Update Maret 2017: Cara Mendapatkan Keyword yang Bagus untuk Blog Kamu dengan 2 Tools Ini!

Categories: Tips SEO
18 Comments
Apa sih pentingnya sebuah keyword dalam menulis di blog? Tak lain adalah untuk mendapatkan peringkat di page one Google, yang diharapkan nantinya akan mendatangkan traffic ke blog kita secara alami.
Ingat ya…
Traffic ke blog secara alami. Bisa saja sih kita membeli traffic tapi bukan hal yang disukai oleh Google. Karena itu, kita perlu tahu Cara Mendapatkan Keyword Yang Bagus Untuk Blog. 
cara mendapatkan keyword untuk blog

Cara Mendapatkan Keyword untuk Blog yang mendatangkan traffic

 
Ada beberapa orang yang bilang kalau keyword yang bagus itu harus keyword yang spesifik. Terus ada juga yang bilang kalau keyword yang panjang lebih bagus alias yang sering disebut dengan Long Tail Keyword.
Gosipnya kalau pakai long tail keyword, kesempatan tulisan kita masuk dalam 10 besar tulisan teratas di Google itu lebih besar. 
 
Masalah ingin menggunakan long tail keyword atau gak, itu ada di tangan kalian sendiri. Saya hanya ingin menunjukkan cara mendapatkan keyword untuk blog yang biasa saya pakai saja di sini. Saya pakai keyword tools yang disediakan secara gratis kok di web. 
 

Cara Mendapatkan Keyword Dengan UberSuggest

 
Ubersuggest.org adalah website yang dapat kita gunakan secara cuma-cuma untuk mendapatkan keyword untuk blog kita. Tinggal buka website tersebut dan kemudian pakai tools keyword yang disediakan. 
[Update 10/03/2017: Ubersuggest.org kini dalam proses akuisisi oleh SEMRush – Untuk dapat pakai yang free bisa langsung ke ubersuggest.io]
 
Sudah buka ubersuggest websitenya belum? Alamatnya saya tuliskan kok. Okay, sudah? Nah saat masuk ke website itu, kalian akan menemukan banyak kotak-kotak, tapi abaikan kotak lainnya, fokus pada yang berwarna hitam di tengah saja, seperti di bawah ini: 
cara mendapatkan keyword untuk blog dengan ubersuggest
Fokus pada yang di tengah ini nih… 

Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Mencari Keyword

Ada 3 kolom yang kalian perlu perhatikan, yaitu Kolom Query, Kolom pilihan Bahasa dan juga Kolom jenis pencarian yang diinginkan.
Tinggal kita masukkan query yang kita inginkan. Misalnya saja untuk tulisan ini saya pakai kata keyword, bahasa Indonesia dan Web.
Terus kita klik “Suggest”. Nanti akan muncul deh daftarnya. Seperti cara mendapatkan keyword yang baik sebagai usulan dari ubersuggest ini. 
 
Berikut tampilan cara query dan juga hasilnya untuk kata “terminator” yang saya juga lakukan. 
 
mencari keyword untuk blog
cara mendapatkan long tailed keyword yang baik untuk blog
Saran long tailed keyword dari Ubersuggest
Lihat hasil dari query kata terminator itu, ada juga CPC dan volumes yang dimunculkan di sana. CPC itu menunjukkan harga yang harus dibayar oleh orang jika ingin memasang iklan dengan keyword tersebut. Sedangkan Volume menunjukkan banyaknya orang yang mencari dengan keyword tersebut. 
 
Jika sudah muncul hasil query seperti itu, langkah berikutnya yang kita lakukan adalah mengecek keyword mana yang mau kita pakai dalam menulis di blog kita.
Bingung karena kebanyakan? Sama… Nah ada satu lagi sebenarnya alat yang bisa pakai di ubersuggest ini, yaitu fasilitas export hasil query. 
 
Eksport Data Query Ubersuggest
Jadi kita export data query itu dan bisa kita simpan dalam format CSV sehingga bisa kita buka lagi kapan-kapan atau dipakai untuk kelanjutannya, yaitu dengan AdWords (nanti di bawah saya tuliskan).
Untuk mengekspor hasil telusur di ubersuggest, kita hanya perlu klik pada “Select All” di kotak hitam yang tadi saya bilang, terus geser dikit ke bawah, klik “Get”. Seperti di bawah ini: 
 
cara mendapatkan keyword untuk blog dengan ubersuggest
Ini tampilan keyword saat kita sudah select all. Perhatikan di bawah logo twitter ada Get. 
cara-mendapatkan-long-tailed-keyword-yang-bagus-untuk-blog
Kalau muncul ini, bisa kita copy paste sendiri atau download CSV filenya. 
File akan otomatis masuk dalam folder download di komputer kita kalau kita set untuk donlot file ke sana. Terus diapakan dong file keyword yang baik ini?
Dilihatin saja. Hahaha. Gak, seperti yang saya bilang, kalau mau tahu lebih bagus lagi, kita bisa pakai fasilitas yang disediakan Google untuk keyword ini. 
 

