sana.

Kalau kalian punya tujuan seperti itu dalam membuat blog juga gak masalah kok. Toh blog itu kan sifatnya personal, jadi terserah kalian yang punya blog mau diapakan itu blognya. Namun perlu saya ingatkan, sharing mengenai hal-hal yang kelewat personal bisa jadi membahayakan. Jangan terlalu bebas ya sharingnya. Kalau ada yang kira-kira mau dituliskan dan terlalu pribadi, buat postingan sebagai post personal alias private, hanya kamu yang bisa membaca.

Nah saya juga sebut di atas bahwa sekarang ini, perkembangan dunia blogging dah sangat wow. Dah gak hanya untuk jurnal online seseorang saja. Memang tetap merupakan kumpulan pendapat pribadi kita akan satu hal. Tapi sekarang banyak yang menggunakan blog sebagai wadah untuk berbagi, untuk mencari uang dan lainnya.

Tujuan membuat blog ini menjadi sangat penting karena biar bisa menentukan arah tujuan blog yang ingin dibuat. Kalau ingin membuat blog untuk sebatas jurnal online saja, cukup kok bikin blog di free platform seperti wordpress.com ataupun blogspot. Tapi kalau ingin mencari uang, bisa pertimbangkan untuk hosting pribadi. 

Baca juga: Blogging Tips – Hosting


B. Tipe Blog yang dibuat


Tipe blog yang dibuat seperti apa. Saya pribadi memisahkan blog itu dalam dua tipe blog, yaitu tipe blog khusus atau biasa dikenal dengan niche dan tipe blog umum alias campur sari. Bingung? Gini, apa yang kalian ingin bahas dalam blog kalian, itu sih yang saya golongkan dengan tipe blog. 

Misalnya saja blog yang ini, blogging through my eyes, blog ini saya buat khusus untuk menuliskan sesuatu tentang blogging saja. Semua hanya terkait blogging. Entah itu tips membuat blog, menulis di blog, monetizing blog dan lainnya. 

Namun coba deh cek #PikiranRandom ataupun Febriyanlukito.com kedua blog itu adalah blog campur sari atau gado-gado. Semua saya tuliskan di dalam ke dua blog itu. Nah, pilihan mengenai tipe blog yang diinginkan tentunya ada di tangan kalian masing-masing. 

Tipe blog ber-niche itu artinya blog dengan topik tertentu dan sering dicari oleh orang-orang karena minat tertentu. Misalnya saja jika saya ingin mencari topik tentang penggunaan office, tentunya akan lebih mencari blog yang memang khusus membahas tentang office. Atau ingin mencari tentang makanan, akan lebih mencari di blog khusus tentang makanan. 

Jadi blog campur sari itu gak bagus dong? Gak juga. Sekarang ini banyak orang mencari apa saja di google. Nah, blog campur sari itu perlu juga kok. Semua balik ke masing-masing orang. Misalnya saja seorang teman dia menulis apa saja dalam blognya danirachmat.com, toh banyak yang cari juga. Tentang keseharian dia juga cukup dicari kok. 

Jadi apapun tipe blog yang kalian pilih, semua ada plus minusnya dan tergantung pada pilihan kalian sendiri. 

C. Platform Blog yang dipilih


Nah kalau sudah tahu tujuan membuat blog dan juga tipe blog yang ingin dibuat, berikutnya adalah tinggal pilih platform yang ingin kalian gunakan. Bingung mau pakai platform yang mana? Banyak kok pilihannya.

Saya coba berikan opsi di sini ya beberapa platform blogging yang gratis ya. 

  1. WordPress.com
  2. Blogspot.com
  3. Tumblr

Ketiga platform blog di atas adalah platform gratis yang bisa kalian pilih untuk blog kalian. Yang mana yang lebih baik? Well, masing-masing punya kelebihan masing-masing kok. Misalnya saja blogspot.com yang saya pakai di sini. 

Kelebihannya adalah karena produk keluaran Google, kita jadi lebih aman menggunakannya dan mendapatkan banyak kemudahan dalam berbagai layanan Google, seperti Google Webmaster Tools, Google Adsense dan lainnya. 

Baca juga Menggunakan Google Webmaster Tools untuk Fetch As Google. 


Namun bukan berarti platform blog seperti wordpress ataupun tumblr atau platform lainnya yang ada itu gak bagus. Sama bagusnya. Misalnya dalam wordpress.com kita tak perlu pusing dengan semua hal lainnya termasuk SEO atau edit html. Kita hanya perlu fokus dalam menulis. Hanya tulis dan tulis saja. 

D. Proses Membuat Blog hingga ramai dikunjungi

Kalau sudah memutuskan tujuan blogging, tipe blog yang ingin dibuat dan platform yang ingin digunakan, yang perlu dilakukan adalah membuat blog deh. Tinggal ikuti langkah-langkah membuat blog dari masing-masing platform blogging yang ada. 

Langkah-langkah membuat blog: 

  1. Langkah membuat blog pada wordpress.com
  2. Langkah membuat blog pada blogspot.com
  3. Langkah membuat blog pada tumblr.com
Bisa? Bisalah ya. Gampang kok bikinnya. Hanya perlu ikuti langkah demi langkah saja. Nah kalau sudah jadi blognya, selamat blogging deh. Apakah sudah gitu saja? Yang pasti diinginkan sih nantinya blog kita ramai dikunjungi kan? 

Bagaimana caranya agar blog ramai dikunjungi? Ya nanti saya tuliskan terpisah lagi ya bagaimana cara menaikkan traffic blog, tapi yang pasti, semua itu adalah proses, bukan proses instant. Gak semudah membalikan telapak tangan saja. 

4 Comments

Tinggalkan Balasan