Tips Blogging Indonesia: Perhatikan Hal Ini Kalau Membuat Blog

Categories: Tips Blogging
46 Comments
Perkembangan dunia blogging Indonesia sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Sangat berkembang, dari jumlah blogger baru, komunitas blogger Indonesia hingga tips blogging pun mulai bertebaran. Kali ini, Tulisan Blogger ingin membagikan tips blogging untuk pemula – 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Blog. 
 
Tulisan ini melengkapi tulisan di awal blog ini dibuat, yaitu menetapkan tujuan ngeblog terlebih dahulu. Kalau sudah menentukan tujuan ngeblognya, perhatikan 10 hal berikut untuk membuat blognya ya. 

hal yang perlu diperhatikan untuk membuat blog
10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Blog

Yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Blog

 
Tulisan ini disadur dari blog luar (www.blogher.com) yang menurut saya pas banget untuk dishare di sini. Point-pointnya pas, tapi saya masukkan juga pendapat saya pribadi di sini ya. 
 

#1. Tulislah Yang Memang Kamu Suka

 
Tujuang ngeblog tiap orang beda-beda, saya yakin banget itu. Ada yang ingin curhat saja ada juga yang ingin mendapatkan uang dari blog dan masih banyak juga tujuan lainnya. Tapi apapun tujuan ngeblog kalian, ada satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat blog. 
 
Yaitu menulis sesuatu yang memang menjadi passion kamu. Tulis hal yang memang kamu suka. Kalau dalam tulisannya, Mariel menyebutkan: 
 

Apa sih isi blog kamu? Crafting? Cooking? Parenting? Apapun itu, harus tetap mengacu pada siapa DIRIMU. 

 
Nah ini kalau dikaitkan dalam tips menaikkan traffic blog kemarin, saya sebut dengan branding. 
 

Be known for who you are and what you love

 
Kenapa juga harus menuliskan apa yang kita sukai? Karena kalau memang kita suka, ide tulisan itu akan datang terus, tanpa henti. Tapi kalau kita gak cinta, yang ada “terpaksa” menulisnya. 
 

#2. Branding Dirimu Dengan Keunikan

 
Yang berikutnya dalam tips blogging membuat blog di blogher.com dituliskan bahwa “Be Different“. Coba saja lihat, berapa banyak blog yang ada saat ini di Indonesia, atau mungkin di kota kamu sendiri. 

perhatikan hal berikut saat membuat blog
Jumlah blog yang ada saat saya menulis blog ini.


 
Berapa banyak blog travel yang kamu ikuti? Kalau kamu tidak memiliki satu keunikan, hal ini tentunya akan sulit menjadikan dirimu dikenal. Termasuk saat saya membuat tulisan blogger Indonesia ini. 
 
Coba saja lihat berapa banyak tips blogging yang dimuat oleh blog lainnya? Buanyakkk banget. Terus yang jadi pembedanya apa? Well, so far sih saya belum melakukannya. Masih memikirkannya sih. Mungkin nanti bisa dengan powerpoint tips blogging. 😀 
Jangan over branding ya….
 

#3. Tulislah Konten Yang Berkualitas

 
Bosan ya mendengarnya. Konten berkualitas lagi, konten berkualitas lagi. Tapi ini memang satu hal yang benar-benar harus dipegang oleh setiap blogger – terutama blogger Indonesia. 
 
Kenapa? Karena orang mencari blog kita itu untuk mendapatkan “sesuatu” dari blog itu. Kualitas dalam hal tulisan, gambar yang digunakan, infografis, video dan lainnya, sangat dibutuhkan oleh pembaca. 
 
Berikan sesuatu yang baru. Sesuatu yang memberi manfaat kepada yang baca. Jangan menipu melalui judul yang super wow tapi isinya membuat orang:
 

“Hehhhh? Gitu doang???? Nenek-nenek juga tahu kaleus…”

 
Misalnya, ketika menulis blog traveling Indonesia, saya selalu mengingatkan teman saya untuk menuliskan berapa harga tiketnya? Bagaimana ke sananya (transportasi), fasilitas penginapan di sekitarnya? Dan gak lama dia pun bilang:
 
“Gw mau nulis soal apa yang harus lo pake pas ke tempat ini – jangan hiking pake high heels.” 
 
