Tips Blogging – Cara Menaikkan Traffic Blog (Tidak) Dengan Mudah Part 2

Categories: Tips Blogging
50 Comments
Sudah baca Tips Blogging Indonesia tentang: Cara Menaikkan Traffic Blog (Tidak) Dengan Cara Mudah yang sebelumnya kan? Nah kali ini saya mau lanjutkan ya. Part 2 ini mungkin akan banyak bahas yang agak teknis juga, tapi mudah diterapkan kok, dan saya sudah menggunakannya untuk di febriyanlukito. Untuk blog ini? Masih belum optimal banget sih. 
 
Baca: Cara Menaikkan Traffic Part 1
 
Langsung aja ya, kembali ke laptop:

Cara Menaikkan Traffic Blog #3 – Perkenalkan Diri Pada SEO

 
SEO – apa hubungannya SEO dengan menaikkan traffic blog? Seperti yang saya jelaskan dalam tulisan sebelumnya, traffic blog saya (febriyanlukito.com) melonjak untuk pencarian oleh mesin pencari (sebagian besar di google, kemudian di bing, yahoo, ask). 

cara menaikkan traffic blog dengan mudah
Efek mendapatkan posisi nomor 1 di Google (SEO) – gambar dari neilpatel.com


 
Kenapa bisa meningkat dalam pencarian tersebut? Tak lain karena bermain dengan SEO. 

SEO – Search Engine Optimization adalah cara agar blog kita masuk dalam daftar mesin pencari dengan kata-kata tertentu. 

SEO On Page

Yang paling pertama, kita harus perhatikan adalah SEO On Page – alias setting pada blog kita sendiri. Apakah sudah SEO Optimized atau belum? Banyak hal yang terkait dengan SEO on Page ini.
 
Pada prinsipnya SEO On Page ini berbicara mengenai: sebagai apakah blog kamu ingin dikenal oleh mesin pencari? Untuk itu kamu harus setting judul, tagline, description blog yang sesuai dengan yang kamu inginkan.
Tonton Video Cara Kerja SEO 

Meta tag keyword yang sering disebut-sebut tidak lagi relevan dalam SEO ini, masih banyak juga digunakan oleh beberapa pakar SEO. Kalau bicara soal SEO On Page ini akan panjang sekali. Karenanya tidak terlalu banyak saya bahas di sini (akan dalam bahasan terpisah ya). 


Contohnya: Blog Dani Rachmat – Uang Dan Hidup Diobrolin Santai. Dari tagline sendiri kita bisa tahu kalau blog ini adalah blog pribadi seorang Dani Rachmat yang akan membahas soal uang dan juga hidup. Kalau kita cek meta tag keyword-nya pun sudah memasukkan keyword yang diharapkan akan mengarah ke blognya jika orang mencarinya. 

cara menaikkan traffic blog dengan mudah
Menaikkan Traffic Blog Dengan setting blog – tagline

Eh tapi, jangan hanya berpatokan pada setting ini saja ya. Banyak hal yang berpengaruh untuk SEO ini. O iya, salah satu yang terpenting juga dalam SEO On Page adalah pemilihan theme. Pilihlah theme yang SEO Friendly ya.

Keywords are not relevant?

 
Saya akan langsung lebih ke masalah postingan. Sebagai blogger, di sinilah kita hendaknya berfokus. Tulisan kita sebagai blogger. Ingat

Content is the King

Apakah kita perlu bermain dengan keyword dalam tulisan-tulisan kita? Gak harus! Menurut saya pribadi sih, gak harus semuanya dimainkan. Saya sendiri tidak menerapkannya untuk semua postingan yang ada.
 
Apa itu keyword – pernah saya tuliskan sebenarnya dalam cara mencari long-tailed-keyword untuk postingan. Pada intinya keyword itu adalah kata yang ingin kita targetkan sebagai kata yang mengarah ke blog kita saat dimasukkan ke mesin pencari.

tips blogging indonesia untuk menaikkan trafik blog dengan mudah
Website untuk mencari keyword – salah satu cara menaikkan traffic blog


 
Menggunakan tools – ubersuggest.org dan keyword planner dari google, kita bisa tahu apakah keyword yang kita gunakan itu banyak dicari orang atau tidak. Namun, saya pribadi menggunakan keyword seperti ini:
 

“berpikirlah seakan kamu sedang mencari di mesin pencari – kata apa yang akan dimasukkan”

 
Yah memang gak pakai penelitian dan lainnya, tapi kadang ada yang berhasil kok. Hehehe. Misalnya pas ingin menulis soal satu penyakit – saya akan berpikir kalau orang akan mencari:

Apa itu (definisi) penyakit tersebut. Penyebab penyakit itu. Cara mencegah dan mengobati penyakit itu.