Cara Mendapatkan Keyword Dengan Google Adwords – Keyword Planner

 
Nah, dengan file yang kita sudah dapatkan itu, kita bisa bermain dengan Google Adwords. Google AdWords sendiri sebenarnya adalah jasa yang diberikan oleh Google untuk para pemasang iklan.
Mereka bisa mengecek harga iklan dengan keyword tertentu. Kalian bingung maksudnya iklan ini apa? Coba deh googling keyword apa saja. Ada yang punya tanda Ads warna kuning gak? Itu iklan. 
 
Tapi dengan jasa ini pun disediakan alat untuk mengecek keyword yang baik. Kita tinggal login ke Google Adwords kita (daftar pakai Gmail), terus pilih Tools – Keyword Planner. Nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini: 
 

cara mendapatkan keyword untuk blog dengan google keyword planner

Menggunakan Google Keyword planner untuk mendapatkan keyword yang cocok untuk blog

Google Keyword Planner untuk mendapatkan long-tailed-keyword
Perhatikan deh pada gambar itu Tab Tools bergaris bawah, artinya halaman tersebut ada di Tab tersebut. Nah ada dua kotak besar di Google Adwords ini kan ya.
Find New Keywords dan Plan Your Budget And Get Insights For Keywords. Nah yang kita pakai adalah yang kedua, kan kita sudah dapatkan keyword suggestion dari ubersuggest kan? 
 
Pilih yang Get Search Volume Data and Trends. Nanti akan muncul box seperti ini: 
 
google keyword planner - cara mendapatkan keyword untuk blog
Tampilan Get Search Volume Data and Trends
 
Ada dua opsi yang bisa kita pakai, yaitu enter keywords atau upload file. Karena kita punya file download dari Ubersuggest tadi, kita pilih yang upload file saja.
Masukkan file yang tadi kita download dan jangan lupa untuk set Targeting ya…. Saya set di sini Indonesia dan juga US karena ingin tahu keyword yang dipakai oleh orang Indonesia dan juga Amerika untuk keyword itu. Kalau sudah, Get Search Volume
Baca juga: Faktor Keuangan dalam Ngeblog dan SEO
 
Nah Google akan mengecek file yang kita upload dengan keywords di dalamnya itu. Dia akan mengecek satu per satu kata kunci dan long tail keyword yang kita punya, berapa volume pencarian yang dilakukan oleh semua orang, seperti di bawah ini: 
 
cara-mendapatkan-long-tailed-keyword-yang-bagus-untuk-blog
Lihat rata-rata pencarian yang dilakukan untuk keyword yang kita dapatkan dari ubersuggest? 
Nah sudah? Sekarang tinggal pilih deh, keyword mana yang ingin dipakai untuk di tulisan blog kalian. Gampang kan? Saran saya sih cari yang jumlah pencariannya tinggi…. hehehe. Biar makin banyak kemungkinan yang datang ke kita dengan keyword itu. 
[Update 10/032017: Google Keyword Planner kini tidak detail seperti gambar di atas, tapi kini dia menampilkan range search volume dari keyword yang dicari. Kalau mau tahu lebih tepatnya berapa, kita harus langganan Google Ads]

Kesimpulan

Itu dia Cara Mendapatkan Keyword Yang Bagus Untuk Blog yang saya tahu dengan Ubersuggest dan Google Adwords. 

 

Kedua tools dia atas biasa saya gunakan untuk melakukan research kata kunci yang saya gunakan di blog. Dan selalu saya menekankan bahwa keywords ini hanyalah untuk membantu dalam menulis dan menargetkan tulisan kita.
Dan jika kita bermain dengan kata kunci ini, harus diingat kalau kita menulis untuk manusia – bukan hanya untuk mesin pencari. Jadi menulislah untuk pembaca blog kamu.
Selalu hindari keyword stuffing – TBI

18 Comments

Tinggalkan Balasan