Sayanya sih ngakak, tapi ya memang bener juga. Mungkin orang yang suka traveling sudah tahu, tapi tidak jarang yang ingin kekinian melupakan hal kecil ini. 
 

#4. Menulislah Dengan Bercerita

 
Ini yang selalu diingatkan teman yang memang pekerjaannya tukang tagih. Dia bilang, keunikan blog itu adalah personality dari yang nulis. Kalau lo ngeblog dari hati, dan dengan gaya cerita yang pas, blog lo bakalan diingat orang – tanpa lo harus paksa. 
 
Makanya ketika banyak yang bertanya soal SEO ke saya, sebenarnya saya agak sungkan. Kenapa? Satu karena saya bukan ahli SEO. Kedua, bagi saya SEO itu merusak. 
 
Merusak dalam artian, kalau kita fokus pada SEO dan keywords dan lainnya, blogger yang menulis jadi lupa. Lupa bahwa yang baca itu bukan mesin. Tapi manusia yang ingin membaca sesuatu yang dari dalam hati. Membaca tulisan yang bermanfaat sekaligus menggugah dirinya. 
 

#5. Foto Itu Harus

 
Beneran… tadinya saya mau post tulisan tips blogging kali ini tanpa foto. Terus mau lihat reaksi yang baca. Yang mana saya yakin pasti akan bosan setengah mati bacanya. 

hal yang harus diperhatikan saat membuat blog
Ini kenapa harus ada foto dalam blog – sumber tertera dalam gambar

Foto itu memberi distraksi untuk menghilangkan kejenuhan. Ini sih pendapat saya. Dan peluang orang share tulisan dengan foto yang bagus itu lebih banyak. Apalagi kalau dishare ke pinterest. 

 
Walaupun menggunakan kamera handphone, jangan pernah berhenti belajar untuk mengedit fotonya agar ciamik. Tapi jangan juga mengambil foto orang tanpa ijin ya. Hargai jerih payah mereka. 
 

#6. Perhatikan Format Tulisan

 
Saya pribadi selalu bilang bahwa subheading saya gunakan bukan hanya untuk tujuan SEO tapi biar orang yang baca gak bosan dan merasa lebih terarah. Dengan membaca subheading yang ada, dia mengetahui apa yang akan dibahas berikutnya. 
 
Coba kalau isi tulisan itu adalah satu paragraf yang terdiri dari 1000 kata tanpa henti. Tanpa dipecah. Benar-benar 1 paragraf. Saya akan skip. Beneran deh. Ini sering saya lakukan. Kalau kepanjangan, langsung saya skip tanpa baca isinya lagi. 
 
Tips blogging dari saya adalah selalu gunakan paragraf pendek (kisaran 3-5 kalimat dengan jumlah kata terbatas). Dan juga gunakan subheading agar pembaca tahu kerangka besar tulisan kita. 
 
Dan kalau saya pribadi lebih suka melihat tulisan yang “justify”. Rapi aja gitu. 
 

#7. Cari Info Dong

 
Salah satu yang saya lakukan dalam menulis tips blogging ataupun tips SEO di sini, saya akan habiskan waktu untuk baca blog luar seperti moz.com. Termasuk tulisan yang kali ini. 
 
Bisa satu blog luar saja yang dijadikan referensi atau beberapa blog dijadikan satu bahan tulisan baru. Salah satu yang pernah saya baca adalah dengan mengambil satu topik tentang makanan ringan (snack). 
 
Saya lupa nama website-nya. Dia membuat satu tulisan berisi 250 snack untuk pekerja kantoran. Yang isinya itu dari beberapa blog lainnya. Semua blog itu dijadikan satu dan kemudian dikembangkan menjadi satu tulisan sendiri. 
 
 
Jangan pernah berhenti untuk belajar dan melakukan penelitian kecil. Saya sendiri melakukannya dengan bertanya ke grup WA yang saya ikuti: tulisan apa lagi yang mau dibahas ya? Gak lama ide bermunculan dan mulai mencari deh di internet. 
 

#8. Ingin Blog Yang Sukses? Buatlah Blog Yang Sukses

 
Saya menerjemahkan fake it until you make it di blogher.com dengan kalimat di atas. Sekarang ini, siapa sih blogger yang tidak ingin dilirik oleh brand ternama untuk pasang iklan di blog mereka? 
 
Pasti banyak… Dan salah satu cara menarik mereka adalah dengan membuat review gratisan dulu. Review dengan sukarela hal yang menjadi topik blog kamu. Seperti yang dilakukan oleh mas Ef. Dia sukarela menulis review produk-produk UKM for free

10 hal yang perlu diperhatikan saat membuat blog
Saat membuat blog – perhatikan ini



Hasilnya? Gak jarang brand besar meliriknya dengan nilai yang tidak sedikit. Sama halnya dengan jumlah uang yang diberikan sebagai imbalan. Yes, money is not everything. 
 
Tapi kalau kamu, blogger, ingin dibayar mahal, ya naikkan kualitas kamu sebagai blogger. Tunjukkan kualitas kamu. Harga pun akan mengikuti kok. Jual mahal? Gak kok. Kan kamu memiliki standard kualitas, jadi wajar kalau memang kamu menjual dengan standard lebih. 
 
Ya untuk mencapainya sudah barang tentu bukan dalam waktu singkat. Butuh waktu – butuh proses panjang. Jangan berharap bikin blog sehari dan kemudian dapat job review dengan harga yang jutaan. 

#9. Tulis Yang Baik

 
Salah satu cara cepat menaikkan traffic blog adalah dengan menulis hal yang kontroversi habis. Pasti akan banyak yang baca dan share. Saya yakin. Atau mungkin menulis propaganda yang agak memprovokasi. 
 
Tapi apa efeknya? Hanya traffic sesaat sajakah yang diinginkan? Bisa jadi berikut-berikutnya, orang enggan datang dan membaca blog kita karena merasa isi blog kita adalah hal gak guna. 
 
Misalnya saja kita berniat curhat di blog. Terus meluapkan semua keluh kesah kita soal kerjaan, soal teman, soal pacar. Pokoknya semua yang jelek-jelek ditulis aja. 
 
Apakah akan bertahan lama para pembaca blognya? Mungkin sekali dua kali masih bertahan. Tapi kalau selalu keluhan yang dilontarkan, yang ada ditinggalkan. Seperti kalau menulis status di Facebook yang isinya ngeluh mulu, yang ada gak lama diunfriend. 
 

#10. Bertemanlah…. Jangan Cari Musuh

 
Nyinyirin seseorang? Boleh aja. Hak kalian kok. Tapi apakah akan baik untuk masa depan? Gak juga kan? Daripada nyinyirin orang lain atas sesuatu yang gak baik, kenapa gak coba deketin orang itu dan jadikan teman? 
 
Di dunia maya, blog terutama, berteman dengan banyak orang adalah hal yang sangat baik dan mendukung banget perkembangan blog kita. Blogwalking. Balas komen, Kunjungi balik blog mereka. 
 
Semua itu cara berteman yang bisa membuat blog kita baik juga kok. Jangan memikirkan untung rugi dalam berteman. Jangan mikirin rugi kasih link ke blog mereka kalau memang tulisan blog mereka bagus. 
 

Kesimpulan Soal Membuat Blog

 
10 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Blog di atas hanyalah secuil. Masih banyak hal lainnya yang harus diperhatikan dalam membuat blog yang baik dan terkenal. Saya sendiri pun masih harus banyak belajar soal ini. Kalau menurut kamu, apalagi yang harus diperhatikan dalam membuat blog? 
 

46 Comments

Tinggalkan Balasan