Tips Blogging: Cara Mempertahankan Semangat Ngeblog

Saya punya blog kok, tapi ya itu, jarang update. Gimana sih cara mempertahankan semangat ngeblog biar bisa sering update dan traffic blog saya naik? Ya, Tulisan Blogger Indonesia sih paham dan memaklumi kok, kalau semangat ngeblog kadang suka menurun. 
 
cara mempertahankan semangat ngeblog ala tulisan blogger indonesia
Tips Blogging: Cara Mempertahankan Semangat Ngeblog ala Tulisan Blogger Indonesia

 
Tulisan Blogger Indonesia pun juga beberapa kali seperti itu. Lihat saja post terakhir kapan dan sebelumnya kapan? Jedanya lama banget kan? Nah berikut ini Tulisan Blogger Indonesia mau share yang ringan-ringan dulu ya dalam Tips Blogging. 
 

Cara Mempertahankan Semangat Ngeblog Untuk Blogger

 
Ada beberapa cara mempertahankan semangat ngeblog untuk para blogger sebenarnya, tapi yang paling pertama harus dijawab adalah pertanyaan ini: 
 

Kenapa kamu ngeblog? Haruskah ngeblog? Tujuan ngeblog apa?

 
Lah 3 pertanyaan yak? Eh tapi itu sama kok tipenya. Hahahaha. Coba jawab dulu deh. Kalau misalnya menjawab: 
 

Mendapatkan penghasilan dari blog – bisa dapat gak kalau ngeblognya sendiri jarang? Brand yang mau ajak kerjasama juga bakalan mikir, apakah blog ini masih hidup apa gak. 

Okay, sekarang Tips Blogging tentang cara mempertahankan semangat ngeblog dimulai aja ya. 
 

Tips #1 – Ingat Pertama Kali

 
Salah satu cara mempertahankan semangat ngeblog kita adalah dengan mengingat saat pertama kali kita mulai ngeblog. Gimana rasanya pas publish post pertama kali saat itu? 
 
Gimana juga rasanya pertama kali post kita dibaca orang? Gimana rasanya juga post pertama itu dikomen orang? Menyenangkan kan? Pengen merasakan yang seperti itu lagi? Ya ngeblog lah kalau gitu? 
 

Tips #2 – Lupakan Soal Statistik Blog Dulu

 
Salah satu buku yang saya suka banget itu adalah bukunya mbak Carra, Blogging: Have Fun and Get The Money. Di buku ini dibahas gimana kalau ngeblog itu adalah dengan having fun. 
 
Bersenang-senang dengan ngeblog – jangan pikirkan itu statistik seperti Alexa Rank, DA dan PA, berapa statistik blog kita, dan lainnya. Pokoknya ngeblog aja. 
 

Having fun – like playing the best games in your life, that’s how blogging should be about. 

 

Tips #3 – Berapa Uang Yang Akan Saya Dapatkan

 
Duh… jangan dipikirkan dulu soal ini yak. Beneran deh. Berkah dari ngeblog (#BerkahNgeblog) ataupun FOMO atau apalah itu, dilupakan aja. Semua dilupakan aja dulu. Semua itu adalah tambahan buat kita nanti. 
 
Kalau semua sudah waktunya juga akan datang kok. Mendapatkan uang dari blog itu memang ada dan real kok. Tapi bukan berarti dengan bikin blog hari ini, terus besok udah dapat uang. 
 
Gak ada yang instant! Semua perlu usaha, dan cara mendapatkan uang dari blog itu nantinya juga akan bisa kita dapatkan kalau kita berhasil mempertahankan semangat ngeblog kita. 
 

Tips #4 – Blogwalking

 
Selain bermanfaat untuk memperluas networking dan juga nantinya bisa menaikkan traffic kita, blogwalking juga bermanfaat banget sebagai salah satu cara mempertahankan semangat ngeblog kita. 
 
Baca tulisan orang-orang lain bisa memberi ide tulisan baru ke kita – biasanya sih gitu. Dan akhirnya mulai ngeblog lagi deh. 
 

Tips #5 – Baca 30 Kutipan Ini

tips blogging indonesia cara mempertahankan semangat ngeblog
Salah satu kutipan di blog Mbak Carra – tips #3 di atas kan?
 
Nah sebenarnya tulisan cara mempertahankan semangat ngeblog ini muncul karena saya jalankan tips #4 di atas. Abis blogwalking ke blognya Mbak Carra dan menemukan ini:

30 Kutipan Tentang Ngeblog Yang Pasti Bisa Menyemangatimu

 
Bener-bener bikin semangat ngeblog kembali kok. Baca deh. 
 

Kesimpulan 

 
Banyak sebenarnya cara mempertahankan semangat ngeblog dan banyak yang sudah menulis di luaran sana. Tulisan Blogger hanya salah satunya aja, tapi intinya sih biar tetap semangat ngeblog itu ON terus, kembali lagi ke diri kita masing-masing sebagai blogger. 
 
Apakah ngeblog masih kita inginkan? Ataukah memang itu sudah benar-benar hilang? Semua itu di diri kita sendiri yang bisa jawab. Itulah 5 Cara Mempertahankan Semangat Ngeblog ala Tulisan Blogger Indonesia. Jangan lupa follow Fan Page Tulisan Blogger Indonesia dan email kalau ada pertanyaan. 

11 Comments

Tinggalkan Balasan