Langkah Membuat Blog Di WordPress

Categories: Tips Blogging
No Comments
Okay, Tips Blogging Indonesia kali ini akan membahas langkah membuat blog di wordpress ya. WordPress di sini tentunya wordpress.com yang free. Bukan membuat blog self-hosted dengan wordpress. Itu nanti dibahas dalam post berbeda ya. 

Baca perbedaan Self-Hosted Dan Free Hosted Blog

 
Dalam membuat blog di wordpress itu sebenarnya sangat mudah, hanya perlu mengikuti langkah demi langkah membuat blog baru.
Yang perlu disiapkan dalam membuat blog di wordpress adalah sebuah email – bisa email apa saja. 
langkah membuat blog di wordpress com dengan mudah dan cepat


6 Langkah Membuat Blog di WordPress Com

 
Nah berikut ini adalah langkah membuat blog di wordpress com alias wordpress gratisan – dan bukan untuk setting TLD di wordpress ya. 
 

1. Buka alamat wordpress.com 

 
Okay, sudah buka website wordpress.comnya belum? Di halaman awal web itu akan muncul tampilian seperti di bawah ini. Yang perlu dilakukan adalah klik tombol create website. 
langkah membuat blog di wordpress com
Buka wordpress.com dan create website – cara membuat blog di wordpress yang pertama
 

2. Masukkan alamat blog yang kalian ingin untuk didaftarkan. 

 
langkah membuat blog di wordpress com nama blog di wordpress
Nah untuk yang ini, harap disesuaikan dengan tujuan kamu ngeblog dan tipe blog yang kalian inginkan. Alamat blog yang unik dan sesuai dengan tipe ataupun tujuan blog sangat dianjutkan. Siapkan beberapa alamat blog yang kalian ingin daftarkan. 
 
Pada saat alamat blog kalian daftarkan, akan terlihat apakah nama blog tersebut sudah ada yang pakai atau tidak. Kalau sudah okay, click Create Your Site and Continue ya. 
 

3. Isi data detail untuk blog WordPress Kamu

 
cara mudah membuat blog di wordpress com
Langkah 3 membuat blog di wordpress

Kalau sudah okay langkah keduanya, kita akan diajak ke langkah berikutnya, yaitu detail akun yang ingin kita daftarkan di wordpress.com ini. Isi email, username dan password di masing-masing kolom. 

 
 
Untuk username, tolong diperhatikan bahwa user name ini yang akan muncul saat nanti kalian blogwalking dan meninggalkan komen di blog tetangga. Jadi pikirkan baik-baik user name yang ingin kalian pakai ya. 
 

 

 

4. Custom Address

 
langkah membuat blog di wordpress custom address di wordpress
Langkah Mudah Membuat Blog di WordPress #4

Langkah berikutnya dari wordpress.com setelah berhasil input data detail di atas adalah custom address. Langkah ini sebenarnya adalah tawaran dari wordpress.com untuk kita. Apakah ingin menggunakan alamat domain khusus atau tidak. Misalnya saja menggunakan tulisanbloggerindonesia.com dengan harga langganan $18 per tahun. 

 
 
Jika kalian ingin menggunakan nama blog dengan domain, bisa pilih yang kalian inginkan, tapi kalau tidak, ya di click yang No Thanks saja. Saya pribadi lebih suka membeli domain dan hosting sendiri alias Self Hosted WordPress

Banyak perusahaan hosting yang memberikan domain secara gratis untuk pembelian hosting tahunan. Jadi pikirkan yang masak yakkk – tentunya karena ada Syarat dan Ketentuan berlaku. Saya sendiri merekomendasikan One.com kalau mau yang internasional ataupun Qwords untuk hosting lokal. 
 

5. Memilih Tema Tampilan Blog

 
Kalau kalian memutuskan menggunakan domain address, langkah berikutnya pasti bukan ini. Tapi kalau click No Thanks, langkah berikutnya ya ini. Memilih tema tampilan blog. Salah satu yang saya suka dari wordpress.com adalah tema alias theme blog yang dimilikinya. 
 
langkah membuat blog di wordpress memilih theme blog di wordpress
 
 
Banyak dan sangat mudah dieditnya. Gak perlu paham edit html juga bisa rubah desain theme yang kita inginkan. Nah di langkah ini, saya sarankan kalian memilih dengan baik tema blog yang diinginkan. Atau ya asal pilih dulu karena nanti bisa ganti tema tampilan blog dengan mudah kok. 
 

6. Jenis Layanan Blog

 
Nah berikutnya, yang merupakan langkah terakhir dalam membuat blog di wordpress.com adalah memilih jenis layanan blog yang diinginkan. Ada tiga jenis layanan di wordpress yang bisa dipilih. 
 
Free, Premium dengan biaya $99 per tahun dan Business dengan harga $299 per tahun. Kembali lagi, ini adalah pilihan kalian sendiri ya. Mau pilih yang mana. Beda di antara ketiganya apa saja? Seperti terlihat dalam gambar di bawah. 
 
langkah membuat blog di wordpress 3 jenis layanan di wordpress
Cara membuat blog di wordpress
 
 
Free artinya benar-benar layanan gratis untuk blog saja. Tapi bukan berarti support wordpress.com untuk jenis layanan ini jelek ya. Bagus kok. Banyak tema gratis yang bisa kita gunakan. Nah kalau premium itu artinya kita diberi beberapa tema tampilan blog yang premium dalam paket yang kita beli. Termasuk juga menggunakan domain pribadi yang kita inginkan. 
 
Jadi kalau kita sudah punya TLD – Top Level Domain untuk blog kita, sebenarnya bisa kita gunakan wordpress.com untuk hosting domain blog kita. Layanan premium ini bisa jadi pilihan. Kita gak pusing untuk urusan SEO dan lainnya, karena hosting dengan wordpress.com artinya semua diatur oleh wordpress.com. 
 
Kalau yang business dapat apa saja? Lebih mahal dari premium, makanya dengan layanan Business kita mendapatkan layanan prioritas, termasuk jumlah tema tampilan blog premium yang lebih banyak dan juga besarnya space yang kita dapatkan lebih banyak alias unlimited. 
 
Mana yang kalian pilih? Saya pilih yang free karena sejak awal saya sudah katakan kalau akan membuat blog di wordpress.com yang free saja kan. Jadi saya click Select Free saja. 
 
Nah sebenarnya setelah langkah nomor 6 di atas, artinya blog kalian sudah siap. Tapi wordpress.com akan mengarahkan kalian ke halaman verifikasi email. 

Membuat Blog di WordPress Com

Untuk verifikasi email, ya tinggal buka email yang kalian daftarkan dan kemudian verify. Kemudian customize your site dan pilihan lainnya. Sebenarnya bisa dilakukan nanti kalau gak mau sekarang juga. Customize your site itu untuk mengedit tampilan blog yang kita punya. Nanti pun bisa kita lakukan melalui dashboard blog kita. 
Which actually means, blog kamu di wordpresscom itu sudah siap digunakan dan dipublish. 
 
Jadi… itu langkah membuat blog di wordpress, free blog di wordpress ya. Moga kalian berhasil membuat blog di wordpress. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan komen, akan saya balas sesegera mungkin. Happy Blogging. 
Butuh bantuan bikin blog? Kontak langsung aja ya…

Tinggalkan Balasan