[Profile Blogger] Travel Blogger yang Hanya Suka Nulis, Tapi Postnya Sering Masuk Page One

Kalau gak salah pertengahan bulan lalu, TBI share post di Page Blogging Indonesia mengenai wawancara blogger. Di sana TBI kasih link ke form untuk diisi para Blogger Indonesia yang ingin ditampilkan di sini. Nah, ini adalah Profile Blogger Indonesia pertama di TBI. 
 
 
tips blogging indonesia
Wawancara Blogger Indonesia – www.tulisanbloggerindonesia.com
 
 

Profile Blogger Indonesia – Chocky Sihombing, Travel Blogger Indonesia

Ada yang kenal belum dengan travel blogger Indonesia yang ini? Dia ini masih belum full time blogger tapi kerjaannya sering banget jalan-jalan. Kalau lihat statusnya di Twitter, seringkali bikin gigit jari. 
 
Misalnya saja beberapa bulan lalu dia ke Iceland, sebelumnya ke Korea. Enak kan? Eh tapi tunggu dulu. Kalau dia sering jalan-jalan bukan berarti dia dibayar brand atau monetizing blog terus ya. Ternyata banyakan dia ini membiayai perjalanannya sendiri kok. 
 

Jalan jalan dengan biaya sendiri itu bebas. Bisa menikmati perjalanan yang memang kita mau. Tapi kalau ada yang mau bayarin ya, mau aja… 😀 

 

Itu kata travel blogger yang satu ini. Kita kenalan lebih dekat yuk dengan dia. Ada beberapa pertanyaan yang TBI sampaikan dan dijawab olehnya. 
 
chocky sihombing travel blogger indonesia
Chocky Sihombing – Travel Blogger Indonesia
 


1. Apa sih Tujuan Awal Ngeblog Dulu dan Ada Perubahan Gak?

 
Tujuan ngeblog saya adalah buat berbagi informasi dan buat jadi travel log pribadi. Hal ini karena kebetulan kebanyakan konten yang ada di blog ya soal traveling. Tapi ada sih curhat-curhat dikit. 
 
 

2. Perlu Gak Seorang Blogger Punya Niche Blog? 

 
Antara perlu gak perlu sih… Blog gado-gado sekali pun bisa jadi identitas blog itu sendiri. Asalkan… 
 
*jeda sesaat*
 
Asalkan pinter atur tampilan dan kategori. 
 

TBI: Mungkin ini maksudnya agar orang bisa tahu juga ya, walaupun gado-gado, blog ini isinya apa aja.

 

3. Sebagai Blogger, Perlu Gak Menguasai Semua Sosial Media?

 
Ini menurut saya ya… Gak perlu semuanya sih. Spesialisasi saja cukup kok. Saya sendiri juga jarang lihat yang kuat di semua sosial media dan blognya juga kuat. 
 
TBI: Om Chocky sendiri kayaknya lebih aktif di Twitter dibandingkan yang lain. Monggo cek Twitternya ya. 
 

4. Blogger dan SEO – Perlu Gak Blogger Paham SEO? 

 
Sebagai blogger, hendaknya dia paham SEO. Setidaknya basic SEO sih. Kalau saya sendiri sih agak capek kalau lagi bikin post baru sambil mikirin SEO. SEO yang saya pakai hanya settingan SEO di blog aja. Kalau sudah ngepost, ya post aja. 
 

Kan tips SEO itu banyak yang bilang minimal 2.000 kata terus harus diulang-ulang sana sini. Nah kalau saya gak gak sampai ini. Pusing mikirnya. 

 
TBI: Nah ini yang menarik. Kemarin sempat bahas juga dengan Om Chocky sendiri. Di mana post dia sebenarnya banyak yang masuk Google Page One. Makanya ketika dia tidak bermain SEO di post, langsung agak bengong TBI. 
 
profil blogger indonesia - wawancara blogger indonesia
Nah ini beberapa post om Chocky yang masuk page one (cek dengan whatsmyserp.com)
Post Visa Korea ini, sempat menduduki posisi kedua untuk keyword “Membuat Visa Korea” – bahkan tulisan saya di febriyanlukito.com juga kalah :d 
 
Yah… mungkin kapan-kapan TBI coba telaah SEO Post dari om Chocky ini ya. 
 

