Menggunakan Google Webmaster Tools Untuk Fetch As Google

Categories: Tips Blogging, tools
5 Comments
Okay,mumpung saya ingat, gak apa kan ya saya share sedikit mengenai Google Webmaster Tools. Pada dasarnya Google memang menyediakan banyak tools untuk kita utilisasi jika kita tertarik dengan dunia web. Salah satunya ya Webmaster Tools ini. Bagaimana sih menggunakan Google Webmaster Tools untuk fetch post kita? Tips blogging kali ini akan membahas mengenai Fetch as Google dari Google Tools ini. 

Sebelum membahas tentang itu, saya bahas sekilas tentang Google Webmaster Tools dulu ya. Pada dasarnya, Google Webmaster Tools adalah bagian dari Google Search Console yang diberikan secara gratis oleh Google kepada kita. Tujuannya agar website kita (termasuk blog) dapat dibaca oleh Google dan saat orang lain mencari tentang sesuatu yang kita tulis, dia mendapatkan tulisan kita sebagai salah satu referensi. Ingin tahu lebih detail bisa cek dalam Google Help berikut

Misalnya saja, kamu menulis soal Review Film Filosofi Kopi dalam blogmu. Kalau ada yang bertanya pada Mbah Google mengenai film Filosofi Kopi, tentunya dirimu ingin agar Google mengarahkannya pada tulisan di blogmu kan? Siapa yang gak mau menjadi nomor satu di Google Search karena hal itu artinya memperbesar kesempatan orang membaca blog kalian. 

Nah kalau kalian menulis di platform blog wordpress.com ataupun blogspot.com, sebenarnya tidak terlalu pusing dengan hal ini. Karena kedua platform ini membantu kalian untuk hal ini. Yang perlu kalian lakukan adalah menulis. (baca juga: Mengapa Membuat Blog). Tapi jika kalian menggunakan Google Webmaster Tools untuk melakukan fetch as google, hal ini akan membantu. 

Membantunya bagaimana sih? Gini. Saat seseorang memasukkan keyword pada Google Search Page, maka Google akan mencari data yang sudah ada dalam file mereka terlebih dahulu. Baru kemudian mencari lebih luas lagi. 

Dengan melakukan Fetch as Google, kalian akan dapat mengirimkan url post kalian seakan-akan dilakukan oleh Google sehingga terindex oleh Google dengan lebih cepat. 


Kira-kira seperti itu Fetch as Google yang saya ketahui. Monggo tambahkan kalau ada yang kurang ataupun salah dalam hal ini. 

Menggunakan Google Webmaster Tools Untuk Fetch As Google

Tentunya untuk dapat melakukan Fetch as Google, kalian harus mendaftarkan blog kalian dalam Google Webmaster Tools terlebih dahulu. Jika ingin bertanya langsung, bisa hubungi saya lewat komen blog ini. Nanti akan saya share juga sih bagaimana caranya mendaftarkan blog di Google Webmaster Tools. 

Nah jika sudah terdaftar, kalian login ke Google Webmaster Tools kalian ya. Jika kalian mendaftarkan lebih dari satu blog, harap pastikan mana yang kalian sedang buka. 

Fetch As Google di Google Webmaster Tools

Setelah membuka Google Webmaster Tools homepage kalian, kalian pilih yang Crawl. Lalu pilih Fetch As Google. Lihat tampilan di bawah ini untuk panduan. 

menggunakan google webmaster tools untuk fetch as google
Fetch as Google


Kalau sudah menemukannya, kalian akan diarahkan ke halaman untuk Fetch as Google tersebut. Di sebelah kanan, bisa kalian lihat ada http://xxxx.com/ kemudian ada kotak. Ini menunjukkan blog yang kalian ingin fetch as google. 

Fetch as Desktop, Smartphone dan Mobile


Copy Paste URL yang kalian ingin fetch as google di kotak sebelah alamat blog kalian. Ingat, jangan copy paste seluruh urlnya. Hanya setelah .com/ nya saja ya. Terus pilh, fetch as desktop, as smartphone, mobile: xHTML/WML atau mobile:cHTML. Masing-masing tentunya ada tujuannya. 

Fetch as desktop berfungsi untuk versi desktop post kalian, smartphone adalah untuk versi mobile smartphone – yang mana rata-rata semua handphone mobile menggunakan ini sekarang. Sedangkan dua opsi berikutnya masing-masing adalah untuk mobile view dari beberapa handphone (cHTML biasa digunakan oleh website Jepang). 

