5 Tips SEO Untuk Blogger Di Blogspot

Categories: Tips SEO
12 Comments
Hello para #BloggerIndonesia, apa kabarnya. Kali ini saya ingin membagi tulisan tentang Tips SEO Untuk Blogger Di Blogspot, apakah kalian termasuk yang menggunakan blogspot sebagai platform blog kalian? Kalau iya, perlu banget deh baca tips SEO On Page 2015 ini. Kalau belum punya blog, buat yuk, gampang kok bikin blog itu. 
 
 
Melakukan optimisasi artikel untuk Search Engine Optimization (SEO) itu bukan hal yang mudah tapi juga sebenarnya tidak sulit dilakukan jika kita mau. Yuk simak apa saja tips SEO untuk blogger di blogspot seperti kita. 
Update Nov 2016: Kalau mau lihat checklist SEO apa saja dalam sebuah blog post, bisa cek Galeri Checklist SEO on Page
 

5 Tips SEO Untuk Blogger Di Blogspot Untuk Kamu Terapkan Langsung

tips seo untuk blogger di blogspot
Tips SEO Untuk Blogger Di Blogspot

SEO Untuk Blogger #1: Judul Dan URL Mengandung Kata Kunci

 
Kata kunci atau keyword itu sangat penting dalam SEO. Kata kunci adalah kata-kata yang diharapkan akan dicari oleh orang melalui Google Search Engine ataupun Mesin Pencari lainnya. 
tips seo untuk blogger di blogspot
Cara Mengedit URL Post
 
 
Tips SEO untuk blogger di blogspot yang pertama adalah bahwa judul dan url tulisan mengandung kata kunci yang ditargetkan tersebut. Jika kalian perhatikan, tulisan ini mengandung kata kunci tersebut. 
 
Baca juga: Cara Menggunakan Kata Kunci Yang Tepat
 

Tips SEO #2: Perhatikan Penggunaan Kedalaman Kata Kunci

 
Kedalaman kata kunci (keyword density) itu adalah berapa banyak kata kunci digunakan dalam satu postingan. Jangan berlebihan dalam menggunakan kata kunci di dalam postingan namun juga jangan terlalu sedikit menaruh kata kunci dalam post. 
 
Yang terbaik menurut para pakar SEO (blogspot ataupun wordpress) adalah lebih dari 0.15% tapi jangan melebihi 3%. Nah loh… jangan bingung ya. Untuk mengukur keyword density dalam sebuah post kalian bisa menggunakan rumusan berikut: 
 

Keyword Density = Jumlah Keyword Muncul / Jumlah Kata Dalam Post * 100%

 
Misalnya dalam postingan tips seo untuk blogger di blogspot ini, jumlah keyword muncul dalam total postingan adalah 8 kali dengan total kata dalam post adalah 578 kata Maka keyword density untuk postingan ini adalah: 1,38%
 

Cara optimalisasi SEO #3: Optimalisasi Gambar

 
Cara berikutnya yang paling sering diucapkan oleh para master SEO itu adalah mengoptimalisasi gambar dalam sebuah postingan. Caranya adalah dengan menggunakan alt tag pada gambar berisikan kata kunci yang ditargetkan. Mungkin nanti saya akan share terpisah untuk optimaliasi gambar ini. 
 
O iya, jangan juga pakai gambar orang lain tanpa ijin ya. Kita sama-sama menghargai hasil karya orang lain yukkk. 
 

Tips Optimalisasi #4: Link Ke Postingan Internal Dan Setidaknya 1 External 

 
Yang paling bagus dalam menulis adalah kita memasukkan internal link dalam blog kita sendiri yang terkait dengan postingan. Jangan sembarangan memasukkan internal link juga ya. 
 
Harus diingat pada saat memasukkan link ke post kita sendiri adalah bahwa link yang disebutkan itu terkait dengan isi tulisan yang kita buat. Dan juga setidaknya memuat satu link ke blog lain (external link). Untuk external link ini sendiri, disarankan untuk membuatnya nofollow
 
 

Tips SEO Untuk Blogger Di Blogspot #5: Kolom Komentar

 
Saya sendiri sih menganjurkan untuk membuat kolom komentar di blogspot itu dimoderasi. Hal ini untuk menghindari terjadinya spam oleh orang tidak bertanggung jawab. Memang agak ribet karena harus login dan lihat dashboard blog kita terus, tapi lebih baik daripada kita terkena dampak dari komen spam. 
tips seo untuk blogger di blogspot
Komen Spam
 
 
Kemudian, setting kolom komentarmu sebagai kolom nofollow agar kalaupun ada yang spam, google tidak akan mengindexnya. Opsi lainnnya adalah menggunakan Google Plus sebagai opsi komentar. 
 
 

Akhirnya – Semua Di Tanganmu

 
Itulah 5 tips SEO untuk blogger di blogspot seperti kita (kita?!?) yang bisa langsung diterapkan kalau kamu mau ya. Buat yang menggunakan wordpress jangan takut, saya sendiri sudah menuliskan tips SEO di sini. O iya, selain itu, yang terpenting adalah Content dari tulisan – kalau isi tulisan gak bagus, ya akan percuma juga, orang gak mau baca

12 Comments

Tinggalkan Balasan