Membuat Tulisan Agar Nomor Satu Di Google

Categories: Tips SEO
12 Comments
Banyak yang bilang kalau ingin traffic blog tinggi, caranya adalah membuat tulisan agar nomor satu di Google. Jadi kalau orang mencari dengan keyword yang mereka inginkan, tulisan kita akan muncul di page pertama Google. Memang benar seperti itu kok, cara menaikkan traffic blog yang benar. 
 
Tapi apakah mudah melakukannya? Gak mudah loh agar tulisan masuk di page one Google. Banyak tulisan mengenai cara melakukannya di beberapa blog lain. Beberapa bilang gak usah pusing dengan cara itu. Biarkan saja menulis, karena yang terpenting dalam blogging adalah menulis hal yang ingin dibagi dengan orang lain bukan traffic blog. 
 
Seperti yang saya tuliskan dalam Tips Membuat Blog, harus ditentukan dulu tujuan kalian membuat blog. Kalau hanya ingin share, ya menulis sebanyak-banyaknya yang ingin dishare oleh kalian. Tapi saya tanya lagi kepada kalian:
“Bukankah lebih baik kalau tulisan muncul di nomor satu Google Page jadi banyak yang bisa baca.” 
 
Saya setuju sih kalau kalian ingin sharing apapun tentang yang kalian ketahui, sama seperti Tulisan Blogger Indonesia ini, saya dedikasikan untuk sharing soal blog. Sebatas sepengetahuan yang selama ini saya jalani ya. Saya sendiri pernah sampai menjadi kafir traffic, rasanya wow aja gitu kalau ada post kita yang hits gitu. 
 
Tapi ya, saya ingin bagi satu rahasia lagi, bahwa cara membuat tulisan muncul di Google Page itu bukan segalanya. Melainkan awal untuk kalian menjadi lebih besar lagi, tapi jangan jadikan semua terfokus pada menjadi blog nomor satu di Google. Berbagilah sebagaimana kalian ingin membagi yang kalian punya. 
 
Ah tulisan saya sudah mulai gak jelas ya. Kembali ke topik membuat blog jadi nomor satu di search engine ya. Yang saya ketahui hingga saat ini adalah dengan beberapa cara berikut: 
 

Menggunakan Keyword Yang Tepat (agar tulisan muncul di page one Google)

 
Membuat tulisan yang memang diinginkan oleh orang lain adalah kunci awal agar tulisan dibaca orang lain. Misalnya saja kamu. Kamu ingin mencari tahu tentang blogging, coba pikirkan apa saja yang akan kamu mau cari? Nah tulislah tentang hal itu. Dan pakai kata-kata (keyword) yang kira-kira kamu gunakan kalau mencarinya di Google atau search engine lainnya. 
 
Menggunakan keyword yang tepat, entah itu long-tailed keyword ataupun keyword pendek, itu pilihan kalian. Tapi sangat disarankan untuk menggunakan keyword yang panjang agar lebih mudah ditemukan. 
 

Baca juga: Cara Mendapatkan Keyword Yang Bagus Untuk Blog

 

Memanfaatkan Google agar tulisan menjadi nomor satu

 
Ya, kita kan ingin Google menampilkan tulisan kita di halaman pertama Google saat orang lain mencari artikel. Jadi kenapa kita tidak memanfaatkan apa yang sudah disediakan oleh Google untuk kita, secara gratis. Bener-bener gratis kok. 
 
Salah satu syarat untuk membuat blog kita di halaman pertama Google itu adalah jika blog kita terindex dengan baik oleh Google. Kita sebenarnya tidak perlu memaksakan Google untuk mengindex blog kita. Tapi tahu dong kalau klien Google itu banyak banget jadi gak tahu kapan blog kita akan diindex oleh dia. 
 
Salah satu cara untuk mempercepat blog kita terindex oleh Google adalah dengan submit url kita. Kita masukkan url tulisan yang sudah kita buat ke Google. Nah untuk itu diperlukan gmail tentunya. Gak susah dong, kan kalian sudah punya blog di blogspot kan? Kalau belum baca deh cara membuat blog di blogspot. 
 
membuat tulisan blog agar menjadi nomor satu di google page
Submit URL yang disediakan Google untuk membuat tulisan menjadi nomor satu
 
 
Selain cara submit url di atas, ada cara lain yaitu dengan menggunakan fasilitas Webmaster Tools dari Google. Kita Fetch As Google, jadi seakan-akan kita ini sebagai Google yang mengirimkan link kita ke Google. 
 

Baca juga: Fetch As Google

Setidaknya dua cara di atas sih bisa membantu tulisan di blog kita menjadi nomor satu di Google Page. Eh tapi gak akan instant ya, apalagi kalau dirimu masih baru dalam dunia blogging. Perlahan tapi jangan menyerah. Teruslah menulis dan terapkan semua SEO Tools yang kalian ketahui. Kapan-kapan saya share lagi soal SEO tersendiri ya. 
 
O iya.. cara lain untuk membuat tulisan jadi nomor satu di search engine juga adalah memanfaatkan sosial media yang ada, seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan sosial media lainnya. Jangan lupa juga untuk blogwalking ya. 😀 

12 Comments

Tinggalkan Balasan