Cara Memasang Widget Alexa di Blog

Categories: Tips Blogging
4 Comments
Gimana? Sudah berhasilkah klaim website alias blog kalian dengan panduan cara mendaftarkan blog kalian di Alexa kemarin itu? Apa? Belum baca? Yo wes, coba deh baca dulu dan lakukan pendaftarannya, kalau sudah balik ke sini lagi ya. 

 

Update Nov 2016: Alexa sudah menutup fasilitas gratis untuk mendaftarkan blog di situs mereka per Mei 2016 kemarin. Dan untuk banner ini kalau tidak bisa mendaftar, maka kita tidak bisa memasangya di blog. TBI sendiri tidak pernah memasang banner alexa sih. 

Kalau misalnya, kita ingin memasang banner alexa atau widget alexa di blog dengan alasan agar memudahkan brand mengetahui Alexa Rank kita, jangan khawatir. Brand atau agency biasanya memiliki tools untuk mengeceknya.

Sudah? Masih belum? Ah, ya sudah, nanti aja, baca ini dulu ya. Setelah berhasil mendaftarkan blog di Alexa.com dan juga melakukan claim site di sana, satu yang sering dilakukan oleh blogger adalah ingin menampilkan Alexa Rank mereka di blog. Nah ini cara memasang widget Alexa di blog wordpress (baik self-hosted blog ataupun yang free-hosted blog). Untuk yang pengguna blogspot bisa ke tips blogging dari Mbak Anisa nih. 


Cara Memasang Widget Alexa di WordPress

Cara memasang widget Alexa di blog wordpress itu gampang kok, tinggal ikuti 3 langkah berikut ya. 

1. Masuk dalam wp-admin blog – pilih Appearance – Widget


3 cara mudah membuat widget alexa rank di blog wordpress



2. Cari Widget Text dan kemudian klik Add 


Setelah muncul layar widget, coba scroll dan cari widget Text. Klik Add dan jangan lupa tentukan letak widget Alexa Rank ingin diletakkan di blog posisinya. 

3 cara mudah membuat widget alexa rank di blog wordpress



3. Copy dan paste link berikut di widget text itu. 


Kalau sudah add widget, copy script widget alexa berikut dan paste di widget tersebut: 

<a href=”http://www.alexa.com/siteinfo/febriyanlukito.com“><script type=”text/javascript” src=”http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=febriyanlukito.com“></script></a>

Save dan tampilan blog harusnya sudah terupdate seperti ini: 

cara memasang widget alexa di blog wordpress

Ada script lainnya juga dari alexa.com, yaitu tampilan ke samping. Tinggal copy saja script yang ini dan paste di widget text 

<a href=”http://www.alexa.com/siteinfo/http://febriyanlukito.com/”><script src=”http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/c?url=http://febriyanlukito.com/” type=”text/javascript”></script></a>

Selesai? Jangan lupa save dan tampilannya akan seperti ini: 

3 cara mudah membuat widget alexa rank di blog wordpress

NB: url febriyanlukito.com yang ditulis miring dan warna merah diganti dengan url blog kalian ya. 

Kesimpulan

Selesai deh. 3 langkah mudah membuat widget alexa di blog wordpress, gampang kan? 

Sumber artikel:
 

4 Comments

Tinggalkan Balasan