Masalah Copyright Gambar Dalam Blog

Categories: Tips Blogging
14 Comments
Penggunaan gambar dalam blog adalah hal yang umum dan sangat dianjurkan, akan tetapi muncul masalah baru dari penggunaan gambar ini. Banyak blog menggunakan gambar yang dicari menggunakan google, yahoo atau mesin pencari lainnya begitu saja. Ini menyebabkan munculnya masalah copyright gambar yang digunakan dalam blog. 

Dan kemudian hanya menuliskan sumber gambar dari Google atau mesin pencari lainnya. Hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan oleh seorang blogger, apalagi jika blogger itu ingin jadi problogger. Usahakan menggunakan gambar karya sendiri atau menggunakan gambar dari penyedia gambar gratis seperti pexels misalnya.


Baca juga: Copyright Dalam Blogging

Masalah Copyright Gambar dalam Blog

Masalah copyright gambar dalam blog ini menjadi issue yang gak henti-hentinya terjadi karena si empunya gambar merasa telah dirugikan. Apalagi kalau memang gambar itu adalah milik dia sendiri. Itu salah satu permasalahan hak cipta gambar dalam blog.

Berikut ini beberapa alasan dan juga solusi yang bisa digunakan oleh blogger untuk masalah gambar ini.

Mendapatkan Gambar Bagus Itu Gak Gampang

Hak Cipta adalah satu hal yang hendaknya kita junjung tinggi dalam pelaksanannya. Kita, sebagai blogger, merasakan sulitnya menghasilkan sebuah karya – dalam hal ini tulisan kita atau jika kamu food blogger, pasti kamu merasakan susahnya menghasilkan sebuah foto makanan yang bagus. 
 
Seperti yang dituliskan oleh Mbak Sashy dalam Facebooknya beberapa waktu lalu. 

masalah copyright dalam blog
Susahnya mendapatkan gambar (sumber: Sashylittlekitchen.com)

Dan Mbak Sashy sendiri juga menuliskan di dalam blognya Sashylittlekitchen.com mengenai pelanggaran hak cipta oleh blogger ini. Tulisannya cukup lengkap kok (baca Di Balik Pelanggaran Hak Cipta).

Coba bayangkan panjangnya proses untuk mendapatkan sebuah gambar yang bisa dipakai untuk sebuah postingan blog. Kebayang gak rasanya kalau suatu hari mendapatkan foto tersebut dipakai begitu saja tanpa ijin dan bahkan membuang watermark foto. 

Menghargai Hasil Karya Orang Lain – Cara Mendapatkan Gambar Untuk Blog Tanpa Melanggar Hak Cipta

Yang perlu ditekankan sepertinya bukan lagi pengetahuan mengenai Hak Cipta sebuah foto tapi adalah kesadaran dalam menggunakan gambar tersebut. Saya sendiri yakin kalau banyak yang sebenarnya sudah paham mengenai copyright gambar dalam blog (termasuk fungsi blog dalam meningkatkan SEO blog).

Baca juga: SEO On Page Checklist untuk Blogger


Tapi hal ini tidak mengurangi pelanggaran hak cipta gambar dalam blog. Masih banyak pelanggaran terjadi dan rata-rata menggunakan kalimat: 

Saya mengambilnya dari google kok… gak masalah dong. 


Padahal kenyataannya, Google sendiri memiliki Terms & Condition yang jelas mengenai masalah hak cipta ini. Dia tidak mengijinkan orang juga serta merta menggunakan foto orang lain tanpa ijin. 


Mencari Gambar Menggunakan Google


Sama seperti kebanyakan orang, saya suka sekali menggunakan google search dalam mencari gambar yang kira-kira cocok untuk tulisan blog saya. Awalnya saya akan search dan saat image yang cocok muncul, saya akan langsung menggunakannya begitu saja. 

Hingga suatu hari saya tertumbuk (stumble upon) tulisan dari Mbak Handdriati mengenai cara mencari gambar di google. Ternyata google menyediakan fasilitas untuk mencari gambar tanpa copyright. Kalau kita menggunakan fasilitas advance dalam pencarian gambar di google ini, pastinya kita tidak melanggar. 

Cara mencari gambar yang bebas masalah hak cipta di Google itu gampang kok. Caranya: 

1. Masuk ke Google

masalah copyright atau hak cipta gambar untuk blog


2. Masukkan keyword gambar yang ingin dicari seperti kita biasa lakukan. 
3. Klik Pengaturan (Setting) yang ada di kiri atas dan pilih advance search

menggunakan gambar bebas hak cipta atau copyright untuk blog
Advance Search


4. Akan muncul opsi lanjutan untuk pencarian gambar di google

cara mendapatkan gambar di google tanpa masalah hak cipta atau copyright
Tampilan pencarian tingkat lanjut di google


5. Scroll ke bawah dan pilih yang usage right (hak penggunaaan). Pilih yang free to use or share atau free to use or share, even commercially

menggunakan gambar tanpa masalah hak cipta di google
Pilih gambar yang bisa kita pakai



Akan muncul daftar gambar di google yang bisa kita pakai tanpa harus khawatir kalau kita melanggar hak cipta atas gambar tersebut atau tidak. Dan dengan melakukan hal itu, kita sudah menghargai hasil karya orang lain loh. Gampang kan?

Menggunakan Gambar Pribadi


Cara lain yang bisa membuat kita aman dari masalah hak cipta atau copyright untuk gambar dalam blog kita adalah menggunakan gambar pribadi kita. Kalau kita menggunakan gambar pribadi, artinya kan memang itu hak cipta kita sendiri. 

Dan jangan lupa menggunakan watermark pada gambar tersebut (walau akan ada orang yang dengan mudah menyembunyikan watermark tersebut). Biasanya saya pakai Pixlr Express dan Fotor untuk edit foto dan menambahkan watermark di laptop saya. Sudah barang tentu menggunakan Photoshop untuk watermark akan lebih bagus. 

Tapi sebenarnya, dengan ataupun tanpa watermark, semua gambar pribadi yang diupload di sebuah blog akan mengikuti kebijakan dari blog tersebut. Jadi saat kamu menggunakannya, baca dulu Privacy Policy blog itu ya. 

Menggunakan Gambar Dari Website Penyedia Foto Gratis


Sebelumnya, saya pernah menggunakan Shutterstock untuk foto-foto dalam blog saya. Tapi itu sebelum saya tahu bahwa shutterstock member yang free itu tidak diperkenankan menggunakannya. Setelah itu, saya langsung hapus semua foto dari shutterstock yang pernah saya pakai. 

Namun, jangan khawatir, masih banyak website lain penyedia foto gratis yang bisa kita pakai. Gambar-gambar di website ini adalah gambar yang bisa kita pakai untuk blog tanpa masalah copyright atau hak cipta gambar sama sekali. 

Berikut ini website yang biasa saya pakai: 

PEXELS. Pexels.com menyediakan banyak foto yang bisa kita pakai dalam blog. Gambar yang ada pun juga bagus-bagus kok. Bisa kita edit seperti dalam foto di bawah ini. 

masalah hak cipta atau copyright gambar dalam blog
Foto dari Pexels.com edit menggunakan fotor.com – saya pakai di febriyanlukito.com

Baca juga: Tips Blogging Lainnya di Tulisan Blogger Indonesia ini


Ada juga saya pakai pixabay kadang-kadang. Atau juga Flickr.com. Tapi untuk Flickr, kita pun harus cek ya ketentuannya. Terkadang ada yang tidak diperkenankan untuk dipakai secara bebas. Baca ketentuannya di Creative Common Flickr.

Kesimpulan


Rata-rata blogger memahami pentingnya gambar dalam sebuah postingan blog. Tapi masalah hak cipta atau copyright gambar dalam blog masih menjadi momok menakutkan. Jika kita menggunakan gambar yang punya hak cipta tidak boleh digunakan secara bebas, kita bisa dilaporkan ke DMCA oleh empunya dan bisa dibanned. 

Apalagi jika kamu adalah Adsense Publisher, masalah hak cipta atau copyright gambar dalam blog ini bisa membahayakan dirimu loh, bisa dibanned akun Adsense kalian. 


Menghargai hasil karya orang lain akan menghindarkan kita dari masalah hak cipta atu copyright gambar dalam blog kita loh. So??? Masih menggunakan gambar seenaknya untuk blog?

14 Comments

Tinggalkan Balasan