Cara Membuat Menu Di Blogspot

Categories: Tips Blogging
No Comments
Memang saya sudah lama juga terdaftar menjadi blogger di blogspot.com, tapi selama ini gak pernah saya utak-atik. Apalagi saat berjumpa dengan wordpress, yang ada saya pun lebih banyak ngeblog di wordpress daripada di blogspot. Nah sekarang baru mulai lagi menggunakan blogspot, terus bingung. Bingung sama bagaimana cara membuat menu di blogspot dengan mudah. 

Kalau di wordpress, cara membuat menu itu gampang, tinggal klik sana klik sini – terus jadi deh. Eh ini sih mungkin karena saya terbiasa dengan wordpress ya. Nah untuk membiasakan diri dengan blogspot, saya pun mau fokus sedikit dengan mengutak-atik blog di blogspot. 😀 Salah satunya ya untuk membuat menu di blogger seperti sekarang.

Membuat Menu di Blogspot Dengan Label


Setelah bertanya-tanya ke Mbak Shintaries, founder bloggerperempuan.com itu, akhirnya saya pun tahu kalau ternyata membuat menu di blogspot itu ya menggunakan label. Selama ini, saya jarang sekali memperhatikan label. Saat menulis pun, kadang suka kasih label sesuka hati aja. 😀 

Pas mau bikin menu ini akhirnya jadi bingung, karena kita harus memasukkan label mana yang kita ingin jadikan menu di atas. Misalnya saja dalam Dunia Blogging Indonesia ini, saya membuat menu Tips Blogging Indonesia, yang mana menampilkan semua tulisan dengan label blogging tips yang pernah saya buat. 

Kalau sejak awal posting sudah memperhitungkan hal ini, tentunya menjadi mudah, karena begitu kita tarik label itu, semua post sudah tertarik. Tapi lain halnya dengan blog Catatan Pikiran Random saya, di sana labelnya gak beraturan, jadi agak susah juga membuat menu dengan label ini. 

Berikut ini langkah mudah membuat menu di blogspot dengan menggunakan label: 

1. Login ke Dashboard blog kalian


Login seperti biasa ke blogger.com nanti pilih blog yang kalian ingin edit jika punya lebih dari satu blog seperti saya sih. 😀 

2. Buka Layout/Tata Letak


Jika kalian sudah pernah membuat widget Page/Laman di blog kalian, akan muncul seperti di gambar bawah. Jika belum, maka klik Add Gadget/Tambahkan Gadget. 

cara mudah membuat menu di blogspot
Perhatikan yang cross column ini, nanti kita akan tambahkan menu di sana



3. Tambahkan Gadget Pages/Laman

Setelah kita pilih add gadget, nanti akan muncul window baru berisikan daftar widget yang bisa ditampilkan di blogspot kita. Salah satunya adalah widget pages atau laman. Kita klik tanda “+” saja pada pages tersebut. 

cara mudah membuat menu di blogspot



Saat klik tanda “+” itu, nanti akan muncul window seperti di bawah ini – sebelah kiri. Klik Add External Url yang ada di sana. Kemudian akan muncul window seperti di sebelah kanan pada gambar. 

cara mudah membuat menu di blogspot
Tambahkan tautan eksternal dan kemudian isi yang diminta di sebelah kanan


4. Pilih Isikan URL Label yang ingin dijadikan menu di page kalian 

Langkah terakhir dalam membuat menu di blogspot ini adalah dengan mengisikan data di sebelah kanan pada gambar di atas. Judul Laman bisa diisi dengan teks yang kalian inginkan sebagai nama menu. Seperti dalam contoh menu tips blogging di atas, judul laman saya isi dengan Tips Blogging Indonesia. 

Setelah itu, isi dengan url label yang ingin ditampilkan untuk menu tersebut. Seperti yang saya tuliskan di atas, url adalah menggunakan label yang ada di dalam blog kita sendiri. Misalnya untuk tips blogging Indonesia ini, url link labelnya adalah: 

http://bloggingthroughmyeyes.blogspot.co.id/search/label/blogging%20tips

Gimana cara mendapatkan url label postingan seperti di atas? Okay, kamu ada tampilkan label widget di blog kalian seperti pada blog ini? Lihat sebelah kanan deh, ada tulisan label dengan link masing-masing. Untuk lebih jelasnya adalah seperti yang ditampilkan dalam gambar di bawah. 

cara mudah membuat menu di blogspot dengan label
Ini dia labels dalam blogspot

Klik aja label yang ingin dijadikan menu. Dalam contoh ini saya menggunakan label blogging tips. Nanti akan muncul deh url seperti yang di atas. Nah, kalau kalian perhatikan, sebenarnya contoh url di atas bisa kalian pakai langsung. 

Cara mendapatkan url label postingan di blogspot dengan mudah: 


http://bloggingthroughmyeyes.blogspot.co.id/search/label/blogging%20tips


Ganti saja bloggingthroughmyeyes.blogspot.co.id yang saya highlight merah di atas dengan alamat blog kalian sendiri. Kata-kata search dan label jangan diganti ya. Yang diganti berikutnya adalah blogging%20tips yang saya kasih highlight biru. Ganti dengan label yang kalian pakai. 

Kan tadi label yang saya pakai adalah label Blogging Tips dan muncul seperti itu. Misalnya saja saya ingin menampilkan label blogspot, maka ganti blogging%20tips itu dengan blogspot. Gimana? Lebih gampang kan? 

Kesimpulan 


Jika membandingkannya dengan saat membuat menu di wordpress, saya merasa memang jauh lebih mudah membuatnya di wordpress. Tapi bukan berarti semua itu tidak bisa dipelajari ataupun disetting ya. Cara membuat menu di blogspot dengan mudah menggunakan label di atas ini juga saya tuliskan setelah coba sana coba sini kok. Ada cara lainnya yaitu dengan edit html template, tapi resikonya bisa rusak template blog kalau gak hati-hati. 


Tinggalkan Balasan