Saya biasanya menggunakan dua opsi saja, yaitu Fetch as Desktop dan Fetch as Smartphone. Setelah copy paste URL yang ingin kita fetch, kita tinggal klik Fetch atau Fetch and Render. 

Apa sih bedanya Fetch dan Fetch and Render di Fetch as Google ini? 

Kalau kita Fetch – artinya hanya akan meminta Google untuk mengindex saja. Apakah url kita sudah oke atau tidak. Sedangkan kalau Fetch and Render meminta Google juga untuk menampilkan seperti apa sih tampilannya saat diindex oleh Google. 

Error Saat Fetch as Google


Beberapa kali saya mengalami error saat melakukan fetch as google. Salah satu yang sering adalah Redirect. Artinya, url yang kita masukkan itu saat diindex oleh Google diarahkan ke url lain. Biasanya hal ini terjadi pada saat kita fetch as smartphone untuk blog dengan platform blogspot.com ataupun url yang kita masukkan itu hilang. 

Jika menggunakan platform blogspot, saat melakukan fetch as smartphone, secara otomatis Google akan mengarahkan url kita ke url mobile kita. Hal ini mengakibatkan error Redirect saat fetch as Google muncul. 

Gak usah panik. Kamu klik saja Redirect itu dan kemudian saat menampilkan detail tentang url yang di-redirect tersebut, klik Follow. Kemudian kita akan diarahkan ulang ke url baru yang diarahkan oleh Google. Fetch ulang url tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini. 

menggunakan-google-webmaster-tools-untuk-fetch-as-google
Detail saat klik Redirect – ada tombol Follow. Klik saja. 
menggunakan-google-webmaster-tools-untuk-fetch-as-google
Lihat Url yang baru akan muncul (dg m=1 – versi mobile)

Setelah fetch ulang, akan muncul seperti pada gambar di atas – submit to index. Yang ini jangan lupa dilakukan ya. Untuk semua harus dilakukan. Kalau tidak sama juga bohong. Nanti saya bahas di bawah. 

Kalau error Redirect saat fetch as Google kalian karena url tidak ditemukan, klik detail informasi errornya terlebih dahulu. Kalau memang tidak ditemukan, kalian siapkan halaman Error Page 404. Jadi jika tidak ada, akan diarahkan ke halaman ini. Pada febriyanlukito.com saya menggunakan halaman Sitemap blog sebagai halaman Error Page 404 – Page Not Found.

Submit to Index pada Fetch As Google


Fungsi yang ini tak lain adalah mengajukan kepada Google untuk mengindex url yang sudah kita fetch tadi. Jadi kalau kalian lupa lakukan ini, semua yang dilakukan sebelumnya jadi sia-sia saja. Jadi jangan lupa ya. 

Nah, setiap user diberikan 500 kali kesempatan untuk mengindex url yang diinginkan dalam waktu sebulan. Sebulan di sini benar-benar sebulan sejak kalian mendaftar Google Webmaster Tools ya. Bukan hitungan bulan Mei atau Juni. Jadi kalau kalian join tanggal 22 Mei 2015 maka kalian akan mendapatkan 500 kali kesempatan mengindex url sampai dengan 21 Juni 2015. 

menggunakan-google-webmaster-tools-untuk-fetch-as-google
Ini dia pilihan Index Fetch as Google


Yang 500 tadi itu adalah untuk index url yang kita copy paste tadi saja. Pilihan satu lagi adalah untuk index url plus url lain yang ada dalam url yang kalian masukkan. Misalnya saja saya ingin index url tulisan ini. Ada beberapa link yang saya masukkan kan di sini. Nah di pilihan yang kedua, artinya saya juga meminta Google untuk index url lainnya yang ada di post saya ini. 

Pilihan kedua ini, kita hanya diberikan sebanyak 10 kali permintaan saja per user. Ingat ya… per user. Jika kalian menggunakan user id yang sama untuk Google Webmaster Tools untuk beberapa blog (seperti yang saya lakukan), maka kesempatan itu berlaku untuk semua blog yang ada. Setiap saya submit untuk index blog A, maka jumlahnya berkurang satu. Pada saat index blog B, jumlah akan berkurang satu lagi. 

Panjang juga ya saya nulisnya. Sekian dulu saja ya… sekali lagi, tulisan menggunakan Google Webmaster Tools untuk Fetch as Google ini adalah tulisan saya sebagai pengguna yang masih belajar. Kalau ada masukan, monggo… saya menantikan banget komen kalian. 

5 Comments

Tinggalkan Balasan