Baca juga: Tips SEO Basic untuk Pengguna Blogspot

5. Bagian Menarik: Monetizing Blog ala Chocky Sihombing itu gimana?

 
TBI: Nah ini kayaknya bagian menarik untuk para blogger ya. Cara mendapatkan uang dari blog ala seorang Chocky Sihombing. 
 
Chocky: Biasanya sih sponsored post, tapi itu pun juga gak asal terima. Selektif sayanya. Terus dulu sih agak males pasang Adsense. 
 
Tapi mengingat biaya hosting yang makin mahal, ya akhirnya pasang juga di blog. 
 
hosting murah dengan domain gratis
Disclaimer: link afiliasi yaaa
TBI: Okay, ini menarik nih. Seorang Chocky Sihombing, yang masuk dalam daftar 100 Travel Blogger Indonesia dengan Alexa Rank #2, ternyata selektif juga terkait sponsored post. Selektif dalam arti apa nih Om?
 
Chocky: Misalnya nih, ketika sponsored post-nya itu adalah tempat wisata yang belum pernah saya kunjungi, ya saya gak ambil. Daripada nanti ada yang tanya-tanya dan gak bisa jawab karena belum pernah ke sana. 
Selain itu, contoh lainnya kalau ada sponsored post yang gambarnya disediakan oleh brand. Tapi ternyata dia ambil dari blog lain. Dicantumkan sih sumber blognya, tapi gak di backlink. Nah yang kayak gini gak saya ambil juga.  
 

Tips untuk Blogger Indonesia (Pemula) dari Chocky Sihombing

Pertanyaan berikutnya dari TBI adalah terkait pesan-pesan dari senior gitu. 😀 Ketika ditanyakan Tips untuk Blogger Indonesia – pemula, berikut yang disampaikan: 
 
1. Blogger itu harus punya beberapa skill dasar seperti:
  • Kemampuan bercerita alias pencerita
  • Kemampuan menulis
  • kemampuan fotografi/desain 

Memang untuk desain grafis, blogger itu gak harus bisa. Tapi kan tampilan blog yang nyaman dan enak dilihat itu perlu juga. Di sinilah skill desain diperlukan oleh blogger. 

2. Ikut komunitas Blogger atau tidak, itu pilihan masing-masing. Kembali ke diri kalian sendiri sebagai Blogger. Mau atau tidak join komunitas. Sudah pasti kalau ikut komunitas blogger ada manfaatnya. 

3. Terkait monetizing blog, tips dari Chocky meliputi harus jaga hubungan dengan brand atau agency sebaik mungkin. Kalaupun saat ini masih belum bisa menerima tawaran dari brand atau agency itu, tetap jaga hubungan. 

TBI: Setuju ini… banget. Jangan nyinyir kalau ada masalah sama brand atau agency di Sosial Media. Mereka punya jaringan loh… 

 

Akhir Wawancara 

Nah, itu deh profil dan wawancara blogger dari TBI yang pertama. Kalau ada salah-salah dan kurang mohon maaf ya. Monggo loh kasih masukan, apa saja yang ingin diketahui dari masing-masing blogger yang akan ditulis di sini. 
 
Terima kasih untuk om Chocky Sihombing yang sudah mau meluangkan waktu untuk diwawancara tengah malam. Beberapa kali pula…. hahaha. Makasih sekali lagi ya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi blogger Indonesia. 
 
Ada yang kenal atau ingin kenalan dengan Om Chocky? Monggo loh komen di bawah atau colek di twitternya (linknya sudah ada di atas). 

7 Comments

Tinggalkan Balasan