Nah itulah yang akan saya mainkan dalam postingan, semua saya detailkan – balik lagi ke post sebelumnya, buat post yang menolong orang dengan informasi. Content is really the king.
 

SEO Friendly post

 
Setelah tahu keyword yang akan digunakan dalam post, barulah kita menuliskan post yang kita inginkan. Mulai dengan beberapa rule of thumbs untuk seo friendly post atau tulisan yang SEO lah gitu. 

Baca juga: Tips SEO Untuk Pengguna Blogspot
 
Pada intinya sih, kita harus hati-hati dalam membuat SEO Post – jangan sampai tulisan terlalu mesin. Karena yang kita target kan bukan mesin, tapi pembaca blog kita. 


Jadi buatlah tulisan yang SEO dan juga reader oriented agar traffic blog meningkat. Dan untuk bisa seperti itu, harus benar-benar latihan terus dan belajar lagi dan lagi. 

Beberapa hal yang penting dalam post yang SEO Friendly:

  1. Url post mengandung keyword – judul sih boleh iya boleh gak. Biasanya saya memainkan judul yang agak nyeleneh – tapi keyword saya mainkan di url
  2. 100 kata pertama memuat keyword yang ditarget
  3. Menggunakan subheading dengan mengandung keyword di dalamnya
  4. Sebarkan keyword dalam tulisan beberapa kali (perhatikan density-nya ya)
  5. Tutup dengan paragraph yang memuat keyword kembali.
Ada yang mengatakan keyword di akhir postingan harus dilinkback ke postingan itu sendiri. Tapi ada juga yang bilang gak. Saya sendiri sih gak bermain di linkback ke post itu sendiri. Tapi bermain di CONTENT.

Baca: Cara Menaikkan Domain Authority: Tulis Konten Berkualitas

 

Berikan konten berkualitas dan yang disukai oleh google (terakhir kabarnya di sekitar 1285 kata juga sudah disuka google). Tulis konten yang berkualitas dan bermanfaat. Itu sebenarnya tips SEO paling utama.

 

Masalah Link Dalam SEO

 
Bermain dengan link dalam postingan terkait dengan SEO harus hati-hati. Saya menyarankan setidaknya ada 1 link keluar yang bisa kita percaya. Misalnya tulisan ini saya tulis di bloggerkekinian.com tapi saya kasih link ke tulisanbloggerindonesia.com. nah link TBI inilah link keluar (outbound link).
 
Perbanyak link internal. Biasanya saya bermain di 1 outbound link – 3 internal link. Tapi gak harus jadi patokan juga. Apalagi jika kamu belum punya cadangan postingan yang banyak. 
 
Dan saat member link ke postingan (baik dalam maupun luar) haruslah yang relevan ya. Semakin relevan website yang kita berikan link tersebut, akan semakin bagus. Ini juga diperkenankan oleh SEO.


Perhatikan juga link spam pada komentar kamu. Ataupun link yang lainnya yang kamu masukkan. Jangan sampai ada broken link ya.

Cara Menaikkan Traffic Blog #4 – Bermain Di Social Media Itu Perlu Strategi

 
Sharing is caring – bagilah tulisan yang bermanfaat pada sosial media yang kamu punya. Siapa tahu ada yang membutuhkannya. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk menaikkan traffic blog kamu. Siapa tahu ada teman yang re-share dan kemudian dibaca juga oleh temannya. 

Tapi harus mengetahui karakter dari masing-masing sosial media ya. Gak sembarangan dalam hal sharingnya. Seperti di twitter hanya 140 kata kan? 

tips mudah menaikkan traffic blog
sharing and sharing – pakai sosial media kamu

Mengetahui karakter sosial media akan sangat menolong kita dalam menarik pembaca tulisan kita. Misalnya kita menulis tips menulis dari seorang Dewi Lestari, ada baiknya menyebutkan dia. Kenapa kamu memilih dia dan katakan bahwa akhirnya belajar banyak dari dia dan membuat tips menulis yang didapatkan itu.


Bermain di waktu yang tepat di sosial media juga berdampak loh. Bisa kamu cek, kapankah biasanya Timeline twitter kamu ramai? Kapan facebookmu itu ramai? Nah ramainya karena apa? Coba cek, apakah tulisan kamu itu akan tepat dilempar saat itu apa gak? 
 

Cara #5 Dalam Menaikkan Traffic Blog: Analisa Analisa Analisa

 
Nah seperti yang saya sebutkan di post sebelumnya, dan juga beberapa di atas. Analisa – analisa – analisa. Kita harus rajin menganalisa tulisan kita, blog kita. Karena setiap blog itu unik. Bisa saja cara saya ini berhasil pada blog saya, tapi tidak berhasil pada blog kamu. Karena karakteristik blog masing-masing dan juga blogger menentukan dalam cara menaikkan traffic blog.
 

Mainkan google analytics

 
Sudah pernah dengar atau bahkan sudah menggunakan Google Analytics ini untuk blog kamu? Kalau belum, segera daftarkan. Tools gratis dari google ini sangat bermanfaat untuk kita loh. Kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang kita inginkan.
 
Seperti yang saya bilang, dari statistic traffic blog, kita bisa melihat banyak hal. Di google analytics ini banyak yang bisa kita ketahui, seperti bounce rate blog kita. Beda bounce rate, akan beda cara menaikkan traffic blog.

cara menaikkan traffic blog dengan mudah
Manfaat penggunaan long-tailed keyword dalam menaikkan traffic blog


Kalau bounce rate tinggi, salah satu cara efektif menaikkan traffic blog itu bisa dengan tulisan panjang dan bermanfaat serta blogwalking. Tapi kalau bounce rate yang kurang dari 50%, bisa memanfaatkan kekuatan follower untuk meminta bantuan sharing. 
 
Caranya adalah dengan email ke follower kita dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran mereka selama ini di blog, kasih beberapa link yang menurut kamu pantas dibaca oleh mereka. Hal ini cukup efektif untuk menaikkan traffic blog.
 

Analisa tulisan

 
Dari google analytics, kita juga tahu tulisan manakkah yang paling banyak dikunjungi. Dari sana, analisa kembali, kenapa tulisan itu banyak dibaca – saya tidak bicara soal keywords yang membuat orang hadir ke tulisan yang itu ya. Tapi lebih ke gaya tulisan, isi tulisan.
 
Belajar dari sana, coba deh baca tulisan lainnya yang agak sepi dan kemudian revisi mungkin. Namun hati-hati dalam revisi – jangan sampai mengganti url post apalagi jika sudah tersebar luas ke mana-mana. Bisa masuk dalam error 404 nanti.
 
Seperti yang saya bilang sebelumnya, tulisan di blog saya ternyata yang terpopuler adalah iphone mati karena pengalaman pribadi saya banget – beneran panic saya saat kejadian dan kemudian solusinya.
 

Rumusan tulisan menarik: “Pengalaman Pribadi + Solusi Masalah” Dan kalau diperhatikan belakangan ini, tulisan yang menjadi viral dan sering dicari orang adalah yang memberi daftar. Seperti 10 tempat wisata keren di Jakarta Utara. 

 

Analisa audience

 
Di google analytics juga kita bisa lihat audience kita. Secara demografis misalnya, lebih banyak Indonesia ataukah US ataukah Korea? Kalau lebih banyak Indonesia, tapi kita menargetkan US dan membuat tulisan dalam bahasa Inggris terus, apakah sudah tepat?
 
Bisa juga kita analisa dalam hal gender dan usia mereka. Beda gender, gaya tulisan kita harus agak dirubah. Kalau untuk wanita, biasanya lebih suka pengalaman yang menggetarkan hati, sedangkan pria lebih ke logika.
 

Trik Menaikkan Traffic Blog Yang Efektif: Guest Post

 
Dalam akhir tahun 2015, febriyanlukito membuka Guest Post untuk blogger mana saja yang ingin menyumbangkan tulisannya di sana, selama tema yang disampaikan tetap cocok ya. Guest post ini sendiri sebenarnya banyak dilakukan oleh para blogger professional di luar negeri sana.
 
Ini adalah salah satu cara untuk menaikkan nilai mereka secara tulisan. Rata-rata menjadi guest post di website-website ternama yang memang sejalan dengan blog mereka. Tips untuk yang ingin melakukan guest post:


Jangan sembarang memilih tempat guest post kalian. Carilah yang memang sesuai dengan tema blog kalian. Misalnya, jika blog kalian adalah blog perjalanan, bisa menjadi guest post di catperku.com jika mau.

 
Jangan menelantarkan guest post kalian begitu saja. Cobalah untuk terus berkomunikasi dan aktif dengan semua yang berkomentar di tulisan guest post kalian. Percaya deh, dari sekian banyak yang komentar, pasti akan ada yang klik link pada komentar kalian.
 

Cara Menaikkan Traffic Blog Paling Mudah: Blogwalking – Comment itu dijawab

 
cara mudah menaikkan traffic blog
Cara Mudah Menaikkan Traffic Blog adalah dengan Blogwalking

Semua blogger meyakini dan sangat percaya kalau blogwalking adalah cara paling ampuh meningkatkan traffic blog. Dan banyak yang melakukannya, termasuk saya. Dan memang meningkat kok traffic saya, dari awal-awal di 20/hari menjadi 50/hari.

 
Kenapa blogwalking menjadi salah satu cara menaikkan traffic blog yang cukup ampuh? Karena logikanya, si empunya blog akan membaca komen kita dan demikian juga para pembaca setia blog itu sendiri, dan akhirnya tertarik untuk klik url blog kita.
 
Nah, untuk itu, ada beberapa hal yang diperhatikan dalam blogwalking ini:
 
Selalu membalas komen yang masuk dalam blog kita – it is about manner. Ini pendapat saya pribadi sih, tapi saya perhatikan, blogger luar selalu membalas komentar.
 
Beri nama yang unik dan eye catchy ketika meninggalkan jejak di blog orang lain. Fasiltas Name dan URL yang diberikan di blog, hendaknya kita maksimalkan. Kasih nama yang unik sehingga orang akan datang balik ke blog kita. 
 

Pada Akhirnya, Menaikkan Traffic Blog Itu Bukan Urusan Sederhana

 
Kira-kira itu sih yang saya dapatkan dari selama ini. Namun, pada akhirnya, semua harus kembali lagi pada apa yang kita ingin sampaikan pada si pembaca. Kalaupun mereka mencari menggunakan search engine, ada baiknya tulisan kita menjawab apa yang disampaikan.

tips blogging - cara mudah menaikkan traffic blog
Pada akhirnya, cara menaikkan traffic blog adalah dengan konten berkualitas


Jangan memberikan, atau memancing menggunakan judul ataupun teknik SEO yang kita tahu sebagai blogger Indonesia padahal isinya tidak sesuai. Semakin bermanfaat tulisan kita, pastinya akan menarik orang untuk berkunjung ke blog kita.
 

Selain itu, ada juga cara menaikkan traffic blog yang tidak saya tuliskan di sini, yaitu dengan terus update secara rutin. 


Ini salah satu penyebab traffic blog Tulisan Blogger Indonesia – Tips Blogging Dari Dan Untuk Blogger Indonesia ini masih belum optimal. Update secara rutin, daily posting sangat ampuh untuk menunjukkan pada pembaca bahwa kita selalu memberi informasi terbaru untuk pembaca.

Kemudian, yang harus diingat sekali lagi adalah cara menaikkan traffic blog ini bukan jangka pendek. Bisa saja kenaikan traffic blog diraih dalam beberapa waktu. 

Jangan putus asa kalau traffic blog belum meningkat setelah melakukan semua langkah (part 1 dan 2). Saya sendiri mendapatkannya setelah beberapa bulan kok. Sampai jumpa lagi di tips blogging Indonesia berikutnya ya.

50 Comments

Tinggalkan Balasan