Domain Authority Dan Page Authority – Tak Kenal Maka Tak Sayang.

Categories: Tips Blogging
44 Comments
Beberapa waktu belakangan ini banyak sekali #BloggerIndonesia yang membahas atau berdiskusi tentang DA PA. Beberapa bertanya bagaimana cara meningkatkan nilai DA PA – Domain Authority dan Page Authority ke #TulisanBloggerIndonesia. Sebelum kita mengetahui cara meningkatkan DA PA, kita kenalan dulu yuk dengan DA PA Blog. Semoga Tips Blogging kali ini bisa membantu. 
 

Apa Itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)?

 

 

mengenal dan cara meningkatkan domain authority (da) dan page authority (pa)
Mengenal Domain Authority Dan Page Authority – Tips Blogging Indonesia (cara menaikkan DA PA)
Domain Authority dan Page Authority dikembangkan oleh Moz dalam usahanya mengetahui kekuatan sebuah website dalam hal pencarian oleh mesin pencari. Dengan menerapkan beberapa faktor dalam perhitungan ranking tersebut, Moz berhasil menetapkan DA dan PA ini. 
 

Apakah Domain Authority itu?

 
Kita kenalan lebih dekat dengan Domain Authority (DA) dulu yuk. DA ini adalah alat ukur kekuatan sebuah domain dalam hal pencarian oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya (SEO).

Jadi Domain Authority hanya berlaku untuk yang menggunakan TLD – Top Level Domain. Jika kamu menggunakan blogspot ataupun wordpress.com atau blog platform gratis lainnya, DA kamu yang tinggi dikarenakan domain blogspot ataupun wp.com itu. 

Baca juga: Tips Memilih Hosting Yang Cocok

Pengukuran dilakukan oleh Moz dengan skala nilai 1 – 100, yang artinya jika nilai DA website atau blog kamu semakin besar, semakin bagus kekuatan domain kamu.
hosting murah

Link Afiliasi

Apakah Page Authority itu? 


Berbeda dengan domain yang membahas keseluruhan domain (alamat web kita), page authority melihat kekuatan sebuah page yang kita miliki. Jadi lebih spesifik daripada Domain Authority itu. 

Sama seperti DA, PA juga menggunakan skala 1 – 100 untuk menunjukkan kekuatan sebuah halaman (website ataupun blog) dalam hal pencarian oleh mesin pencari. 


Faktor Pembentuk Matriks Domain Authority dan Page Authority


Seperti yang disebutkan di atas, baik Domain Authority dan Page Authority (DA & PA) ini memiliki banyak faktor yang menentukannya. Berikut ini Tips Blogging akan membahas mengenai faktor-faktor itu. 

Dalam menentukan berapa skor akhir Domain Authority dan Page Authority itu, Moz membuat matriks perhitungan yang menggabungkan beberapa faktor di dalamnya. 

Faktor pembentuk Matriks DA & PA tersebut antara lain: 

  1. Root Domains Linking 
  2. Jumlah Link
  3. Moz Ranks
  4. Moz Trust
Eh tapi, ke-4 faktor di atas hanyalah sebagian ya. Masih banyak lagi faktor yang membentuk Domain Authority dan Page Authority ini. Semua penilaian dilakukan oleh Moz. 


Menggunakan Domain Authority dan Page Authority

Dengan semakin banyaknya yang menggunakan TLD, maka semakin banyak juga yang ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan Domain Authority dan Page Authority yang benar. 

Dari yang #TulisanBloggerIndonesia baca, penggunaan yang sebenarnya adalah DA dan PA kita dibandingkan dengan website sebanding. Jadi kalau kita membaca DA dengan nilai 30 mungkin artinya sudah cukup bagus (apalagi jika website kita baru saja dimulai). 

mengenal dan cara meningkatkan domain authority (da) dan page authority (pa)
Apa yang bisa dipelajari dari Perbandingan ini – isi di komen ya



Akan tetapi, jika kita memiliki pembanding (ingat, dalam membandingkan haruslah yang serupa ya), kita bisa melihat, apakah domain kita lebih baik atau tidak. 

Use Domain Authority when comparing one site to another or tracking the “strength” of your website over time. (Sumber: moz.com)

Misalnya saja, blog kalian berniche kuliner, maka bandingkanlah DA & PA dengan blog yang kuliner juga. Untuk PA sendiri, bandingkan page tertentu pada blog kita dengan blog yang sama. 

Hasilnya akan menunjukkan berapa kekuatan blog kita dalam hal niche kuliner terhadap blog kuliner lainnya terhadap mesin pencari. 

Untuk mengecek berapa Domain Authority Dan Page Authority bisa klik OSE ini.

Cara Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority


Banyak yang bertanya bagaimana cara menaikkan Domain Authority dan Page Authority. Saya sendiri pun masih mempelajarinya dan masih belum mendapatkan satu jawaban pasti yang akan menaikkan DA & PA dengan cepat. 

mengenal dan cara meningkatkan domain authority (da) dan page authority (pa)
Cara Menaikkan Domain Authority dan Page Authority



Tapi menilik dari beberapa faktor yang digunakan dalam menghitung DA & PA di atas, cara tepat untuk menaikkan Domain Authority dan Page Authority adalah dengan: 

Perbanyak Link ke root domain


Apa itu root domain? Saya ambil contoh langsung adalah blogspot.com ya. Root domain-nya adalah *.blogspot.com nya itu. Sedangkan kalau kita buka blog di blogspot, kita akan mendapatkan subdomain seperti (TBI – Tulisan Blogger Indonesia). 

Memperbanyak link ke root domain kita artinya menyebarkan link kita dan berharap dimasukkan ke dalam blog atau website orang lain. Cara paling mudah mendapatkan backlink: menyebarkan link ke Web 2.0. @tulisanblogger Tapi jangan kebanyakan… bisa dianggap spam.

Membangun Link Profile


Apa itu Link Profile? Pada intinya, link profile adalah memperbanyak link (baik internal maupun external link) ke rootdomain atau ke page tertentu kita. Hal ini biasanya terjadi kalau konten yang diciptakan itu baik. 


Content is the King – ini yang harus diingat kalau ingin memperbanyak link profile external. 

Namun, dalam membuat link profile ini, jangan sembarangan. Yang harus kita bangun adalah link profile berkualitas. Link profile berkualitas link yang populer dan relevan. Misalnya blog #TulisanBloggerIndonesia ini memberi link ke blog SEO – hal ini dianggap relevan. Demikian juga sebaliknya jika menerima link dari blog seperti itu. 

Contoh internal link: Masalah Copyright Blogger


Menaikkan Moz Ranks


Apa itu Moz Ranks? Moz Ranks dianggap sebagai pengganti dari PageRank yang dihentikan oleh Google untuk umum. Dengan skor 1 – 10 untuk menilai seberapa populer link kita. Mungkin nanti dibahas terpisah ya. 

Menaikkan Moz Trust


Hampir mirip dengan Moz Ranks, Moz trust juga menilai link. Tapi yang dinilai adalah seberapa link kita dapat dipercaya. Untuk menaikkan moz trust ini adalah dengan menerima link dari website-website terpercaya seperti website pemerintahan, pendidikan (.org dan .edu). Tapi mendapatkan link dari website seperti itu tidaklah mudah. 

Gimana? Pusing gak pala barbie? Saya aja pusing kok hehehe, tapi saya kasih rahasia penting yak dalam meningkatkan DA, PA, MR, MT, PR apapun namanya: 


Kesimpulan Akhir Tentang Domain Authority Dan Page Authority


Pucink makkkk mikirin Domain Authority dan Page Authority ini. Tapi seperti yang #TulisanBloggerIndonesia sebutkan di atas, rahasia utama ada di konten kita. 

Tulislah konten berkualitas dan shareable (pantas disebarluaskan). Karena dengan demikian, otomatis akan menaikkan jumlah sebaran link kita sendiri. Seperti yang ditulis oleh Mbak Anne Adzkia, yang baru saja saya baca tadi. Power of Konten


Sumber:

https://moz.com/learn/seo/domain-authority
https://moz.com/learn/seo/page-authority
https://moz.com/learn/seo/moztrust

44 Comments

Tinggalkan